Serba-Serbi Berat Badan Anak


Serba-Serbi Berat Badan Anak

Serba-Serbi Berat Badan Anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang dipusingkan dengan berat badannya, namun berat badan anak juga kini tengah menjadi perhatian serius, dikarenakan saat ini kondisinya berada di tahap yang makin memprihatinkan. Angka obesitas anak dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tentunya, hal ini memerlukan tindakan lebih lanjut, karena masalah kesehatan yang berkaitan dengan berat badan berlebih hingga obesitas sangatlah banyak, dan tak sedikit yang berujung fatal, antara lain penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asma, gangguan nafas saat tidur, serta beberapa jenis kanker.

 

Selain kesehatan fisik, kesehatan psikis pun bisa menjadi korban. Anak dengan masalah berat badan bisa mengalami masalah kepercayaan diri, diolok-olok, atau bahkan dianiaya karena kondisi tubuhnya, menjadi depresi, merasa tidak menyukai tubuhnya, atau merasa terisolasi, serta kesepian. Perasaan-perasaan ini mungkin mempengaruhi kemampuan anak untuk belajar, berteman, dan berinteraksi dengan teman-temannya.

 

Alasan-alasan di atas membuat kita, para orangtua, harus lebih mawas diri, dan mulai memperhatikan masalah berat badan anak dengan lebih serius. Namun, sebelum melangkah menuju cara mengontrol dan memelihara berat badan si buah hati, ada beberapa pertanyaan umum yang sebaiknya diketahui terlebih dahulu.

 

Apa yang menyebabkan berat badan si kecil meningkat?

Pada kondisi ideal, berat badan anak bertambah saat ia mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakarnya. Anak memang membutuhkan kalori ekstra untuk tumbuh dan berkembang. Namun, seperti halnya orang dewasa, jika anak mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menyimpan kelebihan kalori tersebut dalam bentuk lemak. Untuk itu, jika Anda ingin menjaga berat badan si kecil tetap stabil, sebaiknya Anda mulai memperhatikan pola makan dan mengatur aktivitasnya, termasuk dengan memastikan anak cukup beraktivitas, jangan hanya berdiam diri dan menghabiskan waktu bermain game konsol, atau menonton TV saja.

 

Mengapa sangat penting bagi anak untuk belajar mengenai pola makan yang baik dan memiliki kebiasaan berolahraga?

Nutrisi yang baik dan latihan fisik dapat membantu anak mencapai berat badan yang sehat. Jika Anda dapat menanamkan kebiasaan makan yang sehat serta olahraga sejak dini, maka kebiasaan itu akan terus memberi manfaat saat anak tumbuh dewasa. Mempertahankan tubuh yang bugar dapat mencegah masalah kesehatan, seperti berat badan berlebih hingga obesitas di kemudian hari.

 

Bagaimana cara saya mengetahui kapan harus merasa khawatir mengenai pola dan kebiasaan makan anak saya?

Terkadang sulit mengetahui apakah ada kebiasaan tertentu yang perlu dikhawatirkan. Tanda yang mungkin penting untuk diperhatikan adalah sesuatu yang tampak tidak lazim dan tidak sesuai dengan kebiasaan anak sebelumnya.

 

Apakah anak Anda sering makan saat bosan, saat merasa nyaman, atau saat mengalami emosi tertentu? Ini disebut sebagai “emotional eating” – atau, kecenderungan makan karena pengaruh emosi. Emotional eating bisa menyebabkan atau memperparah masalah berat badan. Ini juga mungkin menjadi indikator bahwa anak Anda sedang memiliki masalah, seperti depresi atau stres.

 

Perhatikan pula tanda peringatan kelainan makan. Ini termasuk kekhawatiran berlebih mengenai kalori, cemas dengan berat badan, tidak makan sama sekali, atau olahraga berlebih. Walaupun sangat jarang terjadi pada anak, gangguan makan seperti anorexia nervosa dan bulimia dapat terjadi, dan risikonya akan meningkat saat anak tumbuh menjadi remaja atau dewasa muda.

 

Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai kebiasaan anak Anda, pastikan Anda melakukan konsultasi ke dokter. Namun, jika Anda memutuskan untuk mengatasi masalah berat badan anak secara mandiri terlebih dulu, tanpa melibatkan dokter, Anda perlu strategi jitu. KALBE Store akan menampilkan trik-trik yang bisa membantu Anda pada artikel selanjutnya. Silakan terus menyimak artikel-artikel kesehatan, kecantikan, dan pola asuh anak, sambil berbelanja produk-produk nutrisi terbaik di www.kalbestore.com.

 

Salam,

KALBE Store