Seputar MPASI: Kapan, Menu, dan Larangannya


Seputar MPASI: Kapan, Menu, dan Larangannya

Seputar MPASI: Kapan, Menu, dan Larangannya

Bayi yang baru lahir membutuhkan nutrisi yang sangat banyak. ASI pun menjadi sumber utama nutrisi yang dibutuhkannya. Meski ASI sangat baik untuk pertumbuhan si kecil, tak selamanya si kecil mengandalkan makanan dari susu ibu semata. Pada waktunya, ia juga membutuhkan makanan pendamping ASI yang nantinya akan menjadi makanan pokoknya. Namun sebelum memberi makanan pendamping seperti Milna kepada si kecil, para ibu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikannya.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI

MPASI atau makanan pendamping ASI hanya boleh diberikan saat si kecil mulai menginjak usia 6 bulan. Sebelum usia tersebut, sangat tidak dianjurkan untuk memberi makanan pendamping selain ASI, bahkan jika makanan itu adalah susu formula. Hal ini dilakukan atas pertimbangan kondisi pencernaan si kecil yang belum siap.

 

Menu yang Bisa Diberikan Sebagai MPASI

Menu makanan yang diberikan sebagai makanan pendamping ASI juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar makanan pendamping ini. Salah satunya adalah tekstur makanan tersebut. Makanan pendamping ASI harus memiliki tekstur yang lembut. Selain itu makanan juga harus mudah ditelan oleh si kecil. Milna adalah salah satu contoh terbaik untuk itu. Makanan seperti bubur juga aman dikonsumsi si kecil.

 

Larangan Seputar MPASI

Tidak semua makanan yang memiliki tekstur lembut dan mudah ditelan dapat diberikan kepada si kecil. Makanan yang lengket seperti marshmallow sangat tidak dianjurkan diberikan kepada si kecil. Saat mempersiapkan makanan pendamping ASI untuk si kecil, hindari penggunaan garam dan gula. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh bayi masih sangat sensitif. Menambahkan gula atau garam pada makanan justru akan membuat tekanan darah si kecil melonjak.

 

Dalam memilih makanan pendamping ASI, para ibu tidak perlu khawatir dengan makanan yang terasa hambar. Pada usia 6 bulan, sebenarnya tidak ada masalah dengan hal itu. Namun jika si kecil pernah diberikan makanan yang memiliki rasa asin atau manis, si kecil biasanya akan pilih-pilih. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan memperkenalkannya pada makanan lain, para ibu juga bisa memberikan makanan pendamping seperti Milna. Selain baik untuk si kecil, makanan pendamping ini juga mudah diolah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store