Sedang Tren, Ini Dia Manfaat Bermain Sepeda

Sedang Tren, Ini Dia Manfaat Bermain Sepeda

Pada pertengahan bulan Juni, Pemerintah menerapkan New Normal sebagai perubahan perilaku baru hidup sehat yang harus diterapkan oleh masyarakat selama penyebaran covid-19. Penetapan new normal tersebut, memuncul juga tren olahraga sepeda yang saat ini tengah disukai oleh masyarakat urban. Baik itu orang dewasa ataupun anak-anak.

 

Awalnya sepeda memang merupakan alat transportasi zaman dahulu, sebelum penggunaan kendaraan bermotor. Tetapi, sepeda juga dikembangkan sebagai sarana olahraga untuk mendapatkan tubuh yang prima. Apalagi pada masa penyebaran pandemi covid, kebanyakan layanan kebugaran masih ditutup. Sehingga sepeda menjadi salah satu olahraga yang dipilih sebagai aktivitas yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat yang didapatkan oleh tubuh Anda dengan bersepeda? Nah, berikut ini merupakan daftar manfaat olahraga bersepeda bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Mengontrol berat badan

Mengayuh sepeda akan memperkuat otot-otot kaki Anda, terutama pada bagian paha depan, glutes (otot pada bagian bokong), paha belakang, betis. Proses ini memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori.  Sehingga jika rutin bersepeda, Anda dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Maka Anda bisa mengontrol berat badan yang sehat, meningkat metabolisme tubuh, serta membentuk otot.

 

2. Menjaga kesehatan mental

Olahraga sepeda ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental. Sebab bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan dengan fokus, mengembangkan konsentrasi, dan kesadaran. Kegiatan ini dapat membantu Anda mengalihkan fokus dari masalah harian yang saat ini tengah dihadapi. Jika Anda merasa lesu, Anda dapat berolahraga selama 10 menit. Bersepeda juga dapat melepaskan endorfin sehingga membuat Anda merasa lebih baik karena menurunkan tingkat stres. Apalagi jika Anda bersepeda pada pagi atau sore hari karena pada waktu tersebut dapat memberikan kenyamanan hati sehingga meningkatkan kualitas kebahagiaan.

 

ketahui manfaat bermain sepeda selama new normal

 

3. Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda sangat baik untuk mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan bersepeda selama 20 menit setiap hari. Sehingga Anda dapat membantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas. Bersepeda juga dapat mencegah risiko tekanan darah tinggi.

 

4. Meningkatkan kemampuan otak

Bersepeda kerap kali dikaitkan dengan kemampuan untuk menyehatkan otak dan mengurangi perubahan kognitif yang menyebabkan penyakit demensia di kemudian hari. Bahkan dalam sebuah studi pada tahun 2013 didapatkan bahwa latihan bersepeda dapat meningkatkan aliran darah pengendara sebesar 28-70 persen di area tertentu. Memang untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu bersepeda selama 45-60 menit setiap empat kali dalam seminggu.

 

5. Mengatasi insomnia

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur pada malam hari atau insomnia, olahraga sepeda dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Cobalah untuk bersepeda selama 20-30 menit setiap dua hari sekali. Dengan begitu, waktu tidur Anda akan datang lebih cepat. Lalu bersepeda pada pagi hari sebelum matahari terbit dapat membantu jam biologis Anda kembali normal serta menyingkirkan hormon kortisol yang menyebabkan insomnia.

 

Panduan bersepeda aman selama new normal

 

Walaupun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bersepeda, tetap saja Anda perlu memperhatikan hal-hal tertentu saat bersepeda di masa new normal. Yang pertama Anda harus menggunakan helm dan masker selama bersepeda. Sebab keamanan tetap menjadi prioritas utama selama berolahraga sepeda di masa pandemi. Pilih masker yang terbuat dari bahan kain yang tidak terlalu rapat untuk kenyamanan pernapasan Anda selama bersepeda.

 

Kedua, selama bersepeda, tetap bawa hand sanitizer. Hindari menyentuh wajah atau benda-benda asing selama tidak dibutuhkan saat bersepeda. Lalu hindari berkerumun saat bersepeda agar Anda dapat fokus berolahraga yang sehat dan aman. Jika memungkinkan, Anda dapat bersepeda dengan 2-3 teman, tetapi tetap jaga jarak dan jangan berjalan beriringan terutama pada jalan yang ramai dengan kendaraan bermotor. Bawa juga barang-barang pribadi seperti handuk, makanan, atau minuman pribadi, jangan berbagi dengan teman Anda.

 

Selanjutnya jangan terlalu memaksakan diri saat melakukan olahraga apapun jenisnya. Sebab seharusnya olahraga merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menjadi sehat. Jangan berolahraga saat merasa tidak fit, sebaiknya beristirahat di rumah sebab kondisi tubuh yang tidak sehat rentan terhadap infeksi kuman, virus, dan bakteri. Setelah berolahraga, langsung mandi dengan membasahi mulai dari rambut hingga kaki, serta basuh dengan saksama. Terakhir, selama bersepeda perlu memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan pada daerah Anda.

 

Itulah manfaat dan tips bersepeda selama new normal. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan dan minuman sehat seperti Love Juice. Love Juice merupakan jus dari buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin C yang diolah dengan teknologi UHT. Sehingga Love Juice bebas dari bahan pengawet, serta pewarna dan pemanis buatan. Anda bisa dapatkan Love Juice dengan mudah di sini.

 

bawa Love Juice sebagai minuman jus buah asli saat olahraga sepeda

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3916003/8-manfaat-bersepeda-bagi-wanita-dan-pria-setiap-hari-bikin-sehat-fisik-serta-mental

https://www.merdeka.com/jateng/11-manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan-tubuh-dan-lingkungan-yang-wajib-diterapkan-kln.html