Seberapa Pentingkah Peranan Nutrisi pada Kanker?


Seberapa Pentingkah Peranan Nutrisi pada Kanker?

Seberapa Pentingkah Peranan Nutrisi pada Kanker?

Beberapa tahun terakhir ini angka pasien yang mengidap penyakit kanker semakin meningkat. Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Berdasarkan GLOBOCAN tahun 2018, angka kejadian kanker tertinggi di Indonesia untuk laki-laki adalah kanker paru-paru sebesar 19,4 per 100.000 penduduk. Sementara untuk perempuan kanker payudara masih menjadi yang tertinggi dengan 42,1 per 100.000 penduduk.

Melihat data dari Riskesdas, prevalensi tumor atau kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Prevalensi kanker tertinggi adalah di provinsi DI Yogyakarta 4,86 per 1000 penduduk, diikuti Sumatera Barat 2,47 per 1000 penduduk.

 

ketahui pentingnya nutrisi bagi pasien kanker

 

 

Untuk meningkatkan keberhasilan terapi dan kualitas hidup, baik pasien kanker payudara, kanker paru-paru, atau jenis kanker lainnya membutuhkan dukungan melalui nutrisi medis yang baik. Oleh karena itu, nutrisiĀ  memiliki peranan penting dalam terapi pasien kanker.

Pasien kanker membutuhkan nutrisi dan makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein, terlebih lagi pada stadium lanjut yang biasanya disertai dengan kondisi malnutrisi. Penyebab malnutrisi selain dikarenakan oleh sel-sel kanker juga diakibatkan karena kesulitan makan yang disebabkan karena efek terapi seperti mual, muntah, sariawan dan sakit menelan. Selain nutrisi yang tinggi kalori dan tinggi protein, juga dibutuhkan nutrisi khusus yang mempunyai manfaat pada pasien kanker payudara, seperti omega-3, BCAA (branched chain amino acids), prebiotik atau probiotik. Omega-3 bermanfaat sebagai anti-peradangan dan dari penelitian disebutkan bahwa pemberian omega-3 juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. BCAA yang merupakan asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh, berperan dalam meningkatkan sistem imun dan nafsu makan, sedangkan prebiotik atau probiotik membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga dapat memperbaiki fungsi saluran cerna.

Dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan bagi pasien kanker, PT Kalbe Farma TBk memiliki produk dengan nutrisi tinggi protein dan tinggi kalori yaitu Nutrican. Kandungan dalam 1 gelas saji Nutrican terdapat 20 gram protein dan 350kkal. Selain itu Nutrican juga mengandung nutrisi spesifik lengkap dengan omega 3, BCAA (branched chain amino acids) dan prebiotik yang memberi manfaat dalam menjaga asupan nutrisi pasien kanker. Anda bisa mendapatkan Nutrican dengan mudah di sini.

 

penuhi nutrisi pasien kanker dengan Nutrican

 

Salam,

 

KALCare