Seberapa Efektif Penggunaan Face Shield Selama Covid?


Seberapa Efektif Penggunaan Face Shield Selama Covid?

Seberapa Efektif Penggunaan Face Shield Selama Covid?

Setelah penyebaran covid-19, masker termasuk sebagai salah satu benda yang dicari masyarakat sebagai tindakan pencegahan. Bahkan keberadaan masker sempat langka karena masyarakat berlomba-lomba untuk memilikinya. Pada akhirnya, muncul inovasi baru face shield atau pelindung wajah untuk mencegah penyebaran covid.

 

Face shield merupakan topeng berbahan dasar mika yang digunakan untuk menutup wajah. Awalnya face shield diciptakan untuk bayi yang baru lahir karena tidak memungkinkan menggunakan masker. Tetapi kini face shield banyak digunakan oleh masyarakat karena dapat melindungi mata, mulut, dan hidung. Lalu benarkan face shield efektif dalam mencegah penyebaran covid?

 

benarkah face shield dapat mencegah penyebaran covid

 

Menurut dokter dari Universitas Iowa, pelindung wajah harus dimasukkan sebagai bagian dari strategi yang aman dan signifikan untuk mengurangi penularan virus di komunitas. Untuk itu, disarankan face shield dapat diproduksi dan didistribusikan dengan cepat, serta terjangkau. Dengan begitu, face shield dapat mengatasi masalah keterbatasan masker terutama bagi para petugas medis.

 

Keunggulan face shield dibandingkan maskerĀ 

 

Ditambahkan, penggunaan face shield dianggap lebih baik daripada masker. Sebab baik masker medis atau masker kain memiliki daya tahan terbatas. Sehingga dalam kurun waktu tertentu, Anda harus mengganti masker atau bahkan tidak boleh menggunakan kembali. Sementara pelindung wajah atau face shield dapat digunakan kembali tanpa batas waktu. Face shield juga mudah dibersihkan dengan sabun dan air, atau dengan cairan disinfektan.

 

Dari segi kenyamanan, face shield juga dianggap lebih unggul daripada masker. Berdasarkan beberapa info, penggunaan masker wajah sering kali membuat pemakainya merasa gatal. Maka secara tidak sadar, pengguna akan menyentuh masker dengan tangan yang ada kemungkinan tercemar. Kondisi ini tentu dapat juga mencemari dan menempel pada masker yang digunakan. Begitu juga penggunaan face shield yang tidak kalah mudah dengan masker dan tidak membuat gatal penggunanya.

 

Jika masker hanya melindungi bagian hidung dan mulut, face shield dapat melindungi keseluruhan wajah, dua bagian tubuh tersebut dan mata. Ini membuat face shield dapat mencegah penggunanya menyentuh mata. Karena Anda tahu bahwa mulut, hidung, dan mata merupakan organ yang rentan terinfeksi virus.

Siapa saja yang dianjurkan untuk menggunakan face shield

 

Walaupun face shield saat ini dapat digunakan oleh masyarakat umum, ada beberapa golongan profesi yang dianjurkan untuk menggunakan pelindung wajah oleh para ahli. Yang pertama tentu saja para ahli medis atau orang-orang yang bekerja pada layanan kesehatan. Kemudian pada orang-orang yang kerap kali melakukan interaksi dengan orang lain. Misalnya seperti kasir atau teller bank.

 

Cara penggunaan dan membersihkan face shield dengan benar

 

Sama dengan masker, penggunaan face shield seharusnya dimulai sebelum keluar rumah. Jangan melepas pelindung wajah selama masih berada di luar rumah. Usahakan juga untuk tidak menyentuh face shield jika tidak terlalu terpaksa. Terakhir, lepaskan face shield jika sudah kembali ke rumah, bersihkan, dan letakkan di tempat yang aman.

 

Awalnya, penggunaan face shield hanya satu kali untuk mengurangi kemungkinan virus masih tertempel pada permukaan. Namun kini pelindung wajah sudah dibuat dengan menggunakan material yang lebih kuat, sehingga dapat digunakan berkali-kali. Setelah digunakan, bersihkan dengan menggunakan air mengalir dan sabun dengan durasi minimal 20 detik. Jika tidak menungkinkan, Anda bisa membersihkan pelindung wajah dengan menggunakan alkohol isopropil 70% atau disinfektan selama 30 detik hingga 4 menit sebelum dilap hingga kering.

 

Imbangi dengan kebiasaan sehat lainnya

 

Penggunaan face shield bukan berarti Anda melupakan kebiasaan hidup sehat ya. Anda tetap harus rajin mencuci tangan, aktif bergerak, dan mengonsumsi suplemen Prove-C untuk menjaga daya tahan tubuh. Prove-C merupakan inovasi baru vitamin C dalam bentuk PureWay-C yang dapat larut dalam air dan lemak. Anda bisa beli suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Prove-C dengan mudah di sini. Karena KALCare menjual vitamin anak, suplemen ibu hamil, & dewasa online terbaik.

 

Prove C bantu cegah penyebaran covid-19 dengan menjaga daya tahan tubuh

 

Salam,

 

KALCare