Sakit Perut Saat Masuk Angin: Bagaimana Mengatasinya?


Sakit Perut Saat Masuk Angin: Bagaimana Mengatasinya?

Sakit Perut Saat Masuk Angin: Bagaimana Mengatasinya?

Masuk angin mungkin terdengar sepele, namun jika kemudian dibarengi dengan perasaan tidak nyaman dan sakit perut, misalnya perut yang terasa melilit, maka Anda pun bisa menjadi lemas, dan tak dapat beraktivitas dengan normal. Berikut beberapa cara mengatasinya, agar badan kembali sehat, dan perut menjadi nyaman.

Sakit perut yang diakibatkan oleh masuk angin terjadi akibat berkumpulnya udara atau gas, yang kemudian terperangkap di dalam perut Anda. Ini biasanya merupakan efek dari berbagai kombinasi faktor, seperti: badan yang kurang fit akibat perubahan cuaca, stress, kurang istirahat atau gemar begadang, dan telat makan. Gejalanya antara lain, badan terasa pegal dan lemas, meriang, perut kembung, timbul sakit pada bagian perut, nafsu makan berkurang, bahkan diikuti oleh demam, pilek dan muntah.

 

Di antara semua gejala di atas, rasa sakit pada perut akibat masuk angin bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda juga merasa kesulitan untuk ‘mengeluarkan angin’ atau kentut. Nah, untuk melegakan kembali perut yang kembung dan sakit akibat masuk angin, cobalah beberapa cara berikut.

 

– Istirahat. Biarkan badan beristirahat sejenak dari aktivitas di kantor maupun rumah. Beristirahatlah di ruangan yang terhindar dari angin, misalnya yang memiliki pendingin udara, agar tidak memperparah kondisi tubuh.

 

– Makan sup ayam. Selain memberikan energi, sup ayam memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan, dan memberikan kenyamanan bagi tubuh. Jangan lupa memasukkan beberapa jenis sayuran berserat ke dalam sup ayam Anda untuk membantu membersihkan saluran cerna.

 

– Minum teh herbal. Cobalah mengonsumsi teh herbal, khususnya peppermint tea. Daun peppermint mengandung mentol yang dapat melemaskan otot perut yang kejang, sehingga gas yang terperangkap di perut dapat dikeluarkan. Efek yang sama juga dimiliki oleh chamomile tea. Untuk sementara, hindari minuman yang mengandung kafein, susu dan alkohol.

 

– Balurkan minyak kayu putih. Usapkan minyak kayu putih pada bagian-bagian tubuh yang terasa pegal dan kembung, misalnya daerah tengkuk, sekitar dada dan perut. Minyak ini berkhasiat memberikan rasa hangat dan nyaman, serta meredakan perut kembung akibat masuk angin.

 

– Minum obat untuk perut kembung. Minumlah obat yang telah dipercaya khasiatnya dalam meredakan sakit perut atau perut kembung akibat masuk angin. Salah satunya adalah Promag Gazero, yang mengandung berbagai bahan alami seperti jahe, peppermint, akar manis, kunyit dan masih banyak lagi. Promag Gazero berkhasiat melegakan perut yang kembung dan begah, sekaligus mengurangi rasa mual dan kejang di perut. Anda bisa meminumnya langsung, atau dicampur dengan air hangat untuk sekaligus memberikan rasa nyaman di tubuh, sehingga Anda bisa beristirahat dengan tenang.

 

 

 

Salam,

KALCare