Saat Buang Air Besar, Si Kecil Berdarah?

Saat Buang Air Besar, Si Kecil Berdarah?

Bunda, beberapa anak memang sulit untuk makan-makanan berserat, seperti buah dan sayuran. Kadang-kadang hal itu membuat BAB (buang air besar) Si Kecil berdarah.

 

Hati-hati, Bunda! BAB Si Kecil berdarah tidak boleh dibiarkan begitu saja. Terlalu lama sulit buang air pada anak bisa menyebabkan timbulnya penyakit. Memang darah pada BAB anak belum tentu karena ia sembelit saja. Ada faktor-faktor lain yang menyebabkan BAB berdarah.

 

Berikut beberapa sebab yang dapat kami sarikan dari berbagai sumber mengapa BAB Si Kecil berdarah:

 

1. Robekan kecil pada jaringan mukosa. Jika BAB sering sekali berdarah, coba konsultasikan ke dokter tentang apa penyebabnya. Dan, tanyakan bagaimana menerapkan pola makan yang benar.

 

2. Infeksi makanan juga bisa membuat BAB Berdarah. Biasanya hal ini terjadi karena buah hati makan sembarangan atau makanan yang disajikan tidak layak untuknya. Coba jaga lagi kebersihan makanan anak. Lebih baik selalu memberikan makanan yang dimasak sendiri dan makanan rumah.

 

3. Alergi makanan ternyata juga bisa menimbulkan BAB berdarah. Ini bisa diartikan kalau alergi makanan membuat sistem pencernaan tidak bekerja baik. Perlu ada tes alergi lebih lanjut terkait ini.

 

4. Gangguan usus. Cobalah melakukan check up rutin kesehatan anak sebulan sekali. Hal ini juga guna menghindarkan problem yang muncul di ususnya memarah.

 

Bagaimana Bunda, sekarang sudah tahu kan penyebab BAB Si Kecil Berdarah? Mulai sekarang, atur pola makan Si Kecil dengan pola gizi seimbang. Setidaknya, hal itu jadi salah satu cara untuk membuat BAB Si Kecil berdarah hilang.

 

 

Salam,

KALBE Store