Risiko yang Dialami Jika Tidak Memberikan Cukup ASI


Risiko yang Dialami Jika Tidak Memberikan Cukup ASI

Risiko yang Dialami Jika Tidak Memberikan Cukup ASI

Di bawah usia 1 tahun, bayi wajib menerima ASI. Pemberiannya pun tidak boleh diselingi dengan minuman lain. Hanya ASI saja yang boleh diberikan. Bahkan pemberiansusu formula yang kaya nutrisi juga sangat tidak dianjurkan. Pemberian ASI selama 1 tahun pertama ini dimaksudkan untuk memberi nutrisi terbaik kepada si kecil. Dalam banyak penelitian, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif terbukti memiliki beberapa keunggulan. Pertumbuhannya juga lebih optimal. Selain itu, bayi juga cenderung lebih tahan terhadap penyakit. Namun bagaimana jadinya kalau si kecil tidak memperoleh ASI yang cukup? Berikut ini bahaya kekurangan ASI yang perlu Anda tahu.

 

Daya Tahan Tubuh Bayi Rendah

ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi usia di bawah 1 tahun. ASI mengandung imunoglobin A yang membantu menyempurnakan sistem pencernaan bayi. Jika ada bakteri atau kuman yang masuk ke pencernaan, usus akan menangkapnya. Saat ASI berubah menjadi matur, ASI juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Jika si kecil tidak memperoleh ASI yang memadai, semua manfaat itu tidak akan bisa diperoleh.

 

Pertumbuhan Kecerdasan Bayi Kurang Optimal

Tak hanya susu formula saja yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan kecerdasan anak. ASI juga memiliki andil besar dalam hal tersebut. Bahkan tak hanya itu saja, ASI juga membantu si kecil agar lebih percaya diri. Saat kebutuhan ASI ini tidak terpenuhi, makan manfaat tersebut tidak akan diperoleh sehingga membuat pertumbuhan kecerdasan bayi kurang optimal.

 

Meningkatkan Risiko Penyakit Pada Ibu

Memberi ASI juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui. Dengan memberi ASI, ibu bisa menurunkan risiko beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes, osteoporosis dan hipertensi. Jika sang ibu tidak memberikan ASI kepada si kecil, ia juga akan kehilangan kesempatan untuk memperbanyak sel helmet di dalam tubuhnya. Sel helmet inilah yang nantinya membunuh sel-sel ganas yang mengganggu sel-sel sehat dalam tubuh.

 

Dalam aktivitas menyusui, tak hanya bayi saja yang mendapatkan manfaatnya. Ibu menyusui juga bisa memperoleh segudang manfaat dari aktivitas ini. Setelah si kecil menginjak usia 1 tahun, barulah susu formula diberikan. Ibu bisa memberikan susu Morinaga untuk itu. Dengan menambahkan susu formula ke dalam menu harian si kecil, tumbuh kembangnya juga akan lebih optimal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store