Batasi Konsumsinya, Ini Risiko Anak Terlalu Sering Minum Susu Formula


Batasi Konsumsinya, Ini Risiko Anak Terlalu Sering Minum Susu Formula

Batasi Konsumsinya, Ini Risiko Anak Terlalu Sering Minum Susu Formula

Semua yang berlebihan pasti membawa dampak buruk. Hal ini pun juga berlaku pada susu formula. Meski manfaatnya begitu nyata, terlalu sering mengonsumsi susu formula justru berakibat buruk bagi kesehatan anak. Tapi apa saja dampak buruk yang bisa dialami oleh anak yang terlalu sering minum susu formula? Inilah jawabannya.

 

Obesitas

Dalam susu formula, terkandung banyak gula susu, protein dan lemak. Kalori dalam susu yang cukup tinggi jelas bisa memicu kelebihan berat badan atau obesitas pada anak. Kondisi ini bisa semakin parah jika si kecil juga makan makanan lain.

 

Kekurangan Beberapa Zat Gizi

Kebutuhan gizi harian si kecil tidak bisa hanya dipenuhi dari susu formula saja. Padahal, anak yang terlalu banyak minum susu umumnya memiliki selera makan yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Terganggunya nafsu makan ini akan membuat ia menghindari makanan lain yang sebenarnya ia butuhkan. Itulah kenapa zat gizi yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi lebih terbatas.

 

Anemia

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa terserang anemia. Penyebabnya sudah jelas, yakni kekurangan zat besi dalam tubuh. Sebenarnya susu formula ada yang mengandung zat besi. Hanya saja jumlahnya belum sesuai dengan kebutuhan tubuh. Itu karena susu formula, termasuk Susu  Morinaga memang tidak didesain untuk menggantikan makanan utama. Itulah kenapa untuk memenuhi kebutuhan zat besi si kecil juga membutuhkan makanan lain.

 

Sembelit

Susu formula seperti memang kaya akan nutrisi. Dalam Susu Morinaga sendiri, semua kandungan nutrisi tersebut tertera jelas pada label kemasan. Sayangnya, susu tidak mengandung serat. Jika si kecil terlalu banyak minum susu formula dan sedikit makan makanan berserat, hampir bisa dipastikan gangguan pencernaan seperti sembelit akan ia alami.

 

 

Semua yang baik hanya akan berakhir baik jika porsinya tepat. Susu formula pun demikian. Terlalu sering memberi susu kepada si kecil tidak akan memberi dampak positif. Tapi sebenarnya berapa batasan pemberian susu formula setiap harinya? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal Pediatrics, 2 gelas susu formula setiap hari sebenarnya sudah cukup. Selebihnya, penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan makanan sehat dan seimbang. Namun saat memilih susu formula anak, orang tua juga harus mempertimbangkan kualitas dan kandungan nutrisinya. Dalam hal ini, Susu Morinaga memiliki kandungan gizi seimbang yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan si kecil.

 

 

 

Salam,

KALBE Store