Retinopati Diabetik, Gangguan Penglihatan Akibat Diabetes


Retinopati Diabetik, Gangguan Penglihatan Akibat Diabetes

Retinopati Diabetik, Gangguan Penglihatan Akibat Diabetes

Beberapa saat yang lalu publik diramaikan dengan pemberitaan mantan artis sekaligus politisi yang dikabarkan mengalami gangguan penglihatan akibat diabetes. Walaupun kenyataannya kasus tersebut sudah terjadi pada tahun 2018, pemberitaan ini tetap menyita perhatian publik. Ya, terutama informasi mengenai penyakit diabetes yang dapat mememengaruhi organ mata penderitanya.

 

Retinopati diabetik, gangguan pada mata akibat diabetes

 

kenali gangguan mata akibat diabetes retinopati diabetik

 

Dalam dunia medis, gangguan pada mata yang disebabkan oleh penyakit diabetes disebut sebagai retinopati diabetik. Retinopati diabetik merupakan kelainan pada retina mata yang dapat ditemui pada pasien diabetes. Kondisi ini ditandai dengan pendarahan pembuluh darah pada retina serta gangguan pada pusat penglihatan mata, tepatnya pada area makula yang menyebabkan ketajaman penglihatan menjadi menurun.

 

Seperti yang Anda tahu, retina merupakan lapisan saraf yang melapisi bagian belakang mata, dan berfungsi sebagai perekam gambar. Selanjutnya gambar tersebut akan dikirimkan kepada otak, sehingga membentuk visualisasi bagi manusia. Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah. Kerusakan ini juga dapat terjadi pada pembuluh darah di retina sehingga menyebabkan retinopati diabetik.

 

Pembuluh darah yang pecah menyebabkan munculnya bintik-bintik perdarahan pada retina. Inilah yang menyebabkan penglihatan seorang diabetesi dapat menjadi kabur. Selain itu, pembuluh darah yang pecah dapat menyebabkan pusat penglihatan atau makula mengalami kekurangan suplai darah dan oksigen. Kondisi ini tentu akan memperburuk indra penglihatan bagi orang yang mengalaminya.

 

Jenis retinopati diabetik

 

Retinopati diabetik sendiri memiliki 2 jenis, yaitu retinopati diabetik non-proliferatif dan retinopati diabetik proliferatif. Retinopati diabetik non-proliferatif merupakan kelainan pada retina berupa pembuluh darah retina menipis, adanya bintik perdarahan di retina, dan makula tampak pucat. Sedangkan retinopati diabetik proliferatif merupakan kondisi lanjutan dari retinopati diabetik non-proliferatif yang ditandai dengan munculnya pembuluh darah baru di retina.

 

Gejala retinopati diabetik

 

Pada tahap awal, biasanya retinopati diabetik tidak menimbulkan keluhan pada penderitanya. Namun semakin berat kelainan yang terjadi pada retina, maka perlahan penderita mulai merasakan gangguan penglihatan. Seperti ketajaman penglihatan yang semakin menurun, tanpa ditandai dengan sakit atau mata merah. Sedangkan pada tahap retinopati diabetik proliferatif, penderita tidak hanya mengalami penglihatan yang semakin kabur. Tetapi penderita juga akan mengeluhkan adanya floaters atau sensasi di mana mata melihat bayangan benda yang melayang-layang. Bayangan benda ini muncul karena kekeruhan vitreus mata, yaitu sejenis gel yang berada di antara lensa mata dengan retina.

 

Mencegah retinopati diabetik

 

Untuk mencegah retinopati diabetik, pasien diabetes harus memastikan kadar gula di dalam darah terkontrol. Untuk itu, pasien diabetesi perlu melakukan konsultasi dengan dokter mengenai pilihan makanan yang dapat dikonsumsi, obat-obatan, serta olahraga yang sesuai. Dengan menerapkan ketiga hal di atas secara tepat, penderita diabetes dapat mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, penderita diabetes juga dapat mengonsumsi nutrisi khusus Diabetasol untuk menjaga gula darah. Kandungan Vitadigest dan Indeks Glikemik rendah pada Diabetasol dapat mengurangi terjadinya lonjakan serta mengontrol dan menstabilkan gula darah. Anda bisa mendapatkan dengan mudah Diabetasol yang hadir dalam 3 varian rasa di sini.

 

cegah retinopati diabetik dengan Diabetasol

 

Upaya menjaga kadar gula darah juga dapat mencegah retinopati diabetik bertambah buruk. Sehingga fungsi penglihatan juga tidak bertambah buruk. Walaupun memang perlu dilakukan pengobatan khusus untuk mengatasi retinopati diabetik pada penderita diabetes. Misalnya dengan pemberian obat dari dokter, laser, atau operasi vitrektomi.

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/penyakit/retinopati-diabetik