Resep Weekend: Coconut Circle Pancake


Resep Weekend: Coconut Circle Pancake

Resep Weekend: Coconut Circle Pancake

Selama work from home, mungkin sudah banyak yang kegiatan yang Anda lakukan sehingga tidak jarang merasa bosan karena melakukan aktivitas yang sama. Nah, memasak merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengatasi rasa bosan apalagi jika Anda mencoba resep-resep baru. Kali ini, KALCare akan memberikan referensi membuat makanan sehat yang bisa menemani pagi hari Anda selama akhir pekan yaitu pancake. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Coconut Circle Pancake

 

Bahan: 

125 gr tepung terigu serba guna

2 sdm H2 Gula Kelapa

2 sdt baking powder

½ sdt garam

25 gr H2 Kakao Instan

240 ml susu cair

1 sdm minyak kelapa

1 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya

 

Bahan pelapis:

60 gr mentega

80 gr H2 Gula Kelapa

½ sdm kayu manis bubuk

Plastik segitiga

 

Bahan pelengkap setup apel:

150 gr H2 Gula Kelapa

100 ml air

4 cm kayu manis

2 buah apel merah, potong dadu 1 kurang lebih 1 cm

 

Cara membuat:

  1. Pertama buat dulu pelapis. Kocok mentega, H2 Gula Kelapa, dan kayu manis bubuk dengan menggunakan mixer. Aduk rata hingga menjadi adonan yang lembut. Jika sudah, masukkan adonan ke dalam kantong segitiga, sisihkan.
  2. Selanjutnya buat bahan setup. Siapkan panci untuk memasak. Lalu panaskan H2 Gula Kelapa, air, dan kayu manis hingga semua bahan larut dengan menggunakan api kecil.
  3. Kemudian masukkan potongan buah apel, dan masak hingga larutan air gula mengental. Jika sudah, angkat dan sisihkan sementara.
  4. Kemudian buat bahan pancake. Aduk rata tepung serbaguna, H2 Gula Kelapa, baking powder, H2 Kakao Instan, dan garam.
  5. Kemudian tuang susu cair, minyak kelapa, dan kuning telur. Aduk dengan menggunakan whisk hingga rata, sisihkan.
  6. Pada wadah lain, kocok putih telur hingga kaku. Kemudian masukkan ke dalam adonan tepung, aduk cepat menggunakan spatula hingga rata.
  7. Siapkan wajan datar anti lengket, lalu panaskan di atas api sedang. Kemudian oles wajan dengan mentega tipis-tipis dan merata menggunakan kuas atau tisu.
  8. Tuang 1 sendok atau sekitar 80 ml adonan pancake ke bagian tengah wajan, dan kecilkan api.
  9. Semprotkan bahan pelapis di atas nya membentuk spiral dimulai dari bagian tengah.
  10. Masak pancake hingga muncul gelembung pada permukaan dan meletup-letup, atau sekitar 2-3 menit.
  11. Balik pancake, dan masak kembali selama kurang lebih 1-2 menit. Balik lagi pancake dan angkat.
  12. Lakukan hal yang sama pada adonan yang tersisa.
  13. Jika sudah, sajikan pancake dengan siraman setup apel.

 

Itulah cara membuat Coconut Circle Pancake. Memang untuk membuat pancake ini, bahan utama pemanisnya adalah H2 Gula Kelapa. H2 Gula Kelapa terbuat dari nira bunga kelapa organik yang dapat dijadikan pengganti gula pasir dengan indeks glikemik yang rendah. Tidak hanya itu, secara umum gula kelapa juga memiliki manfaat kesehatan berikut ini:

 

manfaat H2 Gula Kelapa organik bagi kesehatan

 

1. Melancarkan sistem pencernaan

Gula kelapa dapat melakukan proses detoksifikasi dalam sistem pencernaan. Sehingga dengan menggunakan gula kelapa, Anda bisa mendapatkan manfaat pencernaan yang lebih sehat. Gula kelapa juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, mual-mual, dan mulas.

 

2. Mencegah anemia

Gula kelapa mengandung zat besi dan nutrisi lain yang sangat baik dalam memperbaiki sel darah merah dalam tubuh. Semua nutrisi tersebut baik untuk mencegah anemia. Bahkan bisa juga mengatasi masalah anemia.

 

3. Mengobati sariawan

H2 Gula Kelapa mengandung vitamin, zat besi, seng, dan mineral yang lebih tinggi dari gula pasir. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu Anda mengobati sariawan. Bahkan bermanfaat juga untuk menghilangkan peradangan serta masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya.

 

4. Meredakan batuk dan demam

Manfaat terakhir dari gula kelapa adalah obat alami untuk mengatasi batuk dan demam. Caranya cukup dengan seduh gula kelapa dengan air panas, serta air lemon atau jahe. Minum selagi hangat untuk meredakan batuk dan demam, atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Dapatkan H2 Gula Kelapa dan H2 Kakao Instant dengan mudah di sini. Anda juga dapat beli makanan sehat lebih hemat & mudah di KALCare. Karena KALCare menjual makanan sehat, minuman sehat & camilan enak online untuk memudahkan Anda belanja dari rumah saja.

 

buat menu sarapan sehat dengan H2 Kakao Instant

 

Salam,

 

KALCare