Resep Wedang Ronde Jahe


Resep Wedang Ronde Jahe

Resep Wedang Ronde Jahe

Sejak beberapa bulan ini, dunia dikejutkan dengan hadirnya Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang dikenal dengan virus corona. Bahkan virus ini sudah memasuki ke berbagai negara karena penyebarannya yang cukup cepat.Kini, virus corona juga sudah masuk ke Indonesia. Ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertular atau dinyatakan positif virus corona yang sekarang dirawat intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

 

Terkait virus corona, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ternyata sudah mengembangkan budidaya jahe merah untuk dilakukan pencegahan virus corona. Berikut ini manfaat jahe merah:

 

  1. Jahe merah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, berfungsi sebagai pencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. 
  2. Jahe merah mengandung antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Sehingga jahe merah bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

 

Ida Nugroho, yang merupakan salah satu peneliti juga mengatakan, bahwa jahe merah tidak seperti jahe pada umumnya. Sebab bentuk luar yang berwarna merah cenderung mudah untuk dikenali. Selain itu, rasa jahe merah lebih pedas dan memiliki antioksidan yang tinggi dibandingkan jahe lainnya.

 

Ternyata, manfaat jahe sudah terbukti untuk pencegahan penyakit. Salah satunya bisa digunakan untuk mencegah virus corona. Sebab, gejala yang ditimbulkan oleh virus corona ini mirip dengan batuk, pilek dan demam. Namun, virus ini tidak dapat disepelekan, karena jika sudah parah akan menyebabkan pneumonia. Untuk diketahui, pneumonia adalah radang yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran paru-paru sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik. 

 

Bagi Anda yang ingin membuat minuman berbahan dasar jahe merah, ini dia resepnya. 

 

Resep Wedang Ronde Jahe

(Untuk 7 Porsi)

 

 

 

Sumber: (cookpad.com)

 

 

 

Bahan Isi (yang sudah diaduk rata):

 

50 gram kacang tanah, sudah dikupas dan disangrai

1 sendok makan gula pasir

 

Bahan Kulit:

 

200 gram tepung ketan

20 gram tepung sagu

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh air kapur sirih

170 ml air hangat

2 tetes pewarna makanan merah muda

2 tetes pewarna makanan hijau tua

 

Bahan Kuah:

 

1.500 ml air

500 gram jahe merah, bakar, kupas, memarkan

3 batang serai, memarkan

150 gram gula merah, sisir halus

125 gram gula pasir

 

Bahan Pelengkap:

 

25 gram kacang tanah kupas, sangrai

100 gram kolang kaling hijau, potong-potong

 

Cara Membuat:

 

  1. Untuk membuat kulit, aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam, dan air kapur sirih. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut dan licin.
  2. Bagi campuran adonan kulit menjadi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
  3. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Kemudian isi adonan kulit dengan campuran kacang tanah dan gula pasir. Kemudian bentuk adonan bulat sebesar kelereng.
  4. Setelah adonan sudah dibentuk bulat, rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Setelah matang, angkat dan tiriskan
  5. Siapkan air kuah dengan cara rebus air, jahe, dan serai. Kemudian masak dengan api kecil sampai beraroma.
  6. Setelah tercium aroma jahe, masukkan gula merah dan gula pasir dan aduk sampai larut. Setelah itu saring dan ambil air saring jahe.
  7. Masukkan air saring jahe bersama adonan bulat yang sudah matang. Dan wedang ronde jahe siap dihidangkan.

 

Yuk langsung saja dicoba resep Wedang Ronde Jahe untuk minuman untuk daya tahan tubuh Anda. Semoga khasiat jahe merah juga bermanfaat untuk mencegah virus corona. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi Blackmores Echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Karena Blackmores Echinacea mengandung Vitamin C dan Antioksidan yang juga dapat mengurangi keparahan flu. Anda bisa mendapatkan dengan mudah di sini. Anda juga bisa mendapatkan Blackmores dan suplemen untuk daya tahan tubuh lainnya di KALCare untuk mencegah dari virus Corona. Karena KALCare menjual Suplemen Dewasa & Anak Online Terbaik.

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://cookpad.com/id/resep/11640313-wedang-ronde?via=search&search_term=wedang%20ronde

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/02/14102751/upaya-pencegahan-virus-corona-akademisi-uns-kembangkan-jahe-merah?page=all