Resep Wedang Angsle Bejo


Resep Wedang Angsle Bejo

Resep Wedang Angsle Bejo

Anda pasti familiar bukan dengan wedang? Ya, wedang merupakan minuman yang terbuat dari sari jahe tradisional khas Nusantara. Minuman ini awalnya berasal dari daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tiap-tiap daerah memiliki variasi wedang sendiri. Misalnya dari Jawa Timur, khususnya daerah Malang, tersedia minuman ini yang dikenal dengan wedang angsle.

 

Wedang angsle merupakan minuman sari jahe yang memiliki bermacam jenis isian sehingga menjadi sajian yang istimewa untuk menemani Anda pada udara yang dingin. Karena banyak jenis isian, wedang angsle sering juga disebut sebagai wedang ronde khas Malang. Tampilan dari wedang angsle ini hampir menyerupai kolak kacang hijau dan bubur Madura. Sebab wedang angsle menggunakan bahan kacang hijau dan santan yang cukup banyak.

 

Tidak hanya itu Fams, wedang angsle juga menggunakan beras ketan putih sebagai bahan utamanya. Tampilan dari wedang angsle akan semakin cantik dengan penggunaan sagu mutiara atau biji delima. Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba, tidak perlu jauh-jauh harus ke Malang ya. Sebab Anda bisa mencoba membuat minuman wedang angsle sendiri di rumah melalui resep dari KALCare berikut ini.

 

Resep Wedang Angsle Bejo

 

resep wedang angsle menggunakan Bejo Jahe Merah

 

Bahan isian:

200 gr beras ketan

1 bungkus sagu mutiara

100 gram kacang hijau

4 buah putu mayang

100 gr tape singkong

4 lembar roti tawar, potong kotak kecil-kecil

Kacang tanah sangrai secukupnya

 

Bahan kuah:

2 saset BEJO Jahe Merah

1 liter santan encer dari 1/2 butir kelapa

8 sdm gula pasir

1 ruas jahe, bakar lalu memarkan

1 lembar daun pandan, sobek lalu ikat

1 batang serai, memarkan

⅙ sdt garam

 

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, rendam beras ketan kurang lebih 30 menit, kemudian kukus sampai matang. Sisihkan sementara.
  2. Kemudian pada wadah yang berbeda, rebus sagu mutiara sampai bening, sisihkan.
  3. Gunakan wadah lain untuk merebus kacang hijau sampai lunak, sisihkan.
  4. Masak bahan kuah dengan mencampurkan santan, gula pasir, jahe, daun pandan, serai, dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  5. Jika sudah mendidih, matikan api lalu masukkan BEJO Jahe Merah dan aduk hingga rata.
  6. Siapkan mangkuk, kemudian tata ketan yang sudah dikukus, sagu mutiara yang sudah direbus, kacang hijau yang sudah direbus, tape singkong, putu mayang dan roti tawar.
  7. Siram dengan kuah dan taburi kacang tanah sangrai.
  8. Wedang angsle siap disajikan dan dinikmati selagi hangat.

 

Bagaimana tidak sulit bukan untuk membuat wedang angsle? Bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup tergolong mudah ya Fams. Karena Anda bisa membeli di pasar dan di sini untuk mendapatkan Bejo Jahe Merah dengan mudah.

 

kreasi minuman hangat dengan Bejo Jahe Merah

 

Oya, wedang angsle ini akan sangat nikmat jika Anda santap pada malam hari atau saat musim hujan. Tentunya ini cocok ya Fams, karena beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami musim hujan. Tetapi bagi Anda yang rumahnya belum mengalami hujan, jangan khawatir. Anda juga tetap dapat menikmati wedang angsle bejo untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemik covid-19. Karena Bejo Jahe Merah merupakan obat herbal yang terbuat dari jahe merah, adas, mint, cabe jawa, dan madu. Jadi Anda tetap bisa menyantap minuman tradisional ini sambil menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyebaran virus covid-19.

 

Salam,

KALCare

 

 

 

Sumber:

Instagram @Generasibejo

Wedang Angsle, Minuman khas Kota Dingin Malang