Resep Valentine: Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling

Resep Valentine: Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling

Bulan Februari pasti identik dengan kasih sayang. Bagaimana tidak, pada bulan ini terdapat hari valentine yang dirayakan pada tanggal 14 Februari. Sehingga pada hari valentine, rasa kasih sayang ditunjukkan dengan memberikan cokelat kepada pasangan atau orang yang dicintai.

 

Sejarah pemberian cokelat pada hari valentine

 

sejarah memberikan cokelat pada hari raya valentine

 

Pemberian cokelat pada hari raya valentine memang memiliki sejarahnya sendiri nih Fams. Awalnya, cokelat merupakan barang yang termasuk mahal dan mewah pada zaman Mesoamerican. Sehingga cokelat hanya dikonsumsi bagi suku elit kelas atas Maya dan Aztec dalam bentuk minuman campuran biji kakao, tepung maizena, vanila, madu, dan cabai. Pada zaman tersebut, biji kakao merupakan komoditas yang berharga seperti emas. Bahkan biji kakao digunakan untuk membayar pajak yang dipungut oleh penguasa Aztec.

 

Pada tahun 1600-an, rasa cokelat yang nikmat telah menyebar ke seluruh Eropa. Salah satunya di London,  di mana rumah-rumah cokelat mulai banyak bermunculan dan menyaingi rumah-rumah kopi sebagai tempat pertemuan kelompok masyarakat. Bahkan sebuah toko yang terletak di jalan Gracechurch pada tahun 1657 mengomersialkan cokelat sebagai minuman orang Indian Barat yang dapat menyembuhkan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

Selain itu, di Perancis Madame de Savigne menuliskan tentang keunggulan mengonsumsi cokelat pada seluruh pengadilan Versailles di tahun 1671. Sebab Madame du Barry yang merupakan istri dari raja Louis IV memberikan minuman cokelat sebagai stimulan untuk merangsang suaminya. Sebab pada saat itu, cokelat hanya dinikmati oleh anggota kerajaan dan sebagai salah satu simbol cinta kasih. Bahkan ketika Marie Antoinette menikah dengan Louis XVI di tahun 1770, ia membawa pembuat cokelat pribadinya ke Versailles. Pembuat cokelat pribadi ratu ini memiliki berbagai resep cokelat yang memiliki manfaatnya masing-masing. Misalnya campuran cokelat dengan bunga anggrek untuk kekuatan, cokelat dengan jeruk untuk menenangkan saraf, serta cokelat dengan susu almond manis untuk menjaga kesehatan pencernaan.

 

Karena dianggap spesial, cokelat dijadikan sebagai makanan yang menunjukkan kasih sayang pada perayaan valentine. Sehingga pemberian cokelat menjadi ciri khas lain untuk merayakan valentine pada saat itu, selain bertukar surat cinta atau memberikan bunga. Apalagi pada tahun 1837, ratu Victoria menjadikan hari valentine sebagai hari raya untuk saling menunjukkan cinta kasih dan berbagi kebahagiaan terhadap sesama.

 

Menikmati cokelat pada hari raya valentine memang menyenangkan ya Fams. Tetapi bagi Anda yang khawatir akan kenaikan berat badan karena mengonsumsi cokelat, KALCare punya nih resep valentine spesial dari kenikmatan Slim & Fit Choco Malt. Penasaran dengan resepnya? Yuk langsung saja disimak resep Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling berikut ini.

 

Resep Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling

 

Bahan kolang-kaling:

½ bungkus agar-agar

300 ml air

3 sdm gula air

Kolang-kaling secukupnya

 

Bahan avocado:

3 buah alpukat sedang

2 saset Slim & Fit French Vanilla

2 bungkus agar-agar

10 sdm gula pasir

1.000 ml air

 

Bahan cokelat:

2 saset Slim & Fit Choco Malt

6 sdm gula pasir

1 bungkus agar-agar

500 ml air

 

Cara membuat:

  1. Pertama, rebus terlebih dahulu bahan untuk kolang-kaling hingga matang. Dinginkan, lalu susun ke dalam loyang.
  2. Masak ½ bungkus agar-agar dengan air dan gula hingga mendidih, lalu tuang ke dalam loyang berisi kolang-kaling.
  3. Buat lapisan pertama puding yaitu dengan bahan avocado, dengan menghaluskan alpukat. Lalu tuang ke dalam panci, kemudian tambahkan gula pasir, agar-agar, Slim & Fit French Vanilla.
  4. Aduk rata dan masak hingga mendidih, hilangkan uap panas, lalu tuang ke dalam loyang agar-agar.
  5. Buat adonan kedua yaitu puding cokelat dengan mencampurkan Slim & Fit Choco Malt, gula pasir, agar-agar, dan air.
  6. Masak hingga puding cokelat mendidih dan matang, kemudian hilangkan uap panasnya.
  7. Tuang puding cokelat ke atas lapisan puding alpukat yang sudah mengeras.
  8. Simpan di dalam lemari es hingga mengeras. Hidangkan puding selagi dingin.

 

Bagaimana Fams? Cukup mudah bukan untuk membuat resep Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling? Puding ini tidak hanya lezat, tetapi rendah kalori lho. Sehingga Anda tetap bisa merasakan kenikmatan cokelat di hari raya valentine bersama yang terkasih. Yuk langsung saja coba buat Puding Avocado Cokelat Kolang-Kaling dengan membeli Slim & Fit terlebih dahulu di sini. Beli juga camilan dari Slim & Fit yang juga tidak kalah nikmat dan rendah kalori hanya di KALCare.

 

kreasi resep cokelat dengan Slim & Fit Choco Malt

 

Ayo share pengalaman memasak resep KALCare di sosial media Anda. Temukan berbagai inspirasi resep sehat lainnya dari KALCare di sini.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram @Slimfitid

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2432689/terungkap-kenapa-cokelat-identik-dengan-hari-valentine