Resep Tumis Bayam Jagung untuk ASI Booster

Resep Tumis Bayam Jagung untuk ASI Booster

Tanggal 1 Agustus diperingati sebagai hari ASI Sedunia. Biasanya perayaan ini dilakukan selama satu pekan atau selama 7 hari, sehingga dikenal juga sebagai Pekan ASI Internasional. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah Mendukung Pemberian ASI untuk Bumi yang Lebih Sehat. Sehingga fokus utamanya adalah mendukung, melindungi, dan mempromosikan ASI sebagai upaya menjaga kesehatan bumi dan manusia.

 

Pekan ASI Sedunia awalnya berasal dari forum World Alliance for Breastfeeding Action atau WABA yang digelar pada markas United Nations Children’s Fund atau UNICEF, di New York, Amerika Serikat pada tahun 1991. Misi peringatan Pekan Asi Sedunia adalah untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan atau lebih. Tujuan global peringatan ini untuk mengoptimalkan kesehatan gizi baik pada ibu maupun anak.

 

Badan Kesehatan Dunia atau WHO bersama dengan American Academy of Pediatrics (AAP) menganjurkan agar bayi diberikan ASI eksklusif sejak lahir sampai berusia 4 hingga 6 bulan. Atau dalam arti lain, selama periode tersebut, bayi hanya diberikan air susu ibu tanpa makanan pendamping lain. Setelah 6 bulan, bayi sebaiknya tetap diberikan ASI sambil diberikan makanan pendamping yang sesuai dengan usia anak hingga 2 tahun atau lebih. Kebiasaan ini diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh ibu menyusui di seluruh dunia untuk menciptakan kesehatan bumi serta manusia.

 

Di Indonesia sendiri, dukungan pemberian ASI eksklusif didukung sepenuhnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Begitu juga KALBE melalui produk Prenagen Lactamom yang merupakan nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI dan stamina ibu lebih fit selama menyusui. Sehingga berat badan bayi dapat bertambah sesuai dengan standar. Ibu menyusui bisa mendapatkan Prenagen Lactamom dengan mudah di sini.

 

Prenagen Lactamom untuk nutrisi Ibu menyusui

 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengonsumsi bayam untuk mendukung nutrisi ibu menyusui. Bayam merupakan sayur yang kaya akan kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Secara terperinci, kalsium dalam bayam mampu memperkuat perkembangan tulang dan gigi bayi. Sedangkan pada ibu, kalsium dibutuhkan karena akan ditransfer pada Si Kecil melalui ASI. Lalu vitamin A dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit anak, serta membantu pemeliharaan mata dan kulit Ibu. Sedangkan vitamin C berguna untuk penyerapan zat gizi, mencegah infeksi, menyehatkan tulang, gigi, ligamen, serta pembuluh darah. Nah, berikut ini KALCare akan memberikan referensi resep membuat sayur bayam untuk menunjang nutrisi ibu menyusui.

 

Resep Tumis Bayam Jagung

 

kreasi makanan pendukung ASI tumis bayam jagung

 

Bahan:

1 buah jagung manis

1 ikat bayam, petik daun dan batangnya

2 buah cabe merah

5 buah cabe rawit

1 siung bawang putih

2 siung bawang merah

½ sdt garam halus

⅛ sendok gula

2 buah daun salam

 

Cara membuat:

  1. Cuci dan bersihkan daun bayam dan jagung. Kemudian serut jagung, sisihkan sementara.
  2. Siapkan bumbu. Mulai dari mencincang bawang putih, iris tipis bawang merah, iris cabe merah dan cabe rawit.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.
  4. Kemudian tumis bawang putih hingga harum. Kemudian tambahkan bawang merah, cabe, dan daun salam.
  5. Tambahkan bayam dan jagung manis.
  6. Masukkan garam dan gula, lalu aduk hingga rata dan matang kurang lebih selama 5 menit. Tumis bayam jagung siap untuk disajikan.

 

Sangat mudah bukan untuk membuatnya? Yuk langsung coba buat di rumah. Soalnya jagung juga ternyata mengandung vitamin B12, vitamin C, asam folat, beta-karoten, tinggi serat, dan protein yang baik untuk Ibu menyusui.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

Sumber:

https://cookpad.com/id/resep/12954847-tumis-bayam-jagung-manis-%F0%9F%8C%B1%F0%9F%8C%BD

Home

https://www.fimela.com/parenting/read/3835841/bayam-makanan-ibu-menyusui-yang-kaya-akan-kalsium-dan-vitamin