Resep Strawberry dan Banana Smoothies Bowl

Resep Strawberry dan Banana Smoothies Bowl

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengatur dan membatasi pola makannya. Alasannya, tidak semua makanan memiliki kadar gula yang aman untuk dikonsumsi. Salah satunya dilarang memakan buah-buahan karena kandungan gula yang tinggi.

 

Padahal, bukan berarti semua buah-buahan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menurut ahli gizi dan nutrisionis Jessica Crandall, tubuh manusia membutuhkan asupan karbohidrat agar tetap berenergi. Bahkan salah satu sumber energi terbaik adalah buah-buahan. Tidak hanya itu, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkapkan, mengonsumsi buah utuh dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

 

Maka dari itu, mengonsumsi buah-buahan tetap aman bagi penderita diabetes. Asalkan, porsi mengonsumsi buah diperhatikan. Dan berikut ini 7 buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

 

1. Blackberry

 

Blackberry sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Sebab, blackberry kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol diabetes. Buah ini membantu tubuh untuk tidak meningkatkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, blackberry bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membuat tubuh kenyang lebih lama.

 

2. Blueberry

 

Buah ini baik untuk penderita diabetes karena kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan membantu meningkatkan sirkulasi dalam darah. Untuk diketahui, penyakit diabetes bisa menyebabkan pembuluh darah di kaki mengeras. Selain itu juga bisa menyumbat aliran darah pada tubuh.

 

3. Stroberi

 

Menurut ahli diet klinis dan konsultan diabetes tersertifikasi, Marina, RD, buah stroberi rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin itu akan membantu sistem imun tubuh tetap kuat. Selain itu satu cangkir buah stroberi hanya mengandung tujuh gram gula dan 12 gram karbohidrat. Jadi sangat baik untuk penderita diabetes.

 

4. Apel

 

Salah satu buah yang direkomendasikan oleh banyak nutrisionis untuk para penderita diabetes adalah apel. Alasannya, serat dalam buah apel akan membantu memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan tingkat kolesterol. Selain dapat menurunkan risiko diabetes, banyak studi yang dipublikasikan menyebutkan bahwa apel juga berpeluang menurunkan risiko penyakit stroke.

 

5. Jeruk

 

Selain dikenal memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah. Alasannya buah jeruk memiliki karbohidrat sebanyak 15 gram dan 62 kalori, sehingga aman bagi penderita diabetes. Selain itu, jeruk mengandung folat dan potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah.

 

6. Pir

 

Alasannya, buah pir mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi dibanding buah apel. Karena itulah buah ini baik untuk mencegah penyakit jantung yang kerap dipicu oleh diabetes. Mengonsumsi buah pir secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh.

 

7. Pisang

 

Pisang baik untuk penderita diabetes. Buah yang identik dengan warna kuning ini mengandung potasium atau kalium, banyak serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori. 

 

Nah, itu dia buah yang baik bagi Anda yang menderita diabetes. Jika Anda ingin membuat camilan dari buah-buah tersebut, jangan hanya sekadar memakan potongan seperti biasa ya. Sebab berikut ini ada resep Strawberry and Banana Smoothies Bowl untuk kreasi konsumsi buah bagi penderita diabetes.

 

Resep Strawberry and Banana Smoothies Bowl

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan:

 

2 buah pisang yang sudah dibekukan

1 ½ mangkuk stroberi yang sudah dibekukan

½ gelas susu rendah kalori

1 sachet Nulife Sweetener

Oatmeal Instant sesuai selera (opsional)

 

Topping:

 

1 buah pisang

5-10 buah stroberi

2 sendok makan biji chia

Biji-bijian atau buah kering lain sesuai selera (opsional)

 

Cara membuat:

 

  1. Potong terlebih dahulu pisang dan stroberi.
  2. Blender pisang, stroberi, susu, oatmeal dan Nulife Sweetener sampai halus dan merata.
  3. Tuangkan pada mangkuk, lalu tambahkan topping di atasnya.
  4. Strawberry and Banana Smoothie Bowl siap disajikan.

 

Itulah resep Strawberry and Banana Smoothies Bowl untuk Anda. Selain sehat, penggunaan Nulife Sweetener di dalam resep ini juga baik untuk penderita diabetes. Nulife  Sweetener merupakan pengganti gula dengan kandungan sukralosa dengan tingkat kemanisan 600 kali dibanding gula tebu atau gula pasir. Sehingga lebih aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Nulife Sweetener stabil pada suhu panas dan dingin, dapat digunakan sebagai bahan memasak, dan tidak meninggalkan rasa pahit setelah dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan dengan mudah di sini.

 

 

 

 

 

 

Yuk langsung saja dicoba resep Strawberry & Banana Smoothies Bowl untuk menu camilan Anda. Jangan lupa juga untuk mengganti gula dengan Nu Life Sweetener dan makanan diabetes lainnya di KALCare. Karena KALBE Store menjual Makanan untuk Diabetes & Susu Diabetes Online Terbaik.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

https://www.instagram.com/p/B4rESwuA7hD/

https://www.msn.com/id-id/kesehatan/health-diabetes/7-buah-yang-baik-dikonsumsi-penderita-diabetes/ar-AACONMm