Resep Souffle Cake Lapis Puding


Resep Souffle Cake Lapis Puding

Resep Souffle Cake Lapis Puding

Ginjal merupakan organ tubuh yang penting bagi manusia. Organ ini berfungsi sebagai pembentuk urin, menjaga jumlah air di dalam tubuh, dan mengontrol tekanan darah. Tetapi, gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Misalnya seperti menahan buang air kecil, kurang vitamin dan mineral, serta terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

 

Penyakit ginjal sendiri memiliki tahapan yang dimulai dengan fase pertama yang disebut predialisis. Pada masa predialisis, pasien ginjal perlu melakukan diet nutrisi protein, natrium atau garam dapur, kalium, dan fosfat. Pada fase predialisis, mengonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi justru dapat menambah kerusakan pada ginjal. Untuk itu, asupan protein harus dibatasi 0,7-0,8 g/kg dari berat badan ideal/hari.

 

Konsumsi garam dapur atau sodium berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Sehingga dapat memicu ekskresi protein yang lebih tinggi. Ginjal yang rusak sudah tidak mampu menyeimbangkan kadar kalium dalam darah sehingga menyebabkan hiperkalemia atau kadar kalium yang tinggi dalam darah. Begitu juga dengan fosfat yang berlebih dapat menyebabkan hiperfosfatemia atau tinggi fosfat, gatal-gatal, dan hilangnya kalsium dari tulang.

 

Untuk itu, pasien dialisis perlu mengikuti pola diet yang ditentukan oleh dokter. Pasien juga harus memperhatikan makan atau minuman yang dikonsumsi. Maka dari itu, KALCare kali ini akan memberikan resep makanan bagi pasien dialisis yang bisa Anda buat sendiri. Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Souffle Cake Lapis Puding

(300 Kkal)

 

resep souffle cake lapis puding untuk pasien predialisis

 

Bahan bolu:

150 gr tepung terigu

3 butir telur

150 gr margarin

1 sdm cake emulsifier TBM

500 gr susu Nephrisol Vanilla

150 gr gula halus

 

Bahan puding:

1 bungkus agar-agar

600 cc air

150 gr gula pasir

100 gr susu Nephrisol Vanilla

Pewarna makanan secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda perlu membuat bahan bolu. Lelehkan margarin, kemudian sisihkan.
  2. Pada wadah lain, kocok telur, gula halus, TBM hingga putih dan mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu dan susu Nephrisol, kemudian aduk kembali hingga rata.
  4. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk lagi adonan bolu,
  5. Masukkan adonan ke dalam loyang persegi empat, dan panggang dalam oven dengan suhu 230 derajat celsius, masak hingga matang. Kemudian angkat dan dinginkan.
  6. Buat puding dengan mencampurkan 1 bungkus agar-agar pada 600 cc air, masak hingga mendidih.
  7. Tambahkan gula pasir dan aduk kembali hingga rata dan matang atau mendidih.
  8. Matikan api, kemudian tambahkan susu Nephrisol dan pewarna makanan. Aduk lagi hingga puding tercampur rata, sisihkan.
  9. Jika bolu sudah dingin, tidak perlu mengeluarkan dari loyang. Kemudian siram permukaan atas bolu dengan adonan puding sedikit demi sedikit hingga adonan habis, dinginkan kembali.
  10. Tunggu hingga puding dingin dan membeku. Baru Anda dapat menyajikan dengan memotong souffle cake lapis puding sesuai selera.

 

Yuk langsung saja dicoba membuat Souffle Cake lapis Puding ini. Tentu resep ini baik bagi penderita ginjal predialisis karena menggunakan Nephrisol. Seperti yang Anda tahu Nephrisol merupakan makanan diet khusus bagi pasien ginjal tanpa dialisa dengan asam amino esensial dan non esensial. Kandungan protein Nephrisol pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasien ginjal. Anda bisa mendapatkan Nephrisol atau Nephrisol-D untuk pasien dialisis dengan mudah di sini.

 

nephrisol, nutrisi khusus pasien ginjal tanpa dialisis

 

Temukan promo hemat nutrisi khusus penyakit ginjal online hanya di KALCare. Karena KALCare menjual nutrisi gangguan penyakit ginjal online terbaik. Sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan pasien ginjal selama pandemi covid hanya dari rumah saja.

 

Salam,

 

KALCare