Resep Smoothie Kurma


Resep Smoothie Kurma

Resep Smoothie Kurma

Setelah menahan lapar dan haus selama 13 jam, tidak heran jika Anda menginginkan makanan atau minuman manis dan segar sebagai menu berbuka puasa. Tetapi selama pandemi covid tengah berlangsung, Anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang dijadikan menu berbuka. Sebab saat ini sangat penting untuk mengonsumsi nutrisi yang tepat dan seimbang demi menjaga daya tahan tubuh.

 

Maka dari itu, KALCare mencoba membantu Anda dalam memberikan referensi resep untuk menu berbuka. Berikut ini ada resep Smoothie Kurma yang tidak hanya segar, tetapi juga baik untuk kesehatan. Langsung saja yuk disimak bahan-bahan dan cara pembuatannya.

 

Resep Smoothie Kurma

 

Bahan:

2 buah pisang

¼ gelas kurma

2 gelas susu full cream

1 sdt H2 Chia Seed

½ sdt kayu manis bubuk

Es batu secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Potong-potong buah pisang dan kurma menjadi kecil.
  2. Masukkan potongan pisang dan kurma, 2 gelas susu full cream, H2 Chia Seed, kayu manis bubuk, serta es batu ke dalam blender. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Tuang pada gelas dan sajikan untuk berbuka puasa.

 

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuatnya. Perlu Anda tahu, buah kurma ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah berikut manfaat mengonsumsi buah kurma bagi kesehatan terutama di bulan suci Ramadhan.

 

manfaat buah kurma bagi kesehatan selama berpuasa

 

1. Baik untuk kesehatan tulang

Buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir ini ternyata baik lho untuk kesehatan tulang Anda. Di dalam kurma terdapat sejumlah kandungan mineral yang baik untuk tulang. Yaitu mineral berupa fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat mencegah penyakit tulang serta osteoporosis.

 

2. Tinggi serat

Buah kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian terutama pada saat menjalani ibadah puasa. Sehingga pencernaan Anda senantiasa sehat, dan mencegah terjadinya sembelit. Manfaat ini sudah terbukti berdasarkan sebuah penelitian kepada 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma selama tiga minggu. Hasilnya orang-orang tersebut mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibanding ketika tidak mengonsumsi kurma.

 

3. Kaya akan antioksidan

Selanjutnya buah kurma memiliki berbagai kandungan antioksidan berupa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena menangkal radikal bebas sehingga mengurangi risiko tubuh terserang penyakit. Flavonoid diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan sehingga dapat meminimalisasi risiko diabetes, alzheimer, bahkan beberapa jenis kanker. Karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah risiko gangguan mata. Sedangkan asam fenolik berguna sebagai anti inflamasi alami yang membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

 

4. Meningkatkan fungsi otak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurma dapat mencegah penyakit alzheimer. Hal ini terjadi karena kurma dapat menurunkan gejala inflamasi seperti interleukin pada otak. Selain itu kurma juga mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak pada otak yang berakibat pada kematian sel otak dan alzheimer.

 

5. Membantu proses persalinan

Berdasarkan sebuah studi, mengonsumsi kurma pada saat mengandung dapat meningkatkan persentase melahirkan secara normal. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa perempuan hamil yang mengonsumsi kurma memperkecil ibu mendapat induksi saat persalinan. Kedua manfaat tersebut merupakan kinerja dari tanin yaitu sebuah senyawa yang terbukti membantu kontraksi secara alami. Kurma juga merupakan sumber gula alami dan kalori baik yang bermanfaat sebagai energi selama persalinan bagi ibu hamil.

 

Banyak sekali ya manfaat dari buah kecil ini. Belum lagi manfaat dari H2 Chia Seed yang kaya akan omega 3, karbohidrat, protein, serat pangan, kalsium, dan antioksidan untuk menunjang kesehatan Anda. Yuk langsung saja coba dibuat smoothie kurma untuk menu buka puasa hari ini dan dapatkan H2 Chia Seed dengan mudah di sini. KALCare menjual makanan sehat untuk anak & dewasa online berkualitas. Sehingga Anda bisa beli makanan sehat lebih hemat & mudah dari rumah.

 

gunakan h2 chia seed untuk menambah nutrisi setelah berpuasa

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https:/www.hipwee.com/tips/olahan-kurma-tanpa-oven

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/25/170300223/ini-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-saat-buka-puasa-dan-sahur?page=3