Resep: Salad Belimbing Saus Pedas

Resep: Salad Belimbing Saus Pedas

Halo Fams! Bagaimana akhir pekan Anda bersama keluarga selama new normal? Walaupun sudah memasuki masa new normal, memang lebih baik Anda menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Sebagai pelengkap, Anda bisa membuat kreasi makanan sehat untuk disantap bersama keluarga. Kali ini, KALCare akan memberikan resep Salad Belimbing Saus Pedas yang dibuat dengan Hydro Coco. Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Salad Belimbing Saus Pedas

(168,0 Kkal)

 

Bahan saus:

100 ml Hydro Coco

3 sdm air jeruk lemon

3 buah cabai rawit merah

2 buah belimbing wuluh

1 sdm gula pasir

1 sdm terasi

1 sdm ebi, rendam dalam air panas, dan tiriskan

¼ sdt garam

 

Bahan isi:

200 g dada ayam

½ sdt garam

¼ sdt merica bubuk

500 g belimbing, iris 1 cm

3 lembar daun selada, sobek kasar

50 g bawang bombai, cincang kasar

1 sdm minyak sayur

 

Cara membuat:

  1. Siapkan blender. Kemudian haluskan semua bahan saus, yang terdiri dari Hydro Coco, air jeruk lemon, cabai rawit merah, belimbing wuluh, gula pasir, terasi, ebi, dan garam. Jika sudah halus, simpan dalam lemari es.
  2. Lalu siapkan bahan isi salad mulai dari daging ayam. Balurkan dada ayam dengan garam dan merica. Kemudian simpan juga ke dalam lemari es, hingga bumbu meresap atau kurang lebih selama 15 menit.
  3. Masukkan juga belimbing, selada, dan bawang bombay. Tujuannya agar bahan salad menjadi renyah pada saat disajikan.
  4. Jika bumbu ayam sudah meresap, keluarkan dari kulkas. Kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis ayam di atas api sedang hingga daging ayam matang.
  5. Angkat daging ayam, kemudian suwir kasar. Sisihkan sementara hingga suwiran daging ayam sudah tidak panas.
  6. Siapkan wadah, kemudian campurkan suwiran daging ayam dengan potongan buah belimbing, bawang bombai, dan selada.
  7. Sajikan segera dengan disiram saus.

 

Tidak sulit bukan membuat Salad Belimbing Saus Pedas? Tentu salad ini akan sangat cocok jika disantap pada siang hari di tengah cuaca yang panas. Sebab Salad Belimbing Saus Pedas dapat dijadikan camilan enak yang memberikan kesegaran pada siang hari. Belum lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Hydro Coco dan buah belimbing.

 

Seperti yang Anda tahu, Hydro Coco merupakan air kelapa asli yang dikemas dengan menggunakan teknologi UHT. Walaupun dalam bentuk kemasan siap saji, Hydro Coco tidak menggunakan bahan pengawet, hingga tidak menggunakan pewarna dan pemanis buatan. Sehingga kandungan vitamin dan mineral asli dari air kelapa tetap terjaga. Anda bisa mendapatkan minuman sehat Hydro Coco dengan mudah di sini.

 

minum air kelapa asli Hydro Coco untuk tingkatkan daya tahan tubuh

 

Sedangkan buah belimbing memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah berbentuk bintang ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah kanker karena mengandung flavonoid polifenol yang sudah teruji secara klinis berdasarkan hasil dari penelitian.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C yang dapat menyumbang 50 persen kadar vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Menjaga stabilitas tekanan darah yang baik untuk pasien hipertensi.
  4. Menurunkan berat badan karena rendah kalori, dan kaya serat.
  5. Melancarkan pencernaan karena kaya akan serat.
  6. Menyembuhkan masalah kulit terutama peradangan pada kulit yang diperbaiki dengan antioksidan flavonoid dan vitamin C.
  7. Menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes.
  8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.
  9. Memelihara kesehatan jantung karena mengandung nutrisi yang dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah.
  10. Merangsang produksi ASI.

 

Banyak sekali ya manfaat dari buah belimbing. Tetapi bagi Anda yang menderita penyakit ginjal, memang tidak disarankan mengonsumsi belimbing. Sebab buah yang satu ini malah akan memberikan dampak buruk.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

Sumber:

Instagram @hydrococo_id

https://www.brilio.net/kesehatan/15-manfaat-belimbing-bagi-kesehatan-1811075.html