Resep Sahur Sup Likopen, Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Resep Sahur Sup Likopen, Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Fams, membuat sup sebagai menu sahur mungkin pilihan yang baik bagi Anda dan keluarga. Apalagi sup yang terdiri dari berbagai macam isi sehingga dapat memberikan nutrisi yang pas sebagai sumber tenaga menjalani ibadah puasa. 

 

Menyajikan sup hangat sebagai menu sahur memberikan manfaat tambahan bagi tubuh. Sebab, sup hangat dapat memberi kenyamanan dan terhindar dari rasa kembung.

 

Untungnya, KALCare punya referensi menu yang bisa Anda coba buat, yaitu resep sup likopen. Langsung saja simak resepnya ya Fams!

 

Sup Likopen

 

kreasi resep sahur, sup likopen

 

Bahan:

200 gr tomat, rendam air panas, kupas kulitnya

150 gr fillet ikan kakap merah, rebus, potong dadu 1 cm

50 gr kacang polong

50 gr jagung pipil

50 gr paprika kuning, potong dadu

75 gr wortel, bentuk bunga

1 ruas jari jahe, cincang

500 ml kaldu ayam

¼ sdt merica bubuk

½ sdt garam

1 batang seledri, cincang

1 sdm minyak zaitun

 

Bahan kaldu sayuran:

200 gr bengkuang, kupas, potong 6 bagian

200 gr wortel, kupas, potong 4 bagian

2 batang daun seledri, potong 2 bagian

200 gr nanas, cincang kasar

½ sdt merica

1 sdt garam

600 ml Hydro Coco

 

Cara membuat:

  1. Pertama, buat terlebih dahulu kaldu sayuran. Rebus Hydro Coco bersama bengkuang, wortel, daun seledri, nanas, merica, dan garam, masak dengan api kecil selama 30 menit. Angkat, lalu saring.
  2. Rendam tomat dalam air panas, diamkan sebentar, kemudian buang kulit ari dan isinya, lalu potong tomat sebesar dadu 1 cm, sisihkan sementara.
  3. Tumis jahe menggunakan minyak zaitun hingga harum, tuang kaldu sayuran, garam, dan merica, aduk rata. Masak hingga mendidih, angkat, lalu saring kembali.
  4. Panaskan kembali kaldu, lalu masukkan tomat, ikan kakap, kacang polong, jagung pipil, wortel, seledri, merica bubuk, dan garam. Masak hingga mendidih, angkat.
  5. Sup likopen sudah matang, sajikan selagi panas.

 

Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat resep sup likopen? Sup yang satu ini tidak hanya lezat lho Fams, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mau tau apa saja? Simak penjelasan berikut ya!

 

Manfaat likopen

 

Bagi Anda yang belum tahu, likopen merupakan pada tanaman dengan sifat antioksidan. Likopen juga memberi warna merah atau merah muda pada tanaman, seperti pada tomat, semangka, dan jeruk bali. 

 

Tomat merupakan salah satu makanan mengandung likopen tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Penggunaan tomat sebagai bahan utama dalam sup likopen bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut merupakan manfaat likopen berdasarkan Healthline.

1. Memiliki sifat antioksidan yang kuat

 

kaya akan antioksidan

 

Likopen merupakan antioksidan dalam keluarga karotenoid. Dalam sebuah penelitian, sifat antioksidan likopen dapat membantu menjaga keseimbangan kadar radikal bebas. Selain itu, likopen juga membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat paparan bahan kimia pembasmi hama pada tanaman seperti pestisida.

 

2. Dapat mencegah beberapa jenis kanker

 

mencegah beberapa jenis kanker

 

Sebagai antioksidan, likopen memiliki manfaat untuk mencegah atau memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan prostat. Selain itu dalam sebuah studi, asupan tinggi likopen menurunkan risiko kanker paru-paru sekitar 32-50%. 

 

3. Menjaga kesehatan jantung

 

likopen dapat menjaga kesehatan jantung

 

Manfaat selanjutnya dari likopen adalah menurunkan risiko pengembangan atau kematian akibat penyakit jantung. Hal ini karena likopen dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. 

 

Dari hasil studi, diet kaya nutrisi likopen dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 17-26% lebih rendah. Bahkan kadar likopen dalam darah yang tinggi menurunkan risiko stroke sekitar 31%. Efek perlindungan likopen ini bermanfaat bagi lansia, perokok, diabetesi, dan penderita penyakit jantung.

 

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

 

mencegah sunburn pada kulit

 

Likopen dapat memberikan perlindungan terhadap efek negatif sinar UV matahari. Dalam sebuah studi, dilakukan percobaan terhadap peserta yang terpapar sinar UV selama 12 minggu dengan mengonsumsi 16 mg likopen setiap hari. Hasilnya sebanyak 40-50% mengalami pengurangan intensitas kemerahan kulit setelah terpapar sinar UV. Walaupun bermanfaat, Anda tetap disarankan agar tetap menggunakan tabir surya saat berada di luar.

 

5. Menjaga kesehatan mata

 

likopen membantu menjaga kesehatan mata

 

Manfaat terakhir dari likopen yaitu menjaga kesehatan indra penglihatan atau mata. Likopen dapat mencegah atau menunda pembentukkan katarak. Selain itu, likopen juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa hingga lansia. 

 

Melihat banyaknya manfaat likopen, seharusnya Anda tidak perlu ragu lagi ya untuk menyajikan resep sup likopen untuk keluarga. Apalagi sup ini dibuat menggunakan Hydro Coco minuman air kelapa asli yang dapat mengganti cairan tubuh, membantu masa penyembuhan, serta mengatasi diare.

 

Maka dari itu, langsung saja yuk dapatkan Hydro Coco di KALCare untuk membuat resep sup likopen. 

kreasi resep hydro coco, sup likopen

 

Anda bisa dapatkan informasi resep untuk menu berbuka puasa serta sahur lainnya melalui Artikel KALCare atau yang dibagikan melalui sosial media Instagram, Facebook, atau Twitter.

 

Salam,

KALCare