Resep Puding Sekoteng Bejo

Resep Puding Sekoteng Bejo

Anda pasti sudah tidak asing dengan minuman sekoteng. Minuman hangat yang satu ini menjadi primadona kuliner pada malam hari terutama pada musim hujan, karena dapat menghangatkan badan. Nah tapi tahukah Anda, bahwa minuman ini aslinya bukan berasal dari Indonesia lho. Lalu dari mana ya?

 

Sekoteng yang berasal dari Tiongkok

 

sejarah minuman sekoteng

 

Ternyata, minuman yang di dalamnya terdapat aneka macam isian ini berasal dari Tiongkok lho Fams. Sekoteng berasal dari bahasa Hokkian yang sukothung, dengan arti sup 4 buah-buahan. Awalnya minuman ini berisi 4 buah yang dikeringkan yaitu kacang amandel, biji jali, biji teratai, dan lengkeng. Sekoteng bisa juga berasal dari bahasa Tiongkok shigouteng. Shi memiliki arti 10, guo artinya buah, dan teng artinya sup atau kuah. Angka 10 ini bukan berarti sepuluh macam buah, tetapi untuk memaknai buah yang banyak.

 

Di Tiongkok, sekoteng sudah dikonsumsi sejak masa pemerintahan Dinasti Qin sekitar tahun 221 hingga 206 sebelum masehi, pada waktu itu, Kaisar Qin Shi Huang merasa kesehatannya meningkat setelah meminum sekoteng. Tidak hanya sekadar itu, Kaisan Qin juga merasa tubuhnya lebih hangat dan pencernaannya menjadi lebih baik.

 

Sukothung atau shiguoteng ini dibawa oleh orang-orang Tiongkok ke Indonesia, dan namanya pun dilafalkan menjadi sekoteng. Isian dari makanan ini juga berbeda, karena disesuaikan dengan buah dan biji yang ada di Indonesia. Dalam budaya Jawa, sekoteng sendiri merupakan singkatan dari nyokot weteng yang artinya menggigit perut. Orang Jawa pada waktu itu membuat sekoteng dari rebusan gula merah dan jahe, kemudian diisi dengan kacang tanah, kacang hijau, potongan roti tawar, dan pacar cina atau biji mutiara yang berwarna merah muda.

 

Baik di Tiongkok atau di Indonesia, sekoteng masih banyak ditemukan. Tetapi di Tiongkok, sekoteng disajikan sebagai minuman hangat pada musim dingin. Sedangkan pada musim panas, sekoteng disajikan sebagai minuman dingin dengan es batu. Kalau di Indonesia, minuman ini kebanyakan dijual pada malam hari atau pada musim hujan untuk menghangatkan badan.

 

Agar Anda tidak bosan dengan minuman sekoteng, bagaimana kalau sekoteng dibuat dalam bentuk makanan? Wah pasti unik sekali ya. Nah, KALCare punya nih resep kreasi sekoteng dalam bentuk puding dengan menggunakan Bejo Jahe Merah. Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Puding Sekoteng Bejo

 

Bahan puding:

1 bungkus agar-agar plain

2 bungkus Bejo Jahe Merah

900 ml air matang

9 sdm susu kental manis

2 lembar roti tawar

Segenggam kacang tanah yang sudah disangrai

2 sdm santan kental

 

Bahan toping:

4 sdm agu mutiara

Daun pandan secukupnya

4 sdm gula pasir

Air secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Sebelum membuat puding, Anda buat terlebih dahulu sagu mutiara dengan merebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan sagu mutiara, aduk sesekali dan masak hingga warna sagu mutiara transparan. Selama proses masak, tambahkan air hangat jika air menyusut.
  3. Saat sagu mutiara sudah transparan, masukkan air matang sampai setengah panci, diamkan sagu mutiara sekitar 15 menit, kemudian saring.
  4. Pada wadah lain, larutkan gula, air, dan pandan, lalu masak hingga mendidih.
  5. Masukkan sagu mutiara yang sudah disaring, kemudian masak sebentar hingga teksturnya sedikit mengental. Sagu mutiara telah siap digunakan.
  6. Lanjutkan membuat puding dengan mencampur 2 saset Bejo Jahe Merah dalam wadah berisi air.
  7. Tambahkan susu kental manis dan santan, aduk hingga rata.
  8. Pada wadah lain, larutan bubuk agar-agar dengan air. Pastikan tidak ada yang menggumpal.
  9. Lalu campurkan adonan puding dengan adonan Bejo Jahe Merah, aduk rata.
  10. Rebus agar-agar sampai mendidih dan matang. Jangan lupa untuk diaduk sesekali.
  11. Sambil merebus puding, Anda dapat merobek-robek roti tawar, dan memasukkannya ke dalam wadah puding beserta kacang tanah sangrai.
  12. Jika puding sudah matang, masukkan ke wadah puding. Tunggu hingga uap panasnya menghilang baru masukkan ke dalam kulkas untuk dibekukan.
  13. Jika sudah mengeras, tambahkan puding dengan sagu mutiara di atasnya. Puding Sekoteng Bejo siap untuk disajikan.

 

Tidak sulit bukan Fams untuk membuat Puding Sekoteng Bejo? Segera coba dibuat di rumah ya. Jangan lupa, beli Bejo Jahe Merahnya hanya di sini ya Fams. Share juga pengalaman Anda membuat resep ini pada sosial media KALCare.

 

kreasi resep dengan Bejo Jahe Merah

 

Salam,

KALCare

 

 

Sumber:

Instagram @GenerasiBejo

https://bobo.grid.id/read/08679790/sekoteng-ternyata-merupakan-minuman-asal-tiongkok