Resep Puding Nasi Merah


Resep Puding Nasi Merah

Resep Puding Nasi Merah

Perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya dirayakan dengan beberapa santapan spesial. Tetapi sayangnya, makanan spesial di hari rata-rata tidak baik bagi penderita diabetes. Sehingga perlu makanan khusus bagi diabetesi untuk menjaga kadar gula darah. Untuk itu, berikut ada resep yang cocok bagi diabetesi, yaitu Nasi Puding Merah. Yuk langsung saja simak resepnya berikut ini.

 

Resep Nasi Puding Merah

 

Bahan:

8 sdm Diabetasol Powder rasa vanila

600 ml air

12 sdm beras merah

3 saset Diabetasol Zero Calorie Sweetener

¼ sdt garam

50 gr almond cincang, sangrai

Sejumput kayu manis bubuk

Cooking spray

 

Cara membuat:

  1. Panaskan terlebih dahulu oven hingga 175 derajat celcius.
  2. Siapkan wadah panggangan dengan ukuran 2 liter, kemudian lapisi permukaan dengan cooking spray.
  3. Lalu campurkan Diabetasol Powder rasa vanila, air, beras merah, Diabetasol Zero Calorie Sweetener, dan garam. Lalu tuang ke dalam adonan.
  4. Tutup dan panggang selama sekitar 2 jam atau hingga nasi merah menjadi lembut, sambil diaduk sesekali.
  5. Diamkan, kemudian tutup selama 30 menit hingga adonan mengental.
  6. Jika sudah, sajikan selagi hangat dengan diberikan taburan bubuk kayu manis dan almond cincang untuk setiap porsi.

 

Itulah cara mudah untuk membuat makanan sehat bagi penderita diabetes. Maka dari itu, Anda terlebih dahulu perlu menyiapkan Diabetasol Powder dan Diabetasol Zero Calorie Sweetener dengan mudah di sini. Selain itu, simak beberapa manfaat nasi merah bagi penderita diabetes.

 

kreasi resep sehat diabetesi dengan Diabetasol kreasi resep sehat dengan Diabetasol Zero Calorie Sweetener

 

1. Tinggi serat

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi bahkan dibandingkan dengan beras putih. Di dalam tubuh serat berperan sebagai penghambat glukosa dalam darah. Sehingga dengan mengonsumsi beras merah mengurangi risiko kenaikan gula darah di dalam tubuh. Hal ini tentu penting bagi penderita diabetes. Karena serat di dalam beras merah dapat memindahkan sisa limbah makanan dalam saluran cerna, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

 

manfaat beras merah untuk diabetesi

 

2. Kaya vitamin dan mineral

Beras merah ternyata kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam beras merah adalah vitamin B, zat besi, kalsium, dan zink. Selain itu terdapat juga selenium dan magnesium. Selenium berperan dalam enzim antioksidan dan memengaruhi fungsi tiroid. Sedangkan magnesium dapat membantu membangun tulang yang kuat serta terlibat dalam reaksi enzim dalam membantu sintesis DNA dan protein yang diperlukan kontraksi otot serta saraf.

 

3. Indeks glikemik rendah

Manfaat terakhir beras merah untuk diabetes adalah indeks glikemik yang rendah. Berdasarkan Harvard School of Public Health, indeks glikemik memengaruhi kecepatan serta banyaknya makanan yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh seseorang setelah makan. Pada beras putih, rata-rata indeks glikemiknya 64, dan termasuk kategori sedang. Apalagi nasi putih dicerna lebih cepat dan diubah menjadi gula darah yang membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin. Sedangkan pada beras merah, indeks glikemiknya 50 dan termasuk dalam kategori rendah dan dipecah menjadi glukosa jauh lebih lambat.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-beras-merah-untuk-penderita-diabetes/