Resep Oat Pisang


Resep Oat Pisang

Resep Oat Pisang

Memasuki libur panjang, paling enak memang melakukan perjalanan wisata bersama keluarga. Tetapi di masa pandemik covid-19 kali ini, sebaiknya Anda menunda perjalan, serta melakukan aktivitas positif di rumah. Misalnya mencoba berbagai resep makanan sehat untuk keluarga di rumah.

 

Untuk Anda, KALCare akan memberikan referensi masakan sehat yang bisa Anda coba di rumah sebagai upaya menjaga kesehatan dari makanan yang dikonsumsi. Kali ini, Anda bisa mencoba Resep Oat Pisang yang tinggi akan serat. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Oat Pisang

 

kreasi resep sarapan tinggi serat oat pisang

 

Bahan:

½ gelas oat

¼ sdt garam

250 ml susu pilihan

¼ gelas air

1 buah pisang besar

Gula sesuai selera

 

Cara membuat:

  1. Haluskan terlebih dahulu buah pisang.
  2. Siapkan panci, kemudian masak oat, garam, susu, air, dan buah pisang yang sudah dihaluskan, dengan menggunakan api sedang. Masak semua bahan tersebut hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, aduk sesekali untuk mecegah lengket atau meluap karena mendidih, hingga bahan mengental.
  4. Tambahkan gula secukupnya, sesuai dengan selera Anda.
  5. Tuang oat pisang ke dalam mangkuk, sajikan selagi hangat.

 

Mudah sekali bukan membuat makanan sehat ini? Oat pisang cocok dijadikan sebagai menu sarapan Anda. Sebab, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi oat sebagai menu sarapan.

 

ketahui manfaat oat sebagai menu sarapan

 

1. Kaya nutrisi

Perlu Anda tahu, mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh kering dapat memberikan 4 gram serat yang mengisi 14 persen dari target minimum harian. Karbohidrat pada oatmeal juga mengandung spektrum vitamin dan mineral yang luas. Di antaranya zat besi, magnesium,, seng, selenium, vitamin B, kalsium, dan kalium.

 

2. Kaya akan antioksidan

Oat menghasilkan senyawa yang disebut sebagai polifenol. Berdasarkan studi dari Food Research International, polifenol memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, polifenol juga dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung serta stroke.

 

3. Makan tinggi serat

Oatmeal termasuk sebagai jenis makanan yang tinggi kandungan serat. Serat yang terdapat di dalam oatmeal dikenal sebagai beta-glukan yang terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi konsentrasi kolesterol dan gula darah. Beta-glukan juga berfungsi sebagai antioksidan, yang berperan sebagai perlindungan penyempitan pembuluh darah serta penyakit penurunan saraf seperti alzheimer.

Selain itu, Anda juga menambah asupan serat melalui Nutrive Fibershot. Nutrive Fibershot merupakan minuman yang tinggi akan serat karena terbuat dari 16 sari buah dan sayur. Sehingga dapat membantu Anda melancarkan buang air besar, menurunkan risiko terkena wasir, membuat kenyang lebih lama, hingga mengurangi risiko terkena penyakit stroke, kanker usus, dan diabetes tipe 2. Anda bisa mendapatkan Nutrive Fibershot dengan mudah di sini.

penuhi kebutuhan serat dengan Nutrive Fibershot

 

4. Menjaga berat badan

Sarapan oatmeal pada pagi hari dapat membantu Anda mengendalikan berat badan. Memakan oatmeal pada pagi hari dapat menjaga agar Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari keinginan untuk ngemil. Oat yang merupakan serelia utuh dapat membantu mengontrol berat badan dengan mendukung metabolisme tubuh. Seperti hasil penelitian dalam jurnal Nutrition Research, orang yang mengonsumsi oatmeal secara teratur memiliki bobo tubuh yang lebih rendah, lingkar pinggang yang kecil, serta indeks massa tubuh yang rendah. Mereka juga memiliki skor tinggi pada indeks makanan sehat yang menjadi ukuran kualitas makanan secara keseluruhan.

 

5. Melindungi kesehatan seluruh tubuh

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan European Journal of Preventive Cardiology, oatmeal memiliki manfaat dalam melindungi organ penting di dalam tubuh. Sebab oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, oatmeal juga dapat mencegah berbagai penyakit berat lainnya yang tinggi akan risiko kematian.

 

Itulah manfaat serta resep oatmeal sebagai sarapan. Ayo, tetap pantau berbagai resep makanan sehat lainnya dari KALCare. Dan jangan lupa untuk beli nutrisi kesehatan keluarga mulai dari susu anak, hingga nutrisi serat harian keluarga hanya di KALCare E-Store.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram @Nutrivefibershot

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/19/164714620/5-manfaat-konsumsi-oatmeal-untuk-sarapan?page=all