Resep MPASI: Bubur Biskuit Umbi Bit


Resep MPASI: Bubur Biskuit Umbi Bit

Resep MPASI: Bubur Biskuit Umbi Bit

Bunda, ingin memberikan variasi nutrisi untuk Si Kecil? Tenang, KALCare kembali memberikan resep untuk membuat MPASI & makanan berkualitas. Kreasi MPASI kali ini akan menggunakan Milna Biskuit Bayi yang dicampurkan dengan umbi bit. Nah, daripada penasaran, langsung saja disimak bahan-bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

 

Resep MPASI Bubur Biskuit Umbi Bit

 

resep MPASI bubur biskuit umbi bit

 

Bahan:

2 buah Milna Biskuit Bayi Original

7,5 g tomat

12,5 g umbi bit

10 gr brokoli

175 ml kaldu daging sapi

 

Cara membuat:

  1. Pertama potong tomat dan brokoli kecil-kecil.
  2. Potong juga umbi bit secara terpisah.
  3. Kemudian panaskan kaldu sapi sampai mendidih.
  4. Setelah kaldu mendidih, tuang potongan tomat dan brokoli.
  5. Kemudian tambahkan potongan umbi bit, masak hingga semua bahan matang.
  6. Sambil menunggu, potong-potong atau pecahkan Milna Biskuit Bayi Original dan letakkan pada mangkuk saji.
  7. Kemudian, angkat bahan-bahan yang sudah matang. Lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit kaldu sapi dan blender hingga semua bahan menjadi halus.
  8. Tuang bahan yang sudah dihaluskan ke potongan Milna Biskuit Bayi Original, kemudian lumatkan dengan menggunakan punggung sendok.
  9. Bubur Biskuit Umbi Bit siap untuk disajikan.

 

Bagaimana, mudah bukan Bun membuat MPASI Bubur Biskuit Umbi Bit untuk Si Kecil? Walaupun mudah, manfaat dari MPASI ini luar biasa lho Bun. karena MPASI ini menggunakan bahan umbi bit. Umbi yang berwarna merah ini memiliki banyak manfaat berikut ini:

1. Mencegah anemia

Umbi bit memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah bayi terkena anemia. Sebab zat besi membantu produksi sel darah merah untuk mengantarkan oksigen dengan baik ke beberapa bagian tubuh. Lalu zat besi juga baik untuk menstabilkan tekanan darah.

 

2. Melancarkan pencernaan bayi

Bit yang termasuk dalam jenis umbi-umbian sangat kaya akan serat. Di dalam tubuh, serat diperlukan untuk melancarkan pencernaan bayi. Jika mengonsumsi secara rutin, umbi bit dapat meningkatkan kinerja lambung dan usus sehingga dapat mencegah sembelit pada Si Kecil.

 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Umbi bit memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Manfaat ini bisa didapatkan karena bit juga kaya akan antioksidan. Seperti yang Bunda tahu, antioksidan merupakan zat yang dapat menjaga bahkan memperbaiki sistem kekebalan tubuh dari hari ke hari. Tentu ini akan sangat bermanfaat apalagi saat ini tengah terjadi penyebaran covid-19 di Tanah Air.

 

4. Membersihkan racun di dalam tubuh

Umbi bit memiliki kemampuan untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Terutama racun yang berada pada kantong empedu dan ginjal. Manfaat bit untuk membersihkan ginjal dapat lebih maksimal jika digabungkan dengan mentimun dan wortel.

 

5. Mengoptimalkan pertumbuhan otak

Manfaat umbi bit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan penyerapan oksigen, akan membuat otak Si Kecil dapat berfungsi dengan baik. Peningkatan aktivitas otak pada masa pertumbuhan dapat mengoptimalkan perkembangan otak Si Kecil sejak dini. Dengan begitu Si Kecil akan lebih cepat belajar dan menangkap hal-hal baru yang lingkungan sekitarnya.

 

6. Melindungi organ hati

Mengonsumsi umbi bit secara rutin dapat menurunkan risiko bayi terserang penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada organ hati. Perlu Bunda tahu, gangguan pada organ hati tidak hanya terjadi pada usia dewasa. Tetapi dapat juga terjadi pada bayi dan anak-anak seperti penyakit kuning dan hepatitis.

 

7. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi

Umbi bit memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kedua kandungan ini sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Tidak hanya sekadar itu, tulang Si Kecil akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah keropos sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

 

Itulah beberapa manfaat umbi bit bagi kesehatan Si Kecil jika dijadikan sebagai MPASI. Tetapi Bunda juga tetap bisa memberikan makanan sehat untuk anak melalui Milna yang bisa didapatkan dengan mudah di sini. Karena Milna mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya yang dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

 

kreasi MPASI sehat dengan Milna Biskuit Bayi

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.popmama.com/baby/7-12-months/winda-carmelita/manfaat-buah-bit-untuk-kesehatan-bayi/5

https://www.ibudanbalita.com/artikel/inilah-manfaat-tersembunyi-dalam-buah-bit