Resep Minuman Sehat: Chia Seed Spices


Resep Minuman Sehat: Chia Seed Spices

Resep Minuman Sehat: Chia Seed Spices

Fams, sudah mulai memasuki musim hujan nih. Bahkan beberapa daerah sudah mengalami bencana banjir akibat hujan deras. Maka dari itu perlu nih melakukan persiapan khusus selama musim hujan. Misalnya seperti payung, jas hujan, hingga pakaian hangat agar tidak merasakan dingin akibat hujan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

 

Terkait dengan musim hujan, persiapan daya tahan tubuh juga penting lho Fams. Sebab biasanya terdapat beberapa penyakit yang terjadi pada musim hujan. Sebut saja seperti flu, demam berdarah, diare, hingga tifus. Padahal saat ini Indonesia sendiri masih mengalami pandemi covid-19 yang bertambah kasus positif tiap harinya.

 

Jaga daya tahan tubuh dengan minuman hangat selama musim hujan

 

Maka dari itu, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minumanĀ  yang sehat dan bergizi. Untungnya sejak jaman dahulu, masyarakat Indonesia banyak memanfaatkan bahan rempah sebagai bumbu dalam mengolah makanan dan minuman. Rempah dipercaya sebagai bahan alami untuk menjaga daya tahan tubuh serta dapat menghangatkan badan. Misalnya saja seperti daftar minuman khas Indonesia berikut ini yang tentunya sangat pas jika dinikmati selama musim hujan.

1. Bandrek

 

minuman bandrek untuk hangatkan di musim hujan

 

Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat, khususnya Priangan, Bogor, dan Cirebon, Anda akan sangat mudah menemukan penjual bandrek. Minuman yang satu ini memiliki bahan utama yaitu jahe dan gula merah. Bahkan bandrek saat ini bisa Anda nikmati dengan mudah dalam bentuk bubuk instan yang banyak dijual dipasaran. Atau Anda bisa juga mendapatkan bandrek yang masih berbentuk rempah asli di dalam kemasan.

 

2. Sekoteng

Minuman yang satu ini mungkin paling banyak ditemui pada beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, atau daerah Ibukota Jakarta. Sebab sekoteng banyak dijual oleh pedagang keliling. Minuman sekoteng terbuat dari air jahe dengan isian roti, kacang tanah, kacang hijau, susu, dan kolang-kaling atau sagu mutiara mutiara.

 

3. Wedang Secang

 

hangatkan badan dengan wedang secang

 

Wedang secang merupakan minuman rempah khas Jawa barat Fams. minuman rempah ini terbuat dari kayu secang, jahe, sereh, kayu manis dan kapulaga. Ciri khas dari minuman ini adalah warnanya yang merah karena menggunakan kayu secang.

 

4. Bir kotjok

Saat membaca namanya, jangan berpikir bahwa ini minuman beralkohol ya Fams! Soalnya minuman khas Kota Hujan, alias Bogor ini malah memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Bir kotjok terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkih, dan gula merah. Namun sayangnya, minuman yang satu ini sulit untuk ditemukan karena saat ini hanya sedikit penjual yang menjual bir kotjok.

 

5. Bir pletok

 

minuman hangat khas betawi bir pletok

 

Satu lagi nih Fams, minuman bernama bir tapi tidak memabukkan, yaitu bir pletok. Bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang tidak hanya menghangatkan, tetapi juga menyehatkan dan nikmat rasanya. Bir pletok terbuat dari jahe, pandan wangi, sereh, dan secang. Hampir sama dengan bandrek, bir pletok juga hadir dalam bentuk kemasan serbuk.

 

Nah, selain 5 minuman di atas, KALCare juga punya lho referensi minuman rempah yang bisa Anda buat sendiri di rumah, yaitu Chia Seed Spices. Penasaran? Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Chia Seed Spices

(8 porsi)

 

Bahan:

2 liter air kelapa muda

3 batang serai

2 lembar daun pandan

2 ruas jahe, panggang

15 butir cengkih, sangrai

1 batang kayu manis, sangrai

50 gr H2 Gula Kelapa

50 gr gula pasir

5 sdm H2 Chia Seed, rendam dalam air selama 30 menit, saring

 

Cara membuat:

  1. Siapkan panci untuk merebus air kelapa muda, serai, daun pandan, jahe, cengkih, kayu manis, H2 Gula Kelapa, dan gula pasir.
  2. Masak bahan tersebut hingga mendidih sambil diaduk rata.
  3. Jika sudah mendidih, tuang ke dalam gelas saji sambil disaring.
  4. Terakhir tambahkan H2 Chia Seed ke dalam gelas. Chia Seed Spices siap untuk disajikan.

 

Mudah sekali bukan untuk membuatnya? Chia Seed Spices ini tidak kalah nikmat lho disantap pada musim hujan. Jika Anda hendak mencoba, jangan lupa beli H2 Gula Kelapa dan H2 Chia Seed-nya di sini ya.

 

kreasi minuman hangat dengan H2 Chia Seedkreasi minuman hangat dan sehat dengan H2 Gula kelapa

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @H2_healthandhappiness

https://travel.kompas.com/read/2018/01/07/111600027/ini-10-minuman-tradisional-indonesia-yang-cocok-di-musim-hujan?page=all