Resep Minuman Segar Tradisional Indonesia: Wedang Secang, Si Minuman untuk Musim Penghujan

Resep Minuman Segar Tradisional Indonesia: Wedang Secang, Si Minuman untuk Musim Penghujan

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, terutama rempah-rempah, Indonesia terkenal dengan racikan minuman segarnya. Banyak minuman tradisional yang resepnya sudah diwariskan secara turun temurun, dan menjadi favorit karena rasa dan aromanya yang memikat, serta penampilannya yang menggugah selera. Misalnya saja, es cendol dan es teler, atau minuman hangat seperti bajigur dan sekoteng.

 

Memasuki musim penghujan, minuman hangat banyak menjadi pilihan, terutama ketika tubuh basah sehabis dibanjur hujan. Setelah kehujanan, kadang tubuh merasa tidak enak. Nah, minuman hangat, selain dapat membantu menenangkan pikiran, juga baik untuk tubuh, terutama bila dikombinasikan dengan rempah-rempah. Banyak yang memilih minuman hangat yang rasanya manis, seperti teh hangat atau coklat panas. Tetapi, ada juga yang senang dengan minuman hangat yang rasanya segar, seperti wedang ronde atau sekoteng.

 

Salah satu minuman segar yang kaya akan rempah dan biasa disajikan hangat adalah wedang secang. Minuman ini merupakan minuman tradisional asli Keraton Yogyakarta yang selalu disajikan untuk menjamu para tamu raja. Warna merah dari kayu secang akan segera menarik minat Anda, dan begitu Anda menyesapnya, Anda juga akan mendapatkan rasa hangat yang menenangkan. Wedang secang banyak dijual dalam kemasan plastik bersama rempah-rempah lain. Bahkan, kini ada juga yang menjual dalam bentuk celup serupa teh.

 

Namun, untuk Anda yang ingin bereksperimen sendiri di dapur untuk membuat minuman segar yang bisa Anda sajikan bagi keluarga, berikut ini kami tampilkan resepnya, ya. Sebenarnya tidak sulit kok, untuk meracik wedang secang sendiri. Lebih mudah lagi, karena bahan-bahannya banyak terdapat di sekitar kita. Langsung kita lihat resepnya, yuk:

 

Bahan:

Kayu secang 1 genggam tangan

Cengkeh 5 biji

Kayu manis ½ ukuran jari

Kapulaga 5 biji

Jahe 1 ukuran jari

Sereh 2 batang

Air 1000 ml

 

 

Cara membuatnya:

Bersihkan dan cuci semua bahan.

Bakar jahe, lalu memarkan. Memarkan juga sereh.

Rebus air dengan api kecil bersama semua bahan.

Tunggu hingga mendidih, berwarna merah, dan tercium harum rempah.

Hidangkan bersama dengan gula batu atau madu

 

 

Untuk menjadikan minuman segar ini semakin menyegarkan, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis atau sari buah jeruk. Khasiat rempah yang menghangatkan tubuh, berpadu dengan manfaat jeruk, akan baik bagi tubuh Anda. Jadi, siapa lagi yang takut musim hujan

 

 

 

Salam,

KALBE Store