Resep Minuman: Pina Cocolada

Resep Minuman: Pina Cocolada

Buah merupakan salah satu sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan. Dari berbagai jenis yang ada, buah nanas termasuk buah yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus. Rasanya yang asam manis juga membuat Anda dapat menikmati buah yang identik dengan berwarna kuning ini segar jika dikonsumsi.

 

Manfaat buah nanas bagi kesehatan

 

ketahui manfaat buah nanas untuk kesehatan

 

Buah nanas memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, karbohidrat, kalium, sodium, dan protein. Oleh karena kandungan nutrisi tersebut, nanas memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. berikut ini adalah daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah nanas.

 

1. Menangkal penyakit

Menurut Health Line, buah dengan bentuk yang unik ini kaya akan antioksidan berupa flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan merupakan molekul yang membantu Anda dalam melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Di dalam tubuh, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sehingga menyebabkan peradangan kronis. Apalagi antioksidan di dalam buah nanas terikat, sehingga dapat memberikan efek tahan lama di dalam tubuh.

 

2. Membantu proses pencernaan

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang baik untuk pencernaan. Bromelain berfungsi sebagai protease, yang dapat memecahkan molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil. Dengan begitu, protein dapat mudah diserap oleh usus kecil. Maka dari itu nanas cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami kekurangan pankreas. Karena kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi enzim pencernaan yang cukup.

 

3. Mengurangi risiko kanker

Radikal bebas juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanas mengandung senyawa bromelain yang dapat mengurangi radikal bebas, sehingga mengurangi juga risiko kanker. Menurut penelitian, bromelain dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan menstimulasi kematian sel.

 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu manfaat yang satu ini sangat dibutuhkan pada masa pandemi covid. Buah ini mengandung bermacam-macam vitamin, mineral, dan enzim yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan peradangan. Sehingga tidak heran jia manfaat buah nanas ini sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman dulu kala untuk melawan virus dan bakteri.

 

5. Mengatasi masalah radang sendi

Bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi, dianggap dapat meredakan sakit pagi penderita radang sendi atau arthritis. Bahkan berdasarkan penelitian tahun 1960-an, bromelain dimanfaatkan untuk meredakan gejala rematik.

Cara nikmat mengonsumsi buah nanas

 

Setelah mengetahui manfaat tersebut, seharusnya Anda tidak ragu ya untuk mengonsumsi buah nanas. Buah yang satu ini juga tidak termasuk buah yang sulit untuk didapatkan lho Fams. Sehingga Anda dapat mengonsumsinya dengan membuat sebagai minuman Pina Cocolada berikut ini.

 

Resep Pina Cocolada

 

kreasi resep Hydro Coco Pina Cocolada

 

Bahan:

500 ml Hydro Coco

30 gr daging buah nanas, potong-potong dan bekukan

300 ml jus nanas kemasan

500 gr daging kelapa muda, haluskan dan bekukan

½ sdt garam

 

Cara membuat:

  1. Siapkan blender untuk menghaluskan serta mencampurkan Hydro Coco, buah nanas, jus nanas, daging kelapa muda, dan garam.
  2. Jika sudah halus, tuang ke dalam gelas saji.
  3. Pina cocolada siap disajikan selagi dingin.

 

Mudah sekali kan Fams untuk mengolah buah nanas? Jangan lupa ya, bahan Hydro Coco-nya bisa Anda beli dengan mudah di sini. Yuk langsung saja dicoba resepnya di rumah. Jangan lupa, sharing pengalaman membuat makanan dan minuman sehat referensi dari KALCare pada akun sosial media!

 

kreasi makanan dan minuman sehat dengan Hydro Coco

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @Hydrococo_id

https://health.kompas.com/read/2020/07/16/073100668/7-manfaat-nanas-untuk-kesehatan?page=all