Resep Mashed Potatoes Rasa Jeruk


Resep Mashed Potatoes Rasa Jeruk

Resep Mashed Potatoes Rasa Jeruk

Hai Bunda! Kali ini, KALCare kembali memberikan resep untuk kreasi MPASI Si Kecil. Resep Mashed Potatoes Rasa Jeruk ini diformulasikan untuk anak berusia 9-12 bulan ya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? 

Yuk langsung saja disimak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

 

Mashed Potatoes Rasa Jeruk

(2 Porsi)

 

 

 

 

 

 

 

Bahan:

 

45 gr Milna Biskuit Bayi Jeruk, tumbuk kasar

300 gr kentang, kukus lalu haluskan

20 gr buah persik, potong dadu kecil-kecil

250 ml air perasan jeruk manis / baby orange

 

Cara membuat:

 

  1. Campurkan Milna Biskuit Bayi Jeruk dengan kentang yang sudah dihaluskan.
  2. Tuang air perasan jeruk manis, aduk hingga biskuit lumat.
  3. Tambahkan potongan buah persik, aduk kembali hingga MPASI rata.
  4. Tuang Mashed Potatoes ke dalam mangkuk saji, hidangkan segera.

 

 

Perlu Anda tahu, kentang sangat baik lho untuk dijadikan MPASI bagi si buah hati. Sebab, menurut U.S Food and Drug Administration, kentang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Pada 1 buah kentang sedang, terdapat vitamin C, A, Folat, Potassium, Magnesium, Fosfor, Kalsium, Protein, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini merupakan manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan dengan mengonsumsi kentang.

1. Mencegah radikal bebas

 

Senyawa antioksidan yang tinggi terdapat dalam kentang seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa tersebut dapat menetralkan molekul bahaya akibat radiasi bebas. Sehingga anak Anda dapat terhindar dari risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker di masa mendatang. 

 

2. Menurunkan gula darah

 

Penyakit gula darah juga bisa dialami oleh Si Kecil lho! Sehingga buang anggapan bahwa penyakit ini hanya terjadi pada orang dewasa. Untuk itu, konsumsi kentang pada buah hati Anda akan membantu dalam menurunkan kadar gula darah. 

 

3. Asupan vitamin dan mineral

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Selain itu, kentang juga mengandung lemak, karbohidrat, dan serat. Sehingga dengan mengonsumsi kentang, maka kebutuhan nutrisi Si Kecil dapat dipenuhi dengan seimbang. 

 

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

 

Pati di dalam kentang sangat kaya serat. Sehingga dapat membantu untuk melancarkan pencernaan Si Kecil. Lalu pati juga mampu untuk memperkuat pertahanan usus besar hingga mengurangi risiko terjadinya kanker kolorektal yang tumbuh di usus besar. 

 

5. Menjaga kesehatan organ hati

 

Hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang bekerja sebagai penawar racun, mengatur sirkulasi hormon, dan menjaga komposisi dalam darah. Hati juga berfungsi untuk memproduksi empedu sehingga membantu pencernaan lemak. Kandungan dalam kentang dapat menjaga kesehatan organ hati pada anak agar lebih maksimal.

 

6. Mengurangi infeksi

 

Beberapa jenis kentang memiliki kandungan anthocyanin yang sangat kaya. Anthocyanin merupakan zat kimia yang terbukti memiliki khasiat untuk menangkal infeksi. Sehingga dengan mengonsumsi kentang, anak dapat terhindar dari infeksi yang rentan terkena pada bayi seperti influenza.

 

7. Membuat kulit bersinar

 

Kandungan vitamin C, B6, potassium, magnesium, zinc, dan fosfor dapat membantu kulit menjadi lembut. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Vitamin ini juga dapat memproduksi kolagen sehingga menunda kerutan dan melindungi kulit secara menyeluruh. 

 

 

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil dengan mengonsumsi kentang? Yuk langsung saja dibuat Mashed Potatoes Rasa Jeruk yang dibuat dengan bahan dasar Milna Bubur Bayi. Oya, saat mengupas kentang, pastikan Anda mengupas kulitnya sedikit tebal. Sebab kulit yang masih berwarna kehijauan seringkali mengandung racun solanin yang berbahaya bagi kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan MPASI instan dan makanan berkualitas Milna Bubur Bayi di sini. Temukan juga produk MPASI berkualitas Milna lainnya karena KALCare menjual makanan bayi, cemilan sehat untuk anak terbaik online.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber: 

Instagram : @milnaid 

Kumparan.com

TheAsianParent.com