Resep Makanan untuk Anak Usia 6 Bulan


Resep Makanan untuk Anak Usia 6 Bulan

Resep Makanan untuk Anak Usia 6 Bulan

Usia anak yang sudah mencapai 6 bulan berarti mulai membutuhkan asupan nutrisi selain dari susu. Makanan apa sajakah yang dapat disajikan sebagai makanan pendamping untuk anak usia 6 bulan? Berikut KALBE Store sajikan resepnya!

 

Apakah anak Anda saat ini sudah berusia 6 bulan? Itu berarti kini saatnya untuk memperkenalkan makanan pendamping selain ASI dan susu formula kepada anak.

 

Makanan pendamping berguna untuk melengkapi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak selain dari susu. Anak akan membutuhkan asupan nutrisi dari makanan lain pada usia 6 bulan ke atas. Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan apakah anak memiliki reaksi alergi terhadap bahan makanan tertentu atau tidak.

 

Berikut beberapa resep yang dapat Anda praktekkan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak melalui makanan pendamping.

 

Bubur Beras merah

Untuk membuat bubur beras merah, yang Anda butuhkan adalah ¼ cangkir beras merah dan susu formula atau ASI. Cara memasaknya yakni tumbuk halus beras merah terlebih dahulu dan campurkan dengan susu. Masak hingga memperoleh kekentalan yang diinginkan.

 

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa langsung menyeduh bubur bayi instant yang memiliki kandungan nutrisi yang sama besarnya.

 

Puree Kacang Polong

Meskipun ukurannya kecil, kacang polong merupakan sumber vitamin A, vitamin C, zat besi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Untuk mengolah kacang polong menjadi puree caranya kukus kacang polong terlebih dahulu.

 

Setelah matang kemudian masukkan dalam blender atau food processor. Tambahkan air untuk melembutkan kacang polong.

 

Puree Alpukat

Alpukat berfungsi dalam tumbuh kembang otak anak. Mengolah puree alpukat cukup mudah, caranya kupas alpukat, cuci bersih, kemudian potong dadu. Blender alpukat dan susu formula untuk menambah cita rasanya.

 

Puree Wortel

Wortel adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin A tinggi yang bermanfaat untuk menjaga indera pengelihatan anak. Cara membuat puree wortel cukup mudah, caranya cuci bersih wortel kemudian kupas dan potong menjadi bagian yang lebih kecil.

 

Rebus wortel hingga matang. Dinginkan wortel terlebih dahulu sebelum memasukkan pada food processor atau blender. Tambahkan air untuk melembutkan wortel.

 

Bubur Daging

Selain mengenalkan buah dan sayur kepada anak berusia 6 bulan, Anda juga dapat mengenalkan daging sebagai makanan pendamping. Daging mengandung zat besi dan protein yang tinggi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

 

Untuk membuat bubur daging, caranya siapkan daging sapi cincang yang sudah direbus hingga matang. Masukkan ke dalam food processor dan tambahkan wortel atau seledri untuk menambah cita rasa.

 

 

 

Salam,

KALBE Store