Resep Kue Tape Kukus

Resep Kue Tape Kukus

Bagi penderita diabetes, menjaga pola makan yang sehat merupakan kunci utama agar tubuh tetap prima. Maka tidak heran jika biasanya penderita diabetes akan diberikan larangan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Tetapi, penderita diabetes sebenarnya tetap dapat mengonsumsi makanan yang enak lho. Dengan syarat, harus dibuat berdasarkan bahan-bahan serta takaran bahan yang sesuai. Misalnya seperti kue tape kukus berikut yang bisa Anda buat sendiri dengan mengikuti resep di bawah ini.

 

Resep Kue Tape Kukus

 

Bahan:

1 saset Diabetasol Zero Calorie Sweetener

150 ml air

4 sdt Diabetasol Powder rasa vanila

200 gr tepung terigu

1 butir telur

100 ml minyak goreng

100 gr tape, haluskan

1 sdt baking powder

1 sdt soda kue

15 keping biskuit

Kertas cup secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Seduh terlebih dahulu Diabetasol Powder dengan air.
  2. Siapkan cetakan bolu kukus, lalu beri alas kertas cup, sisihkan sementara.
  3. Siapkan dandang untuk mengukus.
  4. Masak larutan Diabetasol Powder hingga mendidih. Setelah itu dinginkan lalu tambahkan Diabetasol Zero Calorie Sweetener dan aduk rata.
  5. Campurkan tepung terigu dengan larutan Diabetasol, aduk rata.
  6. Tambahkan telur, aduk, lalu masukkan minyak goreng, aduk rata kembali.
  7. Tambahkan tape, aduk rata, kemudian masukkan baking powder dan soda kue, aduk kembali, lalu diamkan selama 15 menit.
  8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
  9. Angkat kue, hilangkan uap panasnya, lalu tambahkan biskuit sebagai topping di atas kue.
  10. Kue tape kukus siap untuk disajikan.

 

Itulah cara mudah membuat camilan bagi penderita diabetes. Tetapi bukan berarti Anda yang belum menderita diabetes tidak boleh mengonsumsinya lho! Sebab kue tape kukus ini terbuat dari Diabetasol yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun sebagai upaya pencegahan diabetes. Maka Anda bisa mendapatkan Diabetasol serta Diabetasol Zero Calorie Sweetener dengan mudah di sini.

 

kreasi resep dengan DIabetasol  kue tape dengan menggunakan Diabetasol Zero Calorie Sweetener

 

Manfaat tape

 

manfaat tape bagi kesehatan

Sumber: Klikdokter.con

 

Kue tape kukus tidak hanya baik bagi kesehatan karena menggunakan Diabetasol saja lho. Tetapi bahan lainnya yaitu tape dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Yuk, langsung simak saja manfaat tape untuk kesehatan berikut ini.

1. Baik bagi pencernaan

Proses fermentasi pada tape dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan. Sebab, makanan fermentasi dapat membantu merangsang pertumbuhan berbagai bakteri baik di dalam usus yang dikenal sebagai probiotik. Pertumbuhan probiotik ini akan memengaruhi kesehatan usus secara menyeluruh. Bakteri baik juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi dan meredakan gangguan kesehatan pada organ pencernaan. Seperti gangguan diare, perut kemung, dan sembelit.

 

2. Membantu mengontrol tekanan darah

Tape mengandung kalsium yang baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sebab kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Manfaat ini tentu membuat tape menjadi makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya terkait tekanan darah, seperti serangan jantung.

 

3. Sumber karbohidrat

Tape dapat menjadi sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi karena memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah. Sehingga mengonsumsi tape bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam tape juga membuatnya lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu untuk menurunkan berat badan. Sehingga mengonsumsi makanan yang diolah dari bahan tape baik juga bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

 

4. Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari tape adalah untuk mencegah anemia. Anemia merupakan kondisi rendahnya produksi sel darah merah yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mikroorganisme yang terdapat di dalam ragi tape dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 di dalam tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium di dalam tape dipercaya berperan dalam produksi sel darah merah untuk mencegah anemia.

 

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium di dalam tape dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan serta menguatkan tulang. Dengan begitu, tape dapat membantu dalam upaya pencegahan penyakit tulang seperti osteoporosis. Sebab tape tidak hanya mengandung kalsium saja, tetapi juga terdapat fosfor yang dapat membantu menjaga kekuatan serta kesehatan tulang.

 

Itulah 5 manfaat mengonsumsi tape bagi kesehatan. Jadi tunggu apa lagi Fams? Langsung saja yuk dibuat kue tape kukus ini di rumah. Jangan lupa, share pengalaman memasak Anda dengan KALCare melalui sosial media KALCare ya!

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://diabetasol.com/id/resep-masakan-detail/kue-tape-kukus

https://hot.liputan6.com/read/4165170/5-manfaat-tape-singkong-untuk-kesehatan-dan-efek-sampingnya