Resep Kroket Ubi Ungu Ayam Sayuran


Resep Kroket Ubi Ungu Ayam Sayuran

Resep Kroket Ubi Ungu Ayam Sayuran

Fams, siapa di sini yang anaknya sangat menyukai makanan cepat saji? Memang sih, rasa makanan cepat saji enak, tetapi tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan. Nah, untuk mengakali kesukaan anak tersebut, KALCare punya resep makanan yang tidak kalah enak. Yaitu Kroket Ubi Ungu Ayam Sayuran. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk langsung simak resepnya berikut ini.

 

Resep Kroket Ubi Ungu Ayam Sayuran

(Untuk 6 porsi)

 

Bahan:

4 sdm margarin

1 butir bawang bombai kecil, cincang

80 gr tepung ubi ungu

3 botol Morinaga Chil Go rasa Vanila

½ sdt garam

½ sdt merica bubuk

200 gr keju cheddar, parut

2 kuning telur

1 potong dada ayam fillet, rebus, potong dadu kecil

75 gr kacang polong

100 gr wortel, potong dadu kecil, rebus

2 putih telur

Tepung roti secukupnya, untuk memanir

Tepung terigu secukupnya

Minyak secukupnya, untuk menggoreng

 

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, lalu tumis bawang bombai hingga berwarna kuning kecokelatan. Tambahkan tepung ubi ungu, aduk rata, angkat.
  2. Tuang Morinaga Chil Go rasa Vanila, aduk kembali hingga rata, lalu didihkan sebentar di atas api kecil sambil terus diaduk.
  3. Tambahkan garam, merica, dan keju parut.
  4. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan kuning telur, lalu masukkan kembali ke dalam adonan.
  5. Masukkan ayam, kacang polong, dan wortel, aduk. Angkat, dan biarkan bahan menjadi dingin.
  6. Ambil 2 sendok teh adonan, bentuk menjadi segi tiga. Gulingkan adonan ke dalam tepung terigu, celupkan ke putih telur, dan terakhir gulingkan kembali ke dalam tepung roti. Pastikan seluruh permukaan adonan tertutup dengan tepung roti.
  7. Lakukan langkah di atas hingga semua adonan habis, lalu simpan ke dalam lemari es.
  8. Saat hendak dikonsumsi, goreng dengan minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dan tiriskan.

 

Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat resep kroket ubi ungu ayam sayuran? Nah, Fams bisa langsung mencoba membuat di rumah dengan membeli terlebih dahulu Morinaga Chil Go rasa Vanila di sini. Dengan mencoba membuat resep kroket ubi ungu ayam sayuran, Si Kecil bisa mendapatkan manfaat berikut ini.

 

ketahui manfaat ubi ungu untuk kesehatan

 

1. Baik bagi anak dengan obesitas

Ubi ungu memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga baik disajikan kepada anak. Selain itu, ubi ungu tinggi serat pangan, yang membentuk semacam gel pada perut.  Sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi anak.

 

2. Mengandung antioksidan yang tinggi

Ubi ungu diketahui kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin C. Antioksidan memiliki peran dalam membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebab radikal bebas dapat menyebabkan kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.

 

3. Membantu mengontrol gula darah

Di dalam ubi ungu juga terdapat kandungan flavonoid. Bahkan kandungan flavonoid ini sudah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi juga didapatkan ubi ungu dapat mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin pada organ hati.

 

4. Menjaga kesehatan usus

Kandungan karbohidrat di dalam ubi ungu mampu meningkatkan kesehatan usus. Sebab karbohidrat kompleks, dan sumber pati resisten yang baik, tahan terhadap pencernaan. Ubi ungu juga dapat meningkatkan jumlah Bifidobacteria, yaitu sejenis bakteri usus yang menguntungkan dalam simulasi lingkungan usus besar. Bakteri ini berperan sebagai pemecah karbohidrat kompleks dan serat.

 

5. Menurunkan risiko gejala asma

Asma merupakan penyakit radang kronis pada saluran pernapasan. Penelitian menunjukkan asupan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A dan C baik untuk penurunan risiko asma. Ubi ungu adalah sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik. Sehingga dapat membantu dalam menurunkan risiko asma.

 

kreasi resep makanan chil go

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://morinagaplatinum.com/id/resep/kroket-ubi-ungu-ayam-sayuran

5 manfaat ubi ungu untuk kesehatan, jangan lewatkan!