Resep Korean Bulgogi Mashed Potato Creamy


Resep Korean Bulgogi Mashed Potato Creamy

Resep Korean Bulgogi Mashed Potato Creamy

Bunda suka dengan drama Korea? Ya, akhir-akhir ini banyak sekali referensi drama Korea yang dibagikan dalam sosial media kepada masyarakat. Tujuannya untuk mengatasi rasa bosan Anda selama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dilaksanakan.

 

Terkait dengan drama Korea, Anda pasti juga akan menyaksikan makanan-makanan khas yang ditampilkan dalam beberapa episode. Tentunya kemunculan makanan ini menarik rasa penasaran Anda mengenai rasa dan cara membuat makanan untuk santapan keluarga. Salah satu jenis makanan yang cukup tenar adalah bulgogi.

 

Sejarah singkat bulgogi

 

kreasi makanan korea: bulgogi

 

Bulgogi merupakan hidangan dari daging sapi yang diiris tipis dan telah dibumbui, lalu dimasak dengan cara dipanggang. Awalnya, Bulgogi lebih dikenal dengan hidangan maekjeok, pada masa Kerajaan Goguryeo. Kerajaan ini berdiri pada abad 37 SM, dan termasuk sebagai kerajaan awal di Korea. Hidangan maekjeok merupakan sebuah makanan berbentuk sate daging yang dipanggang, tetapi lebih banyak dibuat dengan menggunakan daging babi.

 

Maekjeok kemudian berevolusi menjadi seoryamyeok, yaitu daging sapi yang direndam dalam kaldu dingin. Penyajian seoryamyeok ditambahkan dengan kuah yang bahannya mirip dengan bumbu rendamannya. Pada awal abad ke-20, seoryamyeok kembali berevolusi menjadi neobiani. Neobiani memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bulgogi saat ini. Hanya saja pada waktu itu neobiani tergolong sebagai makanan yang mewah karena banyak dikonsumsi oleh Bangsawan di Korea. Perubahan nama neobiani menjadi bulgogi sendiri terjadi akibat penjajahan Jepang serta kemerdekaan Korea.

 

Walaupun sejarah bulgogi cukup pajang, tidak sulit lho bagi Fams yang ingin mencoba membuatnya di rumah untuk santapan Si Kecil. Maka dari itu, KALCare akan memberikan resep Bulgogi Mashed Potato Creamy dengan bahan Morinaga Chil Go vanila. Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Korean Bulgogi Mashed Potato Creamy

(untuk 3-4 porsi)

 

Bahan:

250 gram daging sapi fillet

1 sdm mentega

Bawang daun secukupnya

Biji wijen secukupnya

 

Bahan bumbu marinasi:

1 sdm saus tiram

1 sdt madu

1sdm minyak wijen

1 sdm kecap manis

1 sdt jahe cincang

2 siung bawang putih cincang

100 gr bawang bombay iris

½ sdt merica

Garam secukupnya

100 ml Morinaga Chil Go rasa vanila

 

Bahan mashed potato:

300 gr kentang, kupas, potong dadu, lalu rebus selama kurang lebih 20 menit, angkat, dan haluskan

1 botol Morinaga Chil Go rasa vanila

2 sdm mentega

½ sdt garam

¼ sdt merica bubuk

 

Bahan pelengkap:

Tumisan sayuran sesuai selera

 

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan bumbu marinasi, aduk hingga rata.
  2. Siapkan daging, lalu campur dengan bumbu marinasi, aduk hingga rata, lalu simpan di dalam lemari es kurang lebih selama 1 jam.
  3. Sebelum mengolah daging, buat mashed potato dengan cara memanaskan Morinaga Chil Go rasa Vanila dengan mentega hingga hangat.
  4. Kemudian tuang kentang yang sudah dihaluskan, dan berikan garam serta merica. Aduk hingga bumbu merata, angkat sisihkan.
  5. Siapkan teflon atau wajan datar, kemudian cairkan mentega untuk menggoreng daging hingga matang.
  6. Angkat daging, lalu taburi dengan wijen dan bawang daun.
  7. Sajikan bulgogi dengan mashed potato serta tumisan sayur untuk disantap Si Kecil.

 

Nah, bagi Fams yang ingin langsung mencoba resep ini, jangan lupa untuk mendapatkan Morinaga Chil Go dengan mudah di sini. Tersedia juga varian Morinaga lainnya lho di KALCare untuk membantu pertumbuhan Generasi Platinum.

 

resep bulgogi dengan Morinaga Chil Go Vanila

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://morinagaplatinum.com/id/resep/korean-bulgogi-mashed-potato-creamy