Resep Kembang Tahu Bejo


Resep Kembang Tahu Bejo

Resep Kembang Tahu Bejo

Memasuki musim hujan, menikmati minuman hangat memang paling nikmat ya Fams. Untungnya Negara kita memiliki berbagai kreasi resep makanan yang cocok untuk disantap selama musim hujan. Salah satunya adalah wedang tahu.

 

Wedang tahu adalah minuman khas dari Semarang yang terdiri dari kembang tahu yang terbuat dari kedelai. Lalu disiram dengan kuah panas yang terbuat dari jahe dan gula merah. Berdasarkan sejarah, wedang tahu sebenarnya berasal dari Cina oleh seorang imigran pada akhir abad ke 19. Karena rasanya yang nikmat dan unik, minuman ini pun cukup menarik perhatian warga setempat, sehingga dijadikan sebagai minuman khas Semarang.

 

sejarah wedang tahu

 

Pembuatan kembang tahu sendiri tidak sulit lho Fams. Hanya membutuhkan sari kedelai, agar-agar, gula, serta garam. Campuran kembang tahu dan kuah membuat minuman yang satu ini memiliki cita rasa yang unik. Sebab ada rasa manis, pedas, dan gurih dari kuah yang dapat menghangatkan badan, serta kembang tahu yang lembut.

 

Nah bagi Anda yang ingin menikmati santapan ini, tidak usah repot-repot mencari keluar. Sebab Anda pun juga bisa membuat kembang tahu ini sendiri di rumah. Sebagai panduan, berikut KALCare berikan resep mudah untuk membuat kembang tahu yang menggunakan Bejo Jahe Merah.

 

Resep Kembang Tahu Bejo

 

Bahan:

400 ml susu kedelai

300 ml air

1 sdt bubuk agar-agar

1 sdm gula pasir

Garam secukupnya

 

Bahan Kuah:

200 ml air

100 gr gula merah

1 saset Bejo Jahe Merah

 

Cara membuat:

  1. Pertama, buat dahulu kembang tahu. Campurkan semua bahan ke dalam panci, masak sambil diaduk terus, hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, matikan kompor, hilangkan uap panas, lalu masukkan ke dalam cetakan.
  3. Biarkan kembang tahu mengeras.
  4. Sambil menunggu, buat kuah dengan memasak air dan gula merah sampai gula larut dan mendidih.
  5. Angkat, lalu tambahkan 1 saset Bejo Jahe Merah, aduk-aduk sampai rata.
  6. Potong kembang tahu, kemudian siram dengan kuah.

 

Bagaimana, mudah sekali bukan untuk membuat resep kembang tahu Bejo. Yuk langsung saja coba buat resepnya Fams! Jangan lupa untuk mendapatkan Bejo Jahe Merah dengan mudah di sini ya. Atau Anda bisa mencoba varian lain dari Bejo, yaitu Bejo Susu Jahe Merah. Oya, sharing juga pengalaman Anda membuat resep ini pada sosial media, dengan menautkan KALCare ya!

 

kreasi kembang tahu dengan bejo jahe merah

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @GenerasiBejo

http://www.negerikuindonesia.com/2015/05/wedang-tahu-minuman-tradisional-dari.html