Resep Homemade Chocolate Jam

Resep Homemade Chocolate Jam

Fams tahu kan kalau pagi hari sebaiknya perut diisi dengan sarapan? Nah ada banyak sekali lho pilihan makanan yang bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan bersama keluarga. Misalnya seperti roti yang dioleskan selai cokelat.

 

Memang sarapan roti dengan selai cokelat bukanlah budaya asli dari Indonesia, melainkan dari budaya barat. Tetapi nyatanya banyak masyarakat Indonesia yang menyukai sarapan roti dengan selai cokelat pada pagi hari. Bahkan sarapan roti dengan selai cokelat sering dijadikan alternatif Ibu rumah tangga untuk memberikan sarapan yang sehat serta cepat untuk nutrisi anak di pagi hari.

 

Sejarah selai

 

ketahui asal mula pembuatan selai

 

Tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya proses pembuatan selai pada zaman dahulu kala merupakan cara untuk mengawetkan buah. Proses ini biasanya terjadi pada Negara bagian barat, untuk menyimpan panen buah dan sayuran pada musim dingin. Nah, buah-buahan ini kemudian ditambahkan gula atau madu untuk didinginkan kemudian disimpan.

 

Cita rasa yang lezat membuat selai semakin berkembang yang tadinya hanya sekadar cara untuk mengawetkan buah, tetapi menjadi makanan yang disukai. Bahkan ada beberapa pihak yang membangun suatu kepercayaan tersendiri dengan mengonsumsi selai. Misalnya seperti Joan of Arc yang merupakan seorang pejuang dari Prancis percaya bahwa dengan mengonsumsi selai buah quince sebelum bertempur akan memberikan keberanian. Sedangkan pelaut dan bajak laut percaya bahwa selai yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu mereka untuk mencegah penyakit kudis.

 

Kemudian pada tahun 1785, Napoleon Bonaparte menawarkan hadiah bagi siapa saja yang data menemukan cara untuk mengawetkan makanan dalam jumlah besar bagi prajurit. Pemenangnya adalah Nicholas Appert, yang menyimpulkan bahwa merebus pada suhu tinggi kemudian menyegel dalam wadah kedap udara akan membuat makanan tetap aman dalam waktu yang cukup lama. Kemudian oleh Louis Pasteur, cara ini divalidasi dalam sebuah temuan sehingga disebutlah sebagai pasteurisasi. Pasteurisasi memang di praktikkan dalam pembuatan selai. Bahkan pada Perang Dunia ke 2, selai diproduksikan secara massal untuk mengatasi kecemasan tentang kekurangan makanan.

 

Itulah sejarah singkat mengenai selai. Anda pun juga bisa menikmati kelezatan selai tanpa harus membeli lho. Soalnya, KALCare punya resep mudah untuk membuat selai rumahan dengan H2 Kakao Instan. Daripada Anda penasaran, yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Homemade Chocolate Jam

 

Bahan:

250 ml susu putih cair

6 sdm gula pasir

3 sdm H2 Kakao Instan

3 sdm tepung terigu

½ sdm mentega

2 sdm susu kental manis cokelat

 

Cara membuat:

  1. Siapkan panci anti lengket, kemudian masak susu.
  2. Tambahkan gula pasir, H2 Kakao Instan, tepung terigu, dan susu kental manis cokelat. Aduk rata.
  3. Tambahkan mentega, aduk rata dan pastikan mentega meleleh dan tercampur.
  4. Masak hingga selai mendidih dan mengental, angkat.

 

Mudah sekali bukan membuat resep Homemade Chocolate Jam? Yuk langsung saja di praktikkan di rumah Anda dan dapatkan H2 Kakao Instan dengan mudah hanya di sini. Jangan lupa, jika Anda ingin membuat selai dalam jumlah yang banyak, simpan selai Anda di dalam toples ya Fams. Share juga pengalaman Anda memasak resep dari KALCare pada sosial media ya Fams!

 

kreasi makanan dengan H2 Kakao Instan

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @H2celebratelife

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/27/102919975/sejarah-selai-buah-makanan-para-petualang-dan-bajak-laut?page=all