Resep Fruity Jelly

Resep Fruity Jelly

Jeli merupakan makanan yang sehat dan cukup terjangkau. Rasanya yang manis serta kenyal membuat disukai oleh para kalangan masyarakat khususnya di Indonesia. Lalu sebenarnya darimana jeli berasal?

Kreasi resep jelly dengan buah dan jus vegie fruit carrot punch

Jeli dahulu dibuat dengan peralatan tradisional, dimana ketika sudah dicetak, dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Jeli dengan bentuk batangan dapat dimanfaatkan untuk waktu yang lebih lama sehingga dapat disimpan. Jeli berasal dari Amorphophallus konjac.  Jeli memiliki tekstur kenyal, berair dan biasanya tidak dikonsumsi layaknya agar-agar dengan cara dipotong dalam loyang besar melainkan dalam cetakan kecil. Saat ini jeli banyak dipasarkan dalam aneka rasa buah.

Jeli memiliki banyak manfaat. Diantaranya mengandung protein. serat, vitamin, seperti Vitamin B, folat, Vitamin E, Vitamin K, kalsium, odium, zat besi, kalium, magnesium, selenium, dan zinc. Selain itu, jeli juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lain, seperti omega-3, cholin, fosfor, dan tembaga. Banyaknya manfaat jeli bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang beragam. Berikut ini adalah beberapa manfaat agar-agar bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Dalam 1 porsi jeli (sekitar 100 gram), terkandung kurang lebih 8 gram serat. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi ini, agar-agar dapat merangsang usus agar bergerak lebih aktif. Manfaat agar-agar ini baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah serta mengatasi sulit buang air besar.

2. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Jeli merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung kalsium selain susu dan olahannya. Karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, jeli bermanfaat untuk menjaga menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dan gigi.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Jeli memiliki kandungan yang tinggi serat, antioksidan, serta mineral kalium. Jeli juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Aneka nutrisi yang terdapat pada jeli menjadikannya bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal, mengurangi kolesterol, serta mencegah penyumbatan dan kerusakan pembuluh darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi agar-agar bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jeli mengandung banyak zinc, protein, serta antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas. Oleh sebab itu, mengonsumsi jeli secara rutin dalam jumlah yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda untuk melawan kuman dan virus penyebab infeksi.

5. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, mengonsumsi agar-agar bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Menurut sejumlah penelitian, agar-agar dapat membuat tubuh merasa cepat kenyang, sehingga nafsu makan akan lebih mudah dikontrol..

6. Menjaga fungsi tiroid

Jeli yang terbuat dari rumput laut secara alami mengandung banyak yodium. Mineral ini berperan penting dalam menghasilkan hormon tiroid agar metabolisme dan kinerja organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi agar-agar juga perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat lain, seperti rutin olahraga, mengurangi stres, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Banyak sekali bukan manfaat jeli? Selain enak, jeli juga menyehatkan bagitubuh. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi jeli, yuk ikuti resep yang diberika KALCare berikut ini.

 

Resep Fruity Jelly

 

Bahan:

 

250 ml Vegie Fruit Premium Carrot Punch

1 bungkus agar-agar bubuk

100 gram buah berries (pilih buah sesuai selera)

50ml simple sirup atau madu

1 sachet jelly plain

100ml yogurt kental plain

4 sendok makan selai stroberi

Potongan buah berries

Whipped cream 

Garnish

 

Cara membuat:

  1. Larutkan agar-agar bubuk dan Vegie Fruit Carrot Punch.
  2. Masak diatas kompor larutan agar-agar hingga mendidih
  3. Jika sudah matang, diamkan sejenak hingga tingkat panas menurun mengikuti suhu ruangan
  4. Setelah dingin, tuangkan dalam gelas dan masukan potongan buah dan masukkan pada lemari es
  5. Jika sudah mengeras menjadi agar-agar, campurkan yogurt dan selai. Aduk hingga rata.
  6. Tuangkan yogurt ke dalam gelas jelly
  7. Tambahkan whipped cream dan garnish sebagai hiasan

Kreasi resep fruitty jelly dengan vegie fruit carrot punch

Mudah bukan membuatnya? Fruity jelly ini bisa Anda sajikan bersama keluarga. Selain rasanya yang segar, kandungan nutrisi dalam jeli sudah pasti menyehatkan tubuh.Jangan lupa juga untuk membeli Vegie Fruit sebagai pelengkap minuman saat mengonsumsi jeli. Yuk dapatkan Vegie Fruit sekarang dan dapatkan promo menarik hanya di KALCare. Karena KALCare, menjual makanan dan minuman sehat terbaik online.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

okezone.com

Instagram: @vegiefruitid