Resep Fresh Tofu Soup


Resep Fresh Tofu Soup

Resep Fresh Tofu Soup

Tahu merupakan olahan dari kedelai yang diambil sari kemudian dilakukan proses fermentasi. Tahu juga memiliki bentuk dan tekstur yang lembut dan enak. Tidak heran, tahu banyak digemari oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

 

Ternyata selain rasanya yang enak, tahu mempunyai banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat tahu lainnya? Ini dia beberapa manfaat mengonsumsi tahu bagi kesehatan yang jarang diketahui.

 

1. Mencegah osteoporosis

 

Tahu memiliki sumber zat besi, kalsium, mineral, selenium, dan fosfor. Sumber tersebut berfungsi untuk memelihara dan memperkuat tulang manusia. Rutin mengkonsumsi tahu akan mencegah dan memperlambat terjadinya pengeroposan pada tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

 

2. Menjaga daya tahan tubuh manusia

 

Tahu mengandung protein yang tinggi untuk sumber tenaga pada tubuh. Tahu juga mengandung magnesium, tembaga, seng, dan vitamin B1 yang juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tidak hanya itu dengan sumber vitamin, protein dan mineral yang ada pada tahu, juga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

 

3. Mengatasi gejala akibat menopause

 

Tahu mengandung senyawa isoflavon yang merupakan senyawa nabati yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen selama menopause. Isoflavon berperan dalam mengatasi gejala menopause pada wanita. Gejala menopause seperti mood yang berubah-ubah, menstruasi tidak teratur, sulit tidur. Sehingga, tahu sangat bermanfaat bagi wanita yang berusia diatas 40 tahun untuk mengurangi gejala menopause.

 

4. Mengatasi penyakit kanker

 

Senyawa isoflavon dalam tahu ternyata juga bermanfaat dalam mengurangi resiko terserang kanker, menurut Journal of National Cancer Institute 2012. Penelitian itu menunjukkan bahwa asupan tahu dapat membantu mencegah kanker endometrium pada wanita setelah menopause. Jurnal tersebut juga menjelaskan bahwa tahu dipercaya dapat mengurangi kanker payudara, kanker paru-paru dan prostat pada tubuh manusia.

 

5. Mengendalikan berat badan

 

Tahu memiliki kalori yang rendah. Tahu juga dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila mengonsumsi tahu dalam jumlah yang banyak. Tahu juga cocok dipilih sebagai menu bagi Anda yang ingin menjalankan program diet.

 

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

 

Kedelai memiliki sumber protein yang tinggi. Protein kedelai pada tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga protein dalam tahu mampu mengurangi risiko terserang penyakit diabetes.

 

7. Mengatasi anemia

 

Tahu mengandung sumber zat besi di dalamnya. Sumber zat besi di dalam tahu berfungsi untuk membantu mencegah anemia. Karena jika zat besi berkurang, maka akan ada penurunan jumlah sel darah merah. Sehingga tahu merupakan solusi yang tepat untuk dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang mengidap penyakit anemia.

 

8. Meningkatkan daya ingat

 

Tahu mampu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif untuk orang dewasa. Tahu mengandung lesitin yang yang dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat dan fosfatidilserin yang membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

 

9. Menjaga kesehatan rambut

 

Ternyata tahu memiliki sumber senyawa keratin yang tinggi. Senyawa keratin berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sehingga, mengonsumsi tahu dapat mencegah kerontokan rambut. 

 

Itu dia sejumlah manfaat tahu bagi kesehatan. Nah untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, berikut ini ada rekomendasi resep untuk mengolah tahu. Yuk langsung saja simak bahan-bahan dan cara membuatnya di sini.

 

Resep Fresh Tofu Soup

(Untuk 3 Porsi)

 

 

 

Sumber: originallovejuice.co.id

 

 

Bahan:

 

»»200 g wortel, kupas, iris serong tipis

»»5 buah jamur merang segar, iris tipis

»»1 sdt merica putih bubuk

»»1 sdt garam

»»3 sdm air jeruk lemon

»»3 sdm kecap asin

»»1 sdm minyak wijen

»»200 g tahu jepang, potong dadu 1 cm

»»1 sdm tepung maizena, larutkan di dalam 50 ml air matang

»»100 g jamur enoki

»»2 batang bawang daun, iris serong tipis

 

Kaldu:

 

»»550 ml Original Love Juice Mango

»»200 ml Original Love Juice Soursop

»»300 g wortel, kupas, potong-potong 3 cm

»»50 g batang seledri, potong-potong 5 cm

»»50 g kombu, rendam di dalam air hingga lentur, tiriskan

»»2 buah (100 g) bawang bombai, potong dadu 3 cm

»»2 buah cabai rawit merah

 

Cara membuat:

 

  1. Rebus campuran jus,masukkan wortel, jamur merang, merica, garam, air jeruk lemon, kecap asin, dan minyak wijen, aduk rata. Masak hingga wortel dan jamur hingga matang.
  2. Tambahkan tahu dan larutan tepung maizena, aduk rata hingga mengental. Tambahkan jamur enoki dan bawang daun, aduk rata sejenak hingga layu. Angkat.
  3. Sajikan selagi panas.

 

 

 

 

 

 

Selain nikmat, Fresh Tofu Soup juga bisa dinikmati dengan minum juice mangga dan sirsak untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat Anda. Anda bisa mendapatkan vitamin dan serat dari Original Love Juice Mangga dan Original Love Juice Soursop. Yuk langsung saja beli minuman sehat lebih hemat dan mudah Original Love Juice Mangga dan Sirsak di sini. Karena KALCare juga menjual minuman sehat anak & dewasa online dan berkualitas lainnya.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

originallovejuice.co.id

idntimes.com