Resep Es Cincau Choco Boom


Resep Es Cincau Choco Boom

Resep Es Cincau Choco Boom

Fams, bagaimana hari Anda? Tentu kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang masih diterapkan pada beberapa daerah di Indonesia membuat Anda dan keluarga harus lebih banyak tinggal di dalam rumah. Nah, KALCare punya resep minuman segar yang bisa Anda nikmati bersama keluarga selama di rumah saja, yaitu Es Cincau Choco Boom. Yuk langsung saja simak resepnya berikut ini agar Anda tidak penasaran.

 

Resep Es Cincau Choco Boom

 

kreasi minuman dengan Zee Choco Boom

Sumber: Cookpad

 

Bahan:

1 saset Zee Choco Boom

50 ml air panas

150 ml air matang

1 sdm gula (atau bisa diatur sesuai selera)

Cincau secukupnya (dipotong dadu)

Es batu secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Larutkan 1 saset Zee Choco Boom dengan gula dan air panas, aduk rata.
  2. Setelah semua larut, tambahkan 150 ml air matang.
  3. Siapkan tumbler anti tumpah, lalu tuangkan larutan Zee Choco Boom ke dalamnya. Lalu kocok hingga berbuih.
  4. Tuang kembali ke dalam gelas saji, serta tambahkan es batu dan potongan cincau.
  5. Es cincau Choco Boom siap untuk disajikan.

 

Tidak sulit bukan untuk membuatnya Fams? Minuman ini tentunya sangat nikmat jika disajikan pada siang hari atau saat sedang bercengkrama dengan keluarga di rumah. Selain, itu minuman ini juga bermanfaat bagi kesehatan lho Fams. Soalnya Zee Choco Boom merupakan satu-satunya minuman yang cokelat yang mengandung Nutriprocompleks. Sehingga dapat membantu Si Kecil untuk tumbuh tinggi dan meningkatkan kecerdasan otak. Tidak hanya itu, bahan cincau yang terdapat di dalam minuman ini akan memberikan manfaat berikut:

1. Mencegah kanker kulit

Berdasarkan informasi dari buku The Healing Power of Antioxidant oleh Lanny Lingga, Ph.D, cincau merupakan makanan yang mengandung antioksidan. Sebab kandungan vitamin E pada cincau cukup tinggi. Cincau hitam khususnya mengandung beberapa macam antioksidan berupa Caffeic acid, Vanelic acid, Syrinic acid, Protocatecuic acid, dan P-hydroxybenxoic acid untuk mereduksi hidroksil yang berasal dari radiasi surya. Radiasi surya ini berbahaya karena merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit. Sehingga dengan mengonsumsi cincau hitam, Anda dapat mencegah kanker kulit.

 

2. Mencegah kanker usus

Cincau termasuk sebagai makanan yang mengandung serat alami sehingga mudah dicerna oleh tubuh manusia. Serat alami juga berperan dalam mendukung proses pencernaan. Sehingga Anda juga dapat terhindar dari penyakit kanker usus.

 

3. Mengobati panas dalam

Mungkin manfaat cincau yang satu ini sudah menjadi pengetahuan umum. Ya, cincau dapat membantu Anda dalam mengatasi panas dalam. Hal ini dapat terjadi karena kandungan gizi di dalam cincau seperti gelatin bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan sakit perut.

 

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut buku Cincau Hitam: Mengolah Simplisia Tanaman Cincau Hitam Menjadi Pangan Fungsional yang Higienis, Praktis, dan Menarik, oleh Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes, cincau merupakan obat. Keyakinan ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu, sebab cincau, terutama cincau hitam dapat memberikan manfaat kesehatan. Misalnya seperti di China dan Taiwan, cincau hitam digunakan oleh masyarakat untuk obat menurunkan tekanan darah tinggi dan obat diuretik. Manfaat ini kemudian dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa cincau dapat menurunkan tekanan darah tinggi dari 215 mm/120 mm menjadi 160 mm/100 mm dalam waktu sebulan. Manfaat ini berasal dari unsur fitokimia yang terkandung dalam cincau.

 

5. Mencegah penyakit jantung

Di dalam gel atau gelatin cincau terdapat kandungan serat kasar. Kandungan ini dapat membantu Anda dalam memerangi penyakit degeneratif, seperti jantung koroner. Jadi dengan mengonsumsi cincau, membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.

 

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat mengonsumsi cincau. Makanya Fams, langsung saja dibuat resep Es Cincau Choco Boom ya. Segera dapatkan bahan-bahannya seperti Choco Boom yang bisa didapatkan dengan mudah di sini untuk menyajikan Es Cincau Choco Boom pada akhir pekan Anda bersama keluarga.

 

buat kreasi minuman segar dengan Zee Choco Boom

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @susuzeeid

https://health.kompas.com/read/2020/05/09/172800668/5-manfaat-cincau-obati-panas-dalam-hingga-cegah-kanker?page=all