Resep Dendeng Ragi Tepung Kelapa

Resep Dendeng Ragi Tepung Kelapa

Dalam masakan nusantara, makanan yang terbuat dari olahan daging sapi banyak sekali variannya. Mungkin dari sekian banyak, rendang merupakan menu makanan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. 

 

 

Tetapi bukan berarti olahan daging lainnya tidak menarik ya. Coba saja kalau Anda dihadapkan dengan daging yang telah diolah menjadi rolade, semur, atau teriyaki, pasti akan tergoda juga. Nah, berikut ini ada referensi resep untuk mengolah daging menjadi dendeng. Yuk disimak bahan dan cara membuatnya.

 

Dendeng Ragi Tepung Kelapa

(12 porsi, 271 Kkal)

 

 

 

 

 

 

Bahan:

 

1 kg daging sapi

1 sdt garam

75 gr gula merah, iris

1 sdm ketumbar bubuk

1 sdm asam jawa

1 sdt ketumbar

7 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 lembar daun jeruk purut

3 lembar daun salam

1 batang serai, dimemarkan

100 gr H2 Tepung Kelapa

50 ml minyak goreng

 

Cara membuat:

 

  1. Potong-potong daging sapi dengan ukuran tipis, lalu masukkan ke dalam wadah.
  2. Pada daging, tambahkan garam, gula merah, ketumbar bubuk, dan asam jawa, lalu aduk hingga tercampur rata. Sisihkan daging sementara.
  3. Panaskan wajan di atas kompor, lalu sangrai ketumbar hingga harum.
  4. Siapkan cobek untuk menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan ketumbar yang sudah disangrai.
  5. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan daging, lalu aduk kembali hingga rata.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk memasak daging.
  7. Tambahkan daun jeruk purut, daun salam, dan batang serai yang sudah dimemarkan, aduk hingga rata.
  8. Saat hendak matang, tambahkan H2 Tepung Kelapa, aduk, dan masak hingga matang.
  9. Dendeng ragi tepung kelapa sudah jadi dan siap untuk disajikan.

 

Itulah cara membuat dendeng ragi tepung kelapa. Semoga dengan kreasi resep ini, Anda tidak akan bosan dengan sajian daging yang biasa-biasa saja. Disarankan Anda untuk mengonsumsi daging secukupnya saja ya. Sebab jika berlebihan, dikhawatirkan dapat menyebabkan peningkatan berat badan atau bahkan muncul penyakit. Tetapi jika dikonsumsi dalam batas wajar, daging akan memberikan manfaat berikut ini bagi tubuh Anda:

 

1. Meningkatkan sistem imun

 

Daging mengandung protein hewani sehingga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein hewani juga dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan zat besi dalam daging dapat berfungsi juga sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. 

 

2. Mempercepat penyembuhan luka

 

Protein dalam daging sapi memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Luka dapat menjadi infeksi karena ada penghambatan saluran oksigen ke jaringan yang rusak sehingga kekurangan mineral. Padahal mineral diperlukan tubuh untuk membentuk serta melakukan perbaikan pada jaringan. 

 

3. Membantu fungsi jantung

 

Jika Anda mengonsumsi dengan porsi yang tepat, daging sapi akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Manfaat ini akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak. Cara mengolah daging juga memberi pengaruh. Contohnya memasak daging dengan cara direbus dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi. 

 

4. Menjaga berat badan

 

Mengonsumsi daging sapi juga dapat menjaga berat badan Anda lho! Tetapi syaratnya, Anda tetap harus makan dalam porsi yang pas dan memilih daging yang tidak memiliki lemak. Kemampuan daging dalam menjaga berat badan ini karena kandungan protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.

 

5. Menjaga kesehatan kulit

 

Kandungan mineral dan nutrisi pada daging akan membantu kulit Anda melakukan regenerasi. Sehingga kulit Anda tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada wajah, dan mencegah penuaan dini. Pada daging juga terdapat zat antikarsinogenik yang dapat mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit. 

 

 

Tentu Anda mau mendapatkan semua manfaat tersebut bukan? Yuk konsumsi daging dengan batas yang wajar. Jangan lupa untuk membeli H2 Tepung Kelapa sebagai bahan olahan makanan Anda. Kandungan serat pangan yang tinggi pada H2 tepung Kelapa bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah. Silahkan beli H2 Tepung Kelapa di sini. Temukan juga makanan sehat, minuman sehat & cemilan enak online di KALBE Store. Sehingga Anda lebih mudah untuk membeli makanan sehat & minuman sehat online di KALCare

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

Sumber:

Instagram: @h2_healthandhappiness

Tirto.ID