Resep Chocolate Cheese Melty


Resep Chocolate Cheese Melty

Resep Chocolate Cheese Melty

Cokelat telah lama menjadi makanan ringan yang digemari banyak orang. Terbuat dari biji kakao, ternyata cokelat tidak hanya berbentuk batangan.Cokelat juga diolah dalam bentuk bubuk yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kue atau minuman.

 

Meskipun olahan cokelat sudah banyak ditemukan di pasaran, mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa cokelat memiliki jenis serta komposisi yang beragam. Sehingga jenis-jenis cokelat tersebut  digunakan sesuai dengan fungsinya berikut ini:

 

  1. Cokelat hitam, memiliki rasa yang sedikit pahit karena tidak menggunakan susu cair sebagai bahan tambahannya. Komposisi kakao yang digunakan dalam pembuatan cokelat sendiri berjumlah sebesar 30 hingga 80 persen. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cokelat hitam antara lain, biji kakao, mentega kakao, vanila, dan emulsifier. Biasanya, cokelat hitam digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue karena rasanya yang terlalu pahit bila dimakan langsung.

  2. Cokelat susu, memiliki rasanya yang gurih dan nikmat. Karena seperti namanya, cokelat ini mengandung susu sebesar 12 persen dan kakao sebesar 40 persen. Biasanya, cokelat ini diberi tambahan gula dan vanila untuk menghasilkan rasa yang lebih manis. Jenis cokelat ini lebih cocok untuk dimakan langsung dibandingkan sebagai bahan campuran pembuat kue karena rasanya yang manis.

  3. Cokelat putih, merupakan cairan yang tidak mengandung bubuk kakao. Sebaliknya, cokelat ini terbuat dari lemak kakao murni sebanyak 20 persen, dengan tambahan bahan lain seperti susu, gula, atau krim. Sehingga warna cokelat menjadi putih, karena warna asli dari lemak kakao itu sendiri. Karena rasanya yang sangat manis dan berbentuk krim, cokelat putih sangat jarang untuk dikonsumsi maupun diolah sebagai masakan. Namun, rasa manis dari cokelat putih ini sangat pas untuk melengkapi minuman atau makanan yang bercita rasa pahit.

  4. Cokelat pahit, mengandung komposisi kakao cair dan mentega kakao, namun tanpa tambahan gula sama sekali. Selain itu, tampilan dari cokelat pahit juga lebih gelap dan memiliki tekstur yang lebih kasar. Karena rasanya yang sangat pahit, cokelat hitam sering dimanfaatkan untuk membuat  hidangan dengan campuran gula yang banyak seperti brownies.

  5. Cokelat bubuk, terbuat dari cokelat cair yang dihancurkan dan dihilangkan sebagian kandungan lemaknya. Cokelat bubuk sendiri dapat dibedakan lagi menjadi dua jenis, yakni cokelat bubuk natural dan cokelat bubuk alkalisasi. Cokelat bubuk natural memiliki warna lebih muda dengan aroma yang kuat sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan campuran makanan yang menggunakan baking soda. Sebab baking soda dapat menghilangkan aroma cokelat yang terlalu kuat. Sedangkan cokelat bubuk alkalisasi memiliki warna gelap, aroma lembut namun memiliki rasa asam. Sehingga perlu digunakan baking powder untuk membuat olahan makanan yang menggunakan cokelat alkalisasi. 

 

Itulah jenis-jenis cokelat yang dapat Anda konsumsi baik secara langsung maupun dengan mencampurkan pada bahan makanan lain. Nah, untuk itu berikut ini ada rekomendasi resep mengolah kudapan dengan bahan cokelat dari H2 Kakao Instan, Chocolate Cheese Melty. 

 

Resep Chocolate Cheese Melty

 

(untuk 2 porsi)

 

 

 

 

 

 

Bahan cokelat:

 

250 ml susu cair

50 gram H2 Kakao Instan

2 sendok makan tepung maizena (larutkan dengan 50 ml air)

 

Bahan cheese melty:

 

2 sendok makan susu kental manis

1 sendok makan susu bubuk

100 gram keju parut

300 ml air

½ sendok teh garam

2 sendok makan gula pasir

2 sendok makan tepung maizena (larutkan dengan 50 ml air)

 

Bahan topping:

 

Strawberry, kiwi dan jeruk secukupnya

 

Cara membuat:

 

  1. Campur semua bahan cokelat kecuali larutan tepung maizena. Aduk terus, kemudian masukkan tepung maizena. Masak hingga mendidih dan matang.

  2. Campur semua bahan cheese melty kecuali larutan tepung maizena. Masak hingga keju meleleh. Kemudian masukkan larutan tepung maizena, masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan matang.

  3. Ambil gelas saji, masukan campuran cokelat, kemudian campuran cheese melty berselang-seling, kemudian beri topping buah strawberry, kiwi dan jeruk diatasnya.

  4. Chocolate cheese melty siap untuk disajikan

 

 

membuat brownies dengan H2 Kakao Instan

 

 

 

Mudah bukan cara membuatnya? Selain nikmat, makanan Chocolate Cheese Melty aman bahkan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Sebab bahan utama cokelat melalui H2 Kakao Instant terbuat dari cokelat alami tanpa tambahan gula. Yuk, coba resep Chocolate Cheese Melty dan dapatkan kenikmatan yang menggoyang lidah dan menyehatkan! Anda bisa mendapatkan Makanan & Minuman Sehat H2 Kakao Instant di sini! Yuk, segera dapatkan H2 Kakao Instant di KALCare, toko yang Menjual Makanan Sehat, Minuman Sehat & Cemilan Enak Online. Karena KALCare menyediakan berbagai makanan sehat berkualitas untuk pola diet sehat, minuman sehat serta cemilan enak untuk menemani aktivitas sehari-hari. 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

Kumparan.com