Resep Chia Meatballs


Resep Chia Meatballs

Resep Chia Meatballs

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan bakso. Ya, makanan olahan daging berbentuk bulat ini cukup menjadi favorit karena rasanya yang lezat. Selain dibuat dalam menu tersendiri, bakso masa kini juga digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Misalnya seperti isian sayur sup, atau capcai.

 

Sejarah bakso

 

asal mula bakso

 

Tapi Fams, sebenarnya tahukan Anda darimana sejarah bakso? Ternyata, bakso pertama kali dibuat oleh seorang anak untuk ibunya di Cina. Pada masa Dinasti Ming, sekitar tahun 1368-1644 di Cina, hiduplah seorang anak yang bernama Meng Bo. Meng Bo tinggal bersama dengan ibunya di Fuzho, Cina. Meng Bo sangat mencintai ibunya, sehingga berniat untuk membuatkan masakan daging yang disukai oleh sang ibu. Tetapi karena usia sang ibu sudah lanjut dan memengaruhi kondisi giginya, sang ibu sudah tidak mampu mengunyah daging.

 

Meng Bo pun memikirkan cara bagaimana untuk memasak daging yang lembut sehingga bisa dikonsumsi oleh ibunya. Lalu Meng Bo teringat akan makanan lunak sejenis mochi yang dibuat dari ketan dan ditumbuk hingga halus. Dari sanalah Meng Bo mendapat inspirasi untuk membuat olahan daging agar dapat dikonsumsi oleh ibunya. Oleh Meng Bo, daging ditumbuk lalu dibentuk menjadi bulat-bulat kecil agar mudah dinikmati dan disantap bersama kuah kaldu hangat. Ternyata, rasa makanan ini lezat, dan resep Meng Bo segera tersebar luas ke seluruh penjuru kota. Sampai pada akhirnya banyak orang-orang berdatangan untuk mempelajari resep buatan Meng Bo. Tidak hanya sampai di situ, jenis kuliner ini pun tersebar luas, bahkan hingga masuk ke Nusantara karena dibawa oleh kaum imigran dari Cina.

 

Di Indonesia sendiri, daging untuk membuat bakso pun dibuat menjadi banyak variasi. Karena sesuai dengan nama awal bakso yang dalam Hokkien artinya daging giling, tetapi merujuk pada daging babi. Karen mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam, bakso dibuat dengan menggunakan daging sapi, ayam, ikan, bahkan udang.

 

Untuk menikmati kelezatan bakso, sebenarnya Anda tidak perlu membeli lho Fams. Karena membuat bakso sendiri di rumah tidak terlalu sulit. Nah, demi membantu Anda, KALCare punya resep untuk membuat bakso sendiri yang sehat, dan tentunya juga lezat. Penasaran? Yuk langsung saja disimak resep Chia Meatballs berikut dengan menggunakan H2 Biji Chia.

 

Resep Chia Meatballs

 

Bahan:

250 gr daging sapi cincang tanpa lemak

50 gr H2 Biji Chia

2 sdm pasta tomat

5 siung bawang putih, cincang halus

1 sdt garam

1 sdt gula

1 sdt merica

1 sdt minyak sayur, untuk menumis

 

Cara membuat:

  1. Campurkan daging sapi cincang, H2 Biji Chia, pasta tomat, bawang putih, garam, gula, dan merica. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Diamkan adonan selama 5-10 menit.
  3. Lalu, bulatkan adonan.
  4. Panaskan wajan, dan tuang sedikit minyak sayur.
  5. Masak adonan bakso, bolak-balik, hingga seluruh adonan matang.
  6. Chia meatballs siap untuk disajikan selagi hangat, dan dapat dinikmati dengan menggunakan saus.

 

Tidak terlalu sulit bukan Fams untuk membuatnya? Yuk segera dapatkan H2 Biji Chia dengan mudah di sini agar Anda dapat langsung membuat chia meatballs di rumah. Jangan lupa, jika sudah membuat resep ini, share pengalaman memasak Anda pada sosial media KALCare. Bisa melalui Instagram, Facebook, Twitter, atau Tiktok KALCare ya!

 

kreasi resep dengan H2 Chia Seed

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @H2celebratelife

https://tirto.id/sejarah-bakso-berawal-dari-kasih-anak-kepada-ibu-eebC