Resep Cah  Brokoli Tahu Puyuh

Resep Cah Brokoli Tahu Puyuh

Anda pasti sudah mengetahui bahwa mengonsumsi sayur dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat. Namun, salah satu sayur yang bernama brokoli ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Nutrisi yang terdapat pada brokoli juga memiliki banyak khasiat yang beragam. Kira-kira apa saja manfaat brokoli? Berikut ulasannya.

 

1. Menjaga kesehatan pada mata

 

Mengonsumsi brokoli dapat menjaga kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan. Karena, brokoli mengandung lutein karotenoid yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak dan makula. Selain lutein karotenoid, brokoli juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

 

2. Meningkatkan kekebalan pada tubuh

 

Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan juga mampu menyembuhkan luka dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Tidak hanya itu, brokoli bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena terdapat kandungan fitonutrien, fitokimia dan termasuk juga sulfarophane di dalam brokoli. Itulah mengapa, saat kita mengonsumsi brokoli, tubuh menjadi memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Dan juga, brokoli membuat tubuh tidak mudah diserang penyakit.

 

3. Mencegah kanker pada tubuh

 

Brokoli mengandung fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Kandungan tersebut merupakan zat yang memiliki sifat anti-kanker yang masih dapat disembuhkan. Contohnya kanker kandung kemih, kanker payudara, usus besar dan kanker ovarium. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim yang diproduksi oleh hati yang dipengaruhi oleh sulfarophane ini dapat mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. 

 

4. Mencegah terjadinya depresi

 

Ternyata, brokoli dapat mencegah terjadinya depresi. Alasannya karena brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Kandungan asam folat dan juga vitamin B dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya depresi. Bagi Anda yang sedang mengalami tekanan batin atau sedang mengalami suasana hati yang tidak stabil, disarankan untuk mengonsumsi brokoli.

 

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

 

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K. Sehingga brokoli bisa untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan brokoli juga bagus untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

 

6. Mengurangi berat badan

 

Brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat.   Tidak hanya itu, brokoli juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan. Sulfarophane juga dapat mengurangi resiko masalah pencernaan seperti maag dan infeksi lambung.

 

7. Menjaga kesehatan kulit

 

Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.

 

8. Mengontrol tekanan darah

 

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tekanan darah. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan darah tinggi, dapat mengonsumsi agar tekanan darah menjadi normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

 

Ternyata brokoli yang dimasak secara tumis dan kukus dapat memberikan manfaat kesehatan secara maksimal. Karena, kandungan nutrisi di dalam brokoli akan menjadi menyatu dan tidak hilang saat brokoli di tumis maupun di kukus. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati brokoli, ada rekomendasi resepnya nih. Berikut ini resep brokoli yang cocok untuk makanan sehat Anda.

 

 

Resep Cah Brokoli Tahu Puyuh

 

 

 

 

Sumber: Cookpad.com

 

 

Bahan:

 

2 buah tofu

2 brokoli

6-10 butir telur puyuh

Kangkung

1 siung bawang putih

3-4 cabai merah

Lada secukupnya

Garam secukupnya

1 sendok makan minyak

 

Cara Membuat

 

  1. Iris bawang putih dan cabai. 
  2. Masukan minyak ke dalam panci, panaskan.
  3. Tumis bawang dan cabai hingga harum.
  4. Kemudian potong brokoli, tahu, telur puyuh dan kangkung secukupnya.
  5. Masukkan potongan brokoli dan kangkung ke dalam campuran tumisan bawang dan cabai. Tumis hingga layu.
  6. Masukkan tofu, dan telur puyuh.
  7. Masukkan garam dan lada secukupnya.
  8. Tumis semua campuran sampai matang dan tiriskan.

 

Mudah bukan membuatnya? Anda juga bisa menyajikan segelas susu Peptisol sebagai teman makan Cah Brokoli Tahu Puyuh. Karena Peptisol merupakan makanan diet khusus dengan protein tinggi yang mudah diserap. Peptisol juga cocok untuk Anda yang mengalami luka bakar, stroke dan pasca operasi. Anda bisa membeli susu tinggi protein untuk malnutrisi dan imunitas rendah Peptisol di sini. Temukan juga makanan diet khusus lainnya di KALBE Store karena menjual susu tinggi protein, nutrisi imun dan malnutrisi online terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

KALCare

 

Sumber:

 

Instagram: @peptisol_id

Otoritasnews.co.id