Resep Bongko Pisang Diabetasol


Resep Bongko Pisang Diabetasol

Resep Bongko Pisang Diabetasol

Selain memiliki banyak suku bangsa, Indonesia juga memiliki keanekaragaman kuliner khas Nusantara. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga kudapan dengan cita rasa yang menggoda. Nah, ada nih kudapan enak yang dapat Anda nikmati untuk mengisi waktu luang, namanya bongko pisang.

 

Sesuai dengan namanya, bongko pisang merupakan kue yang terbuat dari buah pisang, serta dibungkus menggunakan daun pisang. Kue ini sendiri berbentuk persegi panjang dan hampir mirip dengan kue nagasari. Rasa kue bongko pisang pun sekilas mirip dengan nagasari. Tetapi rasa bongko pisang lebih gurih, karena terbuat dari tepung beras, kanji, santan, dan potongan buah pisang. Biasanya buah pisang yang digunakan adalah jenis pisang raja atau bisa juga menggunakan pisang kepok.

 

kreasi kudapan Nusantara: Bongko Pisang

 

Menurut beberapa ahli masak, kudapan yang satu ini berasal dari daerah Jawa Timur, tetapi tidak diketahui jelas di mana tepatnya. Walaupun begitu, makanan ini cukup terkenal hampir pada seluruh daerah di Indonesia. Misalnya seperti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bongko pisang termasuk makanan yang populer. Di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, bongko pisang akan banyak diminati masyarakat saat bulan Ramadhan. Sebab, makanan ini sangat enak jika dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Bongko pisang akan dicampur dengan kuah gula merah, sehingga memberikan kesegaran setelah berpuasa. Selain itu, tekstur kue bongko yang padat juga dapat mengenyangkan perut setelah menahan lapar dan haus di bulan puasa.

 

Nah bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan bongko pisang, KALCare punya resep untuk membuatnya nih Fams. Agar lebih sehat, bahan santan akan diganti menggunakan susu Diabetasol. Sehingga kue bongko pisang juga dapat dikonsumsi oleh yang menderita diabetes, tetapi tetap menambah rasa pada makanan agar tetap gurih. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resepnya berikut ini.

Bongko Pisang Diabetasol

 

Bahan:

5 sendok takar Diabetasol Powder rasa Vanilla

200 ml air

1 lembar daun pandan

1 sdt garam

100 gr tepung beras

5 buah pisang raja, potong menjadi dua bagian untuk masing-masing pisang

20 keping biskuit tanpa rasa

Daun pisang secukupnya, cuci bersih

Lidi penyemat secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Larutkan Diabetasol Powder rasa Vanilla pada 200 ml air.
  2. Campur larutan Diabetasol rasa Vanila dengan tepung beras, aduk hingga rata.
  3. Siapkan selembar daun pisang, tata 2 keping biskuit, taruh pisang, tutup dengan 2 sendok makan adonan tepung beras, tata lagi dengan sepotong pisang dan ratakan, bungkus dengan bentuk tum.
  4. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Kukus bongko pisang selama 30 menit, lalu angkat.
  6. Sajikan selagi panas.

 

Bagaimana Fams? Cukup mudah bukan untuk membuat kue bongko pisang? Yuk langsung saja dicoba membuat kue ini di rumah. Dapatkan bahan-bahan untuk membuat kue bongko pisang terutama Diabetasol Powder rasa Vanilla dengan mudah di sini.

 

kreasi makanan nusantara menggunakan Diabetasol

 

Seperti yang Anda tahu, Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makanan yang lengkap dan seimbang dengan kandungan Vita Digest Pro dan Indeks Glikemik rendah. Kedua kandungan tersebut dapat mengurangi terjadinya lonjakan gula darah tinggi setelah mengonsumsi makanan dan mengontrol penurunan gula darah yang drastis dalam menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Diabetasol tidak hanya dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes saja lho, tetapi dapat juga dikonsumsi oleh Anda yang ingin mencegah penyakit diabetes sejak dini. Nikmati varian Diabetasol yang tersedia tidak hanya rasa Vanilla, tetapi juga dalam rasa Cokelat dan Cappucino.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram @Diabetasol_id

https://www.inews.id/travel/kuliner/berkreasi-membuat-bongko-pisang-gula-merah-jajanan-nusantara-khas-banjarmasin