Resep Bolu Macan

Resep Bolu Macan

Dari sekian banyak jenis kue, kue bolu cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kue yang satu ini lebih sering disajikan di rumah sebagai camilan keluarga. Bagaimana tidak, kue yang satu ini selain memiliki rasa yang enak, cara membuatnya pun cukup mudah. Nah, berikut ini KALCare akan berbagi kepada Anda cara membuat kue bolu macan dengan menggunakan bahan H2 Kakao Instan.

 

Resep Bolu Macan

 

kreasi resep kue dengan H2 Kakao Instan

 

Bahan:

6 butir telur

6-8 tetes stevia (atau sesuai selera)

½ sdt SP

½ sdt BP

¼ sdt pasta vanila

90 gr tepung ketobetic cake

10 gr H2 Kakao Instan

100 gr butter

 

Cara membuat:

  1. Sebelumnya lelehkan butter terlebih dahulu, kemudian sisihkan untuk menurunkan suhu.
  2. Anda juga bisa sambil memanaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius, sembari membuat adonan bolu.
  3. Kocok telur dan SP sampai rata, tambahkan pasta vanila dan stevia menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, hingga adonan kental dan berubah warna menjadi putih.
  4. Lalu kecilkan mixer sampai ukuran terendah, lalu masukkan tepung ketobetic cake, aduk sebentar hanya agar adonan tercampur rata.
  5. Masukkan butter yang sudah dilelehkan, kemudian aduk rata menggunakan spatula biasa.
  6. Bagi adonan menjadi dua, dengan pembagian 1:3. Adonan yang sepertiga tambahkan H2 Kakao Instan, aduk hingga rata.
  7. Masukkan adonan secara bergantian ke dalam loyang, setelah itu hentakkan loyang, agar tidak ada gelembung udara.
  8. Masak adonan bolu di dalam oven selama 40 menit hingga matang.
  9. Angkat, kemudian sajikan Bolu Macan selagi hangat.

 

Itulah cara mudah untuk membuat bolu macan. Nah tetapi tahukah Anda, bahwa kue bolu sebenarnya bukan berasal dari Indonesia lho! Ternyata kue yang satu ini berasal dari Negara di Eropa. Bolu sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu bolo. Bolo memiliki arti yang sama dengan cake dalam bahasa Inggris.

 

Bahan dasar untuk membuat kue bolu adalah tepung terigu, gula, dan telur. Kue ini umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang menggunakan oven. Tetapi dalam perkembangannya, bolu tidak hanya dipanggang, tetapi juga bisa dikukus. Bolu juga dibuat dalam berbagai varian untuk memenuhi kebutuhan pasar atau bisnis, sehingga tidak hanya sebagai makanan keluarga. Inilah yang membuat bolu sebagai ikon kuliner pada beberapa daerah, tidak terkecuali di Indonesia. Sehingga tidak heran jika Anda akan banyak menjumpai banyak varian bolu, mulai dari rasa, bentuk, hingga bahan baku tertentu.

 

Jadi, Anda sudah tahu dong cara membuat serta sejarah kue bolu? Daripada Anda hanya membaca tetapi mulut tidak bisa merasakan kenikmatan kue bolu, langsung saja yuk bikin bolu macan ini. Jangan lupa, untuk membeli H2 Kakao Instan hanya di sini saja ya! Anda juga bisa lho menggunakan bahan lain dari H2 Health and Happiness untuk membuat makanan favorit keluarga Anda. Atau Anda bisa mengikuti resep makanan sehat dari KALCare.

 

buat makanan sehat keluarga dengan h2 Kakao Instan

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram @H2Celebratelife

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/27/121338820/menelusuri-sejarah-bolu-dalam-tampilan-oleh-oleh-tanah-pasundan?page=all