Resep Bolu Kelapa Keju

Resep Bolu Kelapa Keju

Anda pasti familiar dengan kue bolu. Kue yang hadir dalam jenis kukus dan panggang ini sering digunakan sebagai penganan saat arisan atau kumpul keluarga. Tetapi bukan berarti Anda hanya bisa memakannya pada acara spesial saja.

Anda pun bisa saja membuat serta menyajikan kue bolu bagi keluarga kecil saat bersantai di rumah.

 

Saat ini pembuatan kue bolu sudah banyak divariasi lho. Tidak hanya vanila dan coklat saja, tetapi ada juga bolu rasa pisang, ketan hitam, bahkan kelapa. Nah, artikel kali ini akan memberikan resep membuat kue bolu kelapa keju untuk Anda. Penasaran dengan cara pembuatannya? Yuk langsung saja simak cara pembuatan bolu kelapa keju berikut ini.

Resep Bolu Kelapa Keju

 

Bahan:

  1. 5 butir telur
  2. 10 tetes sukralosa
  3. 1sdt emulsifier
  4. 130gr H2 Tepung Kelapa
  5. 50ml minyak kelapa
  6. 100ml santan
  7. 200gr cream cheese
  8. Keju parut secukupnya
  9. Keju parmesan secukupnya

 

Cara membuat:

 

1. Masukan telur dan emulsifier ke wadah, lalu aduk dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengental. Setelah itu tambahkan sukralosa, aduk hingga merata dan adonan berubah warna menjadi putih.

 

2. Turunkan kecepatan mixer hingga ukuran paling rendah, masukan cream cheese, tepung, minyak kelapa, dan santan, tetap aduk hingga semua bahan tercampur hingga rata.

 

3. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20×20 cm yang telah dilapisi dengan kertas roti.

 

4. Taburi keju parmesan pada adonan, berikutnya baru beri taburan keju parut.

 

5. Panggang adonan bolu pada oven dengan suhu 160 derajat celsius, selama kurang lebih 40 menit.

 

6. Jika sudah matang, keluarkan loyang dari dalam oven. Biarkan sementara hingga suhu bolu sedikit menurun hingga hangat, potong, dan bolu kelapa keju yang nikmat siap untuk disajikan.

 

 

Resep bolu kelapa keju dengan H2 tepung kelapa

(Sumber: Tokopedia.com)

 

 

Cukup mudah bukan untuk membuat jenis bolu yang satu ini? Tidak hanya nikmat, Anda juga akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan Anda karena menggunakan tepung kelapa dari H2. Berikut ini merupakan daftar manfaatnya:

 

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

 

Tepung kelapa kaya akan serat larut dan tidak larut yang baik untuk kesehatan usus. Tidak hanya itu, tepung kelapa juga mengandung kepadatan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

 

Berdasarkan penelitian dalam Elsevier, konsumsi 15-25 gram serat kelapa setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 11%. Serat ini juga menurunkan LDL sebesar 9% dan trigliserida hingga 22%. Penelitian itu juga membeberkan adanya asam laurat yang terdapat dalam tepung kelapa. Asam laurat adalah sejenis lemak yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. Penumpukan plak inilah yang menyebabkan penyakit jantung.

 

3. Dapat membunuh virus dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh

 

Asam laurat pada tepung kelapa juga bisa melawan infeksi tertentu karena membunuh virus, bakteri, dan jamur berbahaya.

 

4. Menjaga kadar gula darah

 

Kandungan serat yang tinggi membuat tepung kelapa bisa mengontrol gula darah. Dalam sebuah studi yang diterbitkan British Journal of Nutrition, mengganti tepung terigu dengan tepung kelapa bisa menurunkan indeks glikemik.

 

5. Dapat menurunkan berat badan

 

Tidak hanya serat, tepung kelapa juga mengandung serat dan protein. Gabungan antara kedua nutrisi ini dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu ada juga kandungan MCT atau sejenis lemak makanan yang dapat mengurangi nafsu makan.

 

 

resep bolu kelapa keju

 

 

Bayak sekali bukan manfaat dari tepung kelapa? Tepung kelapa juga gluten free lho! Sehingga cocok bagi orang yang memiliki alergi terhadap gluten. Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan H2 Tepung Kelapa di sini untuk membuat bolu kelapa keju, atau bahan campuran nasi (saat dimasak) untuk mengurangi kadar indeks glikemik.

 

Salam,

KALBE Store

 

 

 

 

Sumber:

Cookpad.com

Kumparan.com