Resep Ayam Panggang Bejo


Resep Ayam Panggang Bejo

Resep Ayam Panggang Bejo

Memasuki musim hujan, memang paling nikmat rasanya menikmati makanan atau minuman hangat. Beruntung, Indonesia merupakan Negara yang memanfaatkan rempah agar diolah menjadi bumbu makanan. Penggunaan rempah ini tentu dapat membantu Anda dalam upaya menghangatkan badan selama musim hujan.

 

Selain bumbu rempah, ternyata ada beberapa bahan makanan lain yang dapat memberikan kehangatan bagi tubuh. Mau tau apa saja bahan makanan tersebut? Berikut 5 bahan makanan yang dapat memberikan efek kehangatan bagi tubuh.

 

1. Lada hitam

Lada hitam mengandung piperin. Piperin merupakan senyawa yang memberikan rasa pedas pada lada hitam. Sehingga kandungan piperin ini dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat selama cuaca dingin. Untuk itu, Anda dapat mencampurkan lada hitam pada sup atau dijadikan bumbu dalam membuat makanan.

 

2. Jahe

Sudah bukan rahasia jika jahe dapat menghangatkan tubuh. Sehingga tidak heran jahe banyak dimanfaatkan sebagai ramuan atau obat tradisional hampir di seluruh dunia. Jahe mengandung polifenol yang merupakan senyawa untuk menghangatkan tubuh. Anda bisa menggunakan jahe sebagai bumbu untuk mengolah makanan, atau mengonsumsi Bejo Jahe Merah untuk menghangatkan badan yang bisa didapatkan dengan mudah di sini.

 

hangatkan badan dengan menggunakan Bejo Jahe Merah

 

3. Sayuran akar

Sayuran akar seperti lobak dan wortel banyak diolah dan dikonsumsi selama cuaca dingin.  Karena sayuran akar rata-rata mengandung senyawa pedas yang disebut allyl isothiocyanate. Senyawa ini dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap hangat karena rasanya yang pedas.

 

4.Bawang

Bawang juga digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk menjaga tubuh tetap hangat terutama pada saat cuaca dingin. Mengonsumsi bawang akan meningkatkan suhu tubuh Anda dan membuat tetap hangat selama musim hujan. Bawang pun dapat Anda campurkan pada makanan sehari-hari.

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengolah rempah sebagai makanan di musim hujan, KALCare punya lho resepnya. Kali ini resepnya bernama Ayam Panggang Bejo. Sesuai dengan namanya, Ayam Panggang ini menggunakan Bejo Jahe Merah sebagai bumbunya. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk langsung saja disimak resepnya berikut ini.

 

Resep Ayam Panggang Bejo

 

kreasi resep ayam panggang Bejo jahe Merah

 

Bahan:

2 siung bawang putih

4 siung bawang merah

1 kemiri

1 sdm Bejo Jahe Merah

1 sdm cuka apel

5 sdm madu

Garam secukupnya

Lada halus secukupnya

3 potong paha ayam ukuran besar

100 ml air

2 sdm jeruk lemon

¼ siung bawang bombay

3 sdm minyak

 

Cara membuat:

  1. Lumatkan masing masing-masing bumbu bawang putih, bawang merah, dan kemiri.
  2. Siapkan paha ayam, kemudian marinasi dengan mencampurkan bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, Bejo Jahe Merah, cuka apel, 1 sendok makan madu, garam, dan lada.
  3. Kemudian siapkan wajan, lalu tumis bawang bombay menggunakan 3 sendok minyak.
  4. Masukkan daging paha ayam beserta bumbu marinasi, kemudian tambahkan 100 ml air secara pelahan.
  5. Masak dengan api kecil dan tutup. Tunggu hingga ayam matang dan menyusut.
  6. Sebelum mematikan api, masukkan terlebih dahulu 2 sendok makan jeruk lemon. Tuangkan secara merata pada seluruh daging ayam, matikan api.
  7. Siapkan alat pemanggang, kemudian panggang kembali ayam hingga berwarna kecokelatan.
  8. Jika sudah, angkat ayam, kemudian lumuri dengan madu sebelum dihidangkan.

Bagaimana Fams, cukup mudah bukan untuk membuatnya? Yuk langsung saja praktikan resep ini di rumah ya Fams. Jangan lupa share pengalaman Anda membuat resep dari KALCare pada sosial media.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Instagram: @GenerasiBejo

https://ayobandung.com/read/2020/04/07/85183/5-makanan-ini-ampuh-hangatkan-tubuh-saat-cuaca-dingin