Resep Asinan Segar Sari Kelapa


Resep Asinan Segar Sari Kelapa

Resep Asinan Segar Sari Kelapa

Dari sekian banyak jenis kuliner Indonesia, asinan merupakan makanan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Bahkan asinan tidak hanya terkenal di Tanah Air saja lho Fams! Tetapi kudapan dengan rasa yang segar ini sudah mendunia. Wah keren sekali ya Fams.

 

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenis asinan. Sebut saja asinan buah atau sayur bogor, asinan betawi, asinan jagung bakar, asinan rambutan, asinan salak pondoh, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga asinan sari kelapa yang bisa Anda buat dengan menggunakan Hydro Coco. Fams penasaran dengan bahan dan cara pembuatannya? Yuk langsung saja simak resep Asinan Segar Sari Kelapa berikut ini.

 

Asinan Segar Sari Kelapa

(77,0 kkal)

 

kreasi resep asinan ala Hydro Coco

 

Bahan isian asinan:

200 gr sari kelapa, siap pakai

100 gr jeruk bali, potong dadu kecil

100 gr nanas, diiris memanjang seperti korek api

 

Bahan kuah:

500 ml Hydro Coco

3 sdm air asam (terbuat dari 1 sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)

1 sdm gula merah, diiris halus

½ sdt garam

 

Bahan bumbu:

2 buah cabai rawit

1 sdt terasi goreng

2 buah cabai merah keriting

Cara Membuat:

  1. Buat terlebih dahulu kuah asinan. Caranya campurkan bumbu cabai rawit, terasi goreng, cabai keriting dengan Hydro Coco. Masak sampai mendidih.
  2. Tambahkan air asam, gula merah, dan garam, lalu rebus hingga semua bahan tersebut larut sambil diaduk rata.
  3. Jika sudah tercampur, matikan api, lalu dinginkan kuah asinan.
  4. Kuah yang sudah dingin dapat dicampurkan dengan sari kelapa, potongan jeruk bali, dan irisan buah nanas.
  5. Anda dapat memasukkan asinan ke kulkas agar dapat disajikan saat dingin, atau menambahkan es batu.

 

Nah mudah bukan untuk membuatnya? Asinan segar sari kelapa ini  tidak hanya segar lho Fams. Tetapi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut merupakan daftar manfaat mengonsumsi asinan buah bagi tubuh Anda.

1. Mengganti cairan tubuh

Asinan segar sari kelapa terbuat dari Hydro Coco yang dibuat dari air kelapa asli. Hydro Coco juga tidak menggunakan pengawet, pewarna buatan, serta pemanis buatan, karena diproduksi secara modern menggunakan teknologi UHT dan Aseptic. Sehingga Hydro Coco dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena beraktivitas, olahraga, puasa, dalam masa penyembuhan serta diare. Anda bisa mendapatkan Hydro Coco dengan mudah di sini.

 

kreasi makanan sehat dengan Hydro Coco

 

2. Makanan yang enak dan sehat

Asinan dapat dijadikan sebagai cara mudah bagi Anda yang tidak menyukai makan buah secara langsung. Dengan begitu Anda bisa menikmati buah-buahan yang menyehatkan. Jadi tidak hanya segar tetapi juga sehat.

3. Menurunkan berat badan

Makan asinan dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dapat terjadi karena kuah asinan buah menggunakan cabai. Cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat meningkatkan pembakaran lemak. Cabai juga dapat mengurangi asupan kalori serta melancarkan pencernaan yang efektif untuk menurunkan berat badan.

 

4. Sumber antioksidan

Buah-buahan merupakan sumber antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas. Dalam asinan segar sari kelapa, nanas merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

 

5. Menambah energi

Manfaat terakhir asinan buah adalah untuk menambah energi bagi tubuh. Buah nanas mengandung banyak vitamin dan mineral untuk meningkatkan energi. Manfaat ini bisa Anda dapatkan juga dengan mengombinasikan buah lainnya dalam kreasi resep asinan.

 

Banyak juga ya manfaat dari asinan segar sari kelapa. Makanya langsung saja dicoba dibuat di rumah sebagai kudapan segar keluarga Anda.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

Instagram @hydrococo_id

https://doktersehat.com/manfaat-asinan-buah/