Rekomendasi Hewan Peliharaan untuk Anak


Rekomendasi Hewan Peliharaan untuk Anak

Rekomendasi Hewan Peliharaan untuk Anak

Selain mainan, menjaga hewan peliharaan ternyata juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Si Kecil. Karena dengan memiliki hewan peliharaan, anak belajar untuk bertanggung jawab untuk memelihara serta menyayangi hewan tersebut. Walaupun memang anak tetap memerlukan dampingan dari orang tua untuk merawat hewan peliharaannya.

 

Selain pendampingan dari orang tua, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memberikan Si Kecil hewan peliharaan. Misalnya seperti hewan kesukaannya, kondisi kesehatan anak, hingga usia yang sesuai. Untuk itu, berikut ini ada 5 jenis hewan yang KALCare rekomendasikan sebagai peliharaan bagi anak Anda.

 

1. Ikan

Hewan peliharaan pertama yang direkomendasikan bagi Si Kecil adalah ikan. Sebab menurut Pet Live Today, ikan merupakan hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak yang lebih kecil, karena ikan membutuhkan perhatian paling sedikit. Sehingga ikan termasuk hewan yang paling aman dikenalkan sejak anak usia dini. Perawatan ikan juga relatif mudah. Karena ikan hanya membutuhkan akuarium dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran dan jumlah ikannya. Memberikan makan ikan juga mudah, dengan pilihan jenis ikan yang bervariasi.

 

Walaupun begitu, anak perlu didampingi agar dapat memberikan makan sesuai jadwal, serta membersihkan akuarium. Anda bisa mengajak Si Kecil menghias akuarium sehingga menambah aktivitas memelihara ikan menjadi semakin menyenangkan. Sebagai awalan, Anda dapat memberikan ikan mas atau ikan cupang untuk dipelihara oleh anak. Apalagi ikan cupang memiliki sirip dengan warna yang cantik serta tidak membutuhkan ventilator di dalam akuarium sehingga tidak cepat mati. Ikan cupang juga memiliki manfaat dalam memakan jentik-jentik nyamuk yang terdapat di permukaan akuarium, sehingga mengurangi risiko penyakit demam berdarah.

 

2. Anjing

 

hewan yang dapat dijadikan peliharaan oleh anak

 

Hewan yang satu ini memang cukup populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Anjing juga memiliki banyak jenis, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran rumah dan kemampuan merawat. Anjing juga dikenal sebagai binatang yang menyenangkan serta bisa membangun bonding yang kuat dengan pemiliknya. Sehingga tidak sulit bagi anjing untuk dekat dengan anak kecil, bahkan bisa menjadi teman yang baik.

 

Namun untuk memelihara anjing, Anda perlu melakukan konsultasi dengan praktisi atau dokter hewan mengenai jenis anjing yang cocok untuk anak. Karena ada beberapa jenis anjing yang memiliki tempramental tinggi, sehingga suka menggigit atau mencakar pemiliknya. Kondisi ini tentu dapat membahayakan anak Anda. Anda juga perlu melatih anjing, melakukan perawatan dan dibersihkan, memastikan kesehatannya, serta rajin mengajak bermain atau jalan-jalan agar anjing tidak mudah stres.

 

3. Kucing

Kucing termasuk sebagai hewan yang dapat dijadikan peliharaan bagi Si Kecil. Berbeda dengan anjing, kucing termasuk hewan yang suka dibiarkan sendiri. Tetapi kucing bisa menjadi penyayang dan menunjukkan kasih sayang saat membutuhkan perhatian. Selain itu, kucing membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan anjing. Untuk memelihara kucing, Anda perlu menyediakan kotak khusus untuk membuang kotoran.

 

Dengan memelihara kucing, Si Kecil akan belajar untuk memberikan kenyamanan melalui sentuhan, karena kucing menyukai itu. Anak juga dapat belajar untuk bertanggung jawab dalam membersihkan kucing dan mengajaknya bermain. Misalnya dengan membelikan mainan pena laser atau bola yang dapat memicu kucing bereaksi bersama Si Kecil. Kucing juga memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih untuk dijadikan peliharaan. Tetapi memang setiap jenis kucing memerlukan perawatan khusus yang sesuai dengan jenisnya.

 

4. Hamster

Hewan selanjutnya yang dapat menjadi hewan peliharaan bagi Si Kecil adalah hamster. Hewan yang termasuk sebagai binatang pengerat ini mudah dirawat dan dilatih dengan roda hamster. Memang hamster dipelihara pada kandang yang luas karena ada beberapa peralatan yang dapat menunjangnya dalam berinteraksi. Seperti terowongan atau area bersarang yang memungkinkan hewan tersebut untuk tidur.

 

Namun perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis hamster yang bisa menjadi agresif. Sehingga perlu melakukan konsultasi dengan ahlinya agar dapat memelihara hamster yang ideal sebagai hewan peliharaan, terutama bagi Si Kecil. Perawatan hamster sebenarnya sederhana, namun biasanya hewan ini suka suasana yang berantakan dan mudah berbau. Selain itu, usia hidup hamster tidak lama, yaitu rata-rata 3 tahun. Sehingga Anda perlu memastikan anak siap untuk menghadapi kematian hamster yang dipelihara olehnya.

 

5. Kura-kura

Hewan terakhir yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kura-kura. Hewan ini perawatannya termasuk ringan karena rata-rata kura-kura pendiam. Hewan ini bisa menjadi pendamping bagi Si Kecil karena dapat menjadi tempatnya bercerita selain dengan orang tua atau teman.

 

Kura-kura juga dikenal dengan usia yang panjang. Sehingga hewan ini bisa menjadi teman yang lama karena anak tumbuh dengan hewan peliharaan serta mampu menangani konsep kematian pada usia yang lebih siap. Tetapi memang untuk memelihara kura-kura, diperlukan peralatan yang lengkap lebih daripada memelihara ikan. Sebab kura-kura membutuhkan kandang khusus serta peralatan tambahan seperti filter, tangki yang besar, dan membutuhkan lampu pemanas. Oya, untuk memelihara kura-kura, disarankan anak berusia di atas 5 tahun ya Fams.

 

Itulah 5 referensi hewan peliharaan yang baik untuk anak. Jangan lupa saat hendak memberikan hewan peliharaan, pastikan Anda dan keluarga sudah siap dengan kehadiran hewan peliharaan, terutama Si Kecil. Baik dari segi tanggung jawab ataupun kesehatan Si Kecil. Untuk itu, tetap berikan nutrisi yang tepat dan seimbang bagi Si Kecil melalui susu Zee Reguler. Dapatkan Zee Reguler dengan rasa favorit Si Kecil dengan mudah di sini.

 

dukung pertumbuhan anak dengan susu Zee Reguler

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/16/120809320/5-pilihan-hewan-peliharaan-yang-aman-untuk-anak-anak?page=all