Referensi Olahraga di Musim Hujan

Referensi Olahraga di Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, terkadang Anda menjadi malas untuk bergerak apalagi berolahraga. Namun, musim hujan seharusnya tidak menjadi alasan untuk malas berolahraga.Seharusnya, waktu hujan bisa dijadikan waktu yang tepat untuk mencoba berbagai macam olahraga di dalam ruangan.Selain menyehatkan, juga membuat tubuh Anda tetap fit saat hujan tiba. Berikut ini merupakan olahraga yang cocok untuk dilakukan di dalam ruangan saat hujan tiba.

 

 

 

 

 

 

 

1. Spot Jogging

 

Jogging atau lari pelan biasanya dilakukan di luar ruangan. Namun ternyata, jogging bisa dilakukan di dalam ruangan yang biasa dinamakan spot jogging. Cara melakukan spot jogging dengan menggerakkan kaki seperti gerakan lari dan dilakukan secara perlahan. Tubuh Anda akan membakar hingga 215 kalori jika melakukan jogging ini selama 30 menit.

 

2. Skipping

 

Skipping adalah olahraga yang dilakukan dengan cara melompat dengan tumpuan tali yang panjang. Olahraga skipping ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran, fleksibilitas, dan koordinasi kardio-pernapasan. Melakukan olahraga lompat tali juga sangat bagus untuk membangun tulang serta menurunkan berat badan, menurut ahli kebugaran, Althea Shah. Melakukan lompat tali dalam waktu 60 menit, setidaknya mampu membakar hingga 560 kalori.  

 

3. Latihan kekuatan

 

Latihan kekuatan atau beban juga bisa dilakukan di dalam rumah. Manfaatnya, untuk meningkatkan kekuatan otot dan tubuh Anda. Dengan menggunakan satu set dumbell, Anda bisa melakukan latihan kekuatan. Jika tidak punya, kreasikan barang-barang bekas di rumah seperti botol air yang diisi dengan beban. Satu jam melakukan latihan kekuatan dapat membuang hingga 200 kalori di dalam tubuh Anda.

 

4. Plank

 

Plank adalah jenis latihan olahraga yang memperkuat otot perut. Cara melakukan olahraga plank sangatlah mudah. Lakukan posisi push-up, kemudian tekuk lengan dan taruh di lantai. Mulailah menahan tubuh minimal 30 detik. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk memberikan bentuk pada area inti Anda, dan meningkatkan kebugaran pada tubuh. Tidak hanya itu, olahraga plank juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan. Dengan melakukan olahraga plank selama satu jam, dapat membakar sekitar 350 kalori.

 

5. Naik turun tangga 

 

Naik turun tangga juga bisa menjadi sarana untuk membentuk otot dan membakar kalori. Saat kita menaiki anak tangga, tubuh melawan gravitasi yang manfaatnya sama dengan olahraga lari. Olahraga naik tangga juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot pada tubuh Anda. Melakukan aktivitas ini selama satu jam dapat membakar kurang lebih 200 kalori.

 

6. Sit up

 

Olahraga sit up merupakan olahraga yang sangat efektif untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut kita. Selain itu, olahraga ini membuat otot rectus abdominis, abdominis transversal, dan oblique selain fleksor pinggul, dada, dan leher bekerja maksimal. Dengan cara ini, postur tubuh bisa terbentuk dengan baik dan menjadi latihan ideal untuk menjaga kebugaran Anda. Cara melakukan sit up adalah dengan berbaring telentang sambil menekuk kedua lutut Anda. Kemudian sentuh ujung jari tangan Anda di belakang telinga dan bangunkan tubuh dari lantai. Lakukan gerakan tersebut dengan mendekatkan dada ke paha, dan turunkan lagi tubuh ke lantai ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut secara terus-menerus dan Anda pun bisa melakukan gerakan sit up. Melakukan sit up selama satu jam dapat membakar kalori sekitar 350 kalori.

 

7.  Yoga

 

Gerakan yoga bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Selain membantu Anda menjadi lebih sadar akan diri sendiri, postur tubuh, keselarasan dan pola gerakan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Gerakan ini juga bisa dilakukan di dalam rumah tanpa perlu mengkhawatirkan cuaca. Melakukan aktivitas yoga dalam satu jam bisa menghabiskan sekitar 280 kalori.

 

Itulah berbagai gerakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di kantor. Semoga Anda dapat mencoba gerakan-gerakan yang telah disebutkan ya! Jangan lupa minum susu Entrasol Active untuk mengimbangi olahraga yang Anda lakukan di dalam ruangan. Entrasol Active juga cocok di konsumsi bagi Anda yang menginginkan tulang kuat. Sebab kandungan kalsium yang tinggi serta PROFIT formula melindungi tubuh Anda dari penyakit degeneratif seperti osteoporosis dan rematik. Sehingga Anda bisa hidup sehat dan tetap aktif walaupun usia terus bertambah. Dapatkan susu tinggi kalsium, suplemen tulang dan sendi berkualitas terbaik sebagai cara mencegah osteoporosis dan penyakit osteoarthritis alami Entrasol Active di sini. Karena KALBE Store menjual susu tinggi kalsium, nutrisi tulang & sendi online terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

Sumber:

 

liputan6.com

kompas.com