Rangsang Perkembangan Otak Anak melalui Musik Klasik


Rangsang Perkembangan Otak Anak melalui Musik Klasik

Rangsang Perkembangan Otak Anak melalui Musik Klasik

Musik memiliki efek yang sangat kuat bagi manusia, termasuk untuk membantu perkembangan otak anak, lho. Terkadang, saat si kecil sedang resah ataupun menangis, senandung Ibu dapat membuatnya lebih tenang, bahkan berhenti menangis. Hal ini menginspirasi para peneliti untuk mencari tahu bagaimana musik dapat membantu perkembangan otak anak.

 

Dan, hasilnya sudah banyak yang menunjukkan tanda yang positif, lho. Salah satunya adalah, yang dikutip dari zerotothree.org. Menurut hasil laporan yang tercantum di dalam situs web tersebut, tiga tahun pertama hidup si kecil merupakan periode yang luar biasa dalam segala aspek perkembangan bayi.

 

Saat bayi baru lahir, volume otaknya hanya berkisar kurang lebih 25% dari berat otak orang dewasa. Tetapi, pada umur 3 tahun, otak bayi telah berkembang secara pesat, dengan memproduksi milyaran sel baru, serta ratusan triliun sambungan sel atau sinapsis di antara sel-sel tersebut. Luar biasa, bukan? Nah, digadang-gadang, musik memiliki peranan untuk dapat membantu mempercepat dan memperlancar proses perkembangan tersebut, khususnya musik klasik.

 

Mengapa musik klasik? Apakah ada perbedaan dengan musik dari genre lainnya? Ternyata, jawabannya ada pada struktur yang dimiliki oleh musik klasik. Musik klasik umumnya memiliki struktur yang lebih kompleks. Bayi berumur tiga bulan dapat menangkap, bahkan mengenali struktur dari musik klasik, seolah ia telah mendengarkannya sebelumnya.

 

Menurut Dr. Diane Bales, Ph.D., penulis dari buku “Building Baby’s Brain: The Role of Music”, penyambung atau sinapsis yang digunakan pada musik, khususnya music klasik, menyerupai penyambung untuk membantu penalaran spasial dan temporal yang mana merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengerjakan persoalan matematis. Jadi, dengan mendengarkan musik klasik, anak bisa mempercepat proses pengaktifan sambungan tersebut.

 

Kesimpulannya, mendengarkan music klasik dapat membantu perkembangan otak anak, karena dapat merangsang stimuli pendengarannya. Selain dengan mendengarkan iringan alat musik, Ibu bisa berinisiatif untuk bernyani bersama si kecil. Menurut sebuah studi, hal ini juga dapat membantu perkembangan kemampuan berbicara anak, dan membangun hubungan yang semakin erat dengannya, lho.

 

Salam,

KALBE e-Store