Ragam Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil


Ragam Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Ragam Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Kehamilan bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak persiapan yang perlu dilakukan untuk mendukung kesehatan ibu ataupun calon buah hati. Tidak heran jika ibu hamil perlu mengonsumsi asupan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Bahkan juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti vitamin D.

 

Vitamin D sebenarnya dapat diproduksi sendiri secara alami oleh tubuh. Tetapi memerlukan bantuan sinar matahari yang terpapar pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat baik dari sinar matahari ini Anda harus berjemur dalam batas waktu hingga jam 10 pagi. Untuk durasinya, Anda bisa berjemur kurang lebih selama 10-15 menit.

 

Namun sayangnya, kasus kekurangan vitamin D pada ibu hamil masih tinggi lho Fams. bahkan sebanyak 60 persen ibu hamil dan janin menderita kekurangan vitamin D sehingga berdampak pada kehamilan. Misalnya seperti peningkatan risiko penyakit rakitis pada janin.

 

Manfaat vitamin D bagi ibu hamil dan janin

 

manfaat vitamin D untuk ibu hamil

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil tidak cukup jika hanya terpapar dari sinar matahari pagi. Sehingga memerlukan asupan makanan hingga suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Dan berikut ini merupakan manfaat vitamin D untuk ibu hamil dan janin.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidak hanya vitamin C, vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Tentu ini sangat penting bagi ibu hamil. Karena kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah ibu terpapar dari kuman penyebab penyakit.

 

2. Menunjang kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta janin

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D baik untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Baik itu untuk ibu hamil maupun janin. Sebab vitamin D berperan untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfor di dalam tubuh yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

 

3. Mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah

Asupan vitamin D yang sesuai dapat mencegah berat badan bayi lahir rendah, atau BBLR. Kondisi BBLR nantinya dapat memengaruhi gangguan napas pada bayi. Selain itu juga menyebabkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan ginjal pada saat anak masuk usia dewasa.

 

4. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi lahir dengan ukuran yang lebih besar atau makrosomia. Sedangkan komplikasi diabetes gestasional yang paling buruk dapat membuat keguguran, atau bayi lahir dalam kondisi meninggal.

 

5. Menurunkan risiko preeklampsia

Berdasarkan penelitian, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan preeklampsia. Preeklampsia merupakan kondisi kesehatan yang membahayakan bagi ibu dan janin. Bahkan di Tanah Air, preeklampsia merupakan penyebab kematian ibu hamil paling banyak kedua.

 

6. Mencegah vaginosis bakterialis

Infeksi vaginosis bakterialis atau bakteri yang tumbuh berlebih banyak dialami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena melakukan perawatan vagina yang tidak baik. Efek dari vaginosis bakterialis ini sendiri adalah meningkatkan risiko kelahiran prematur dan ketuban pecah dini.

 

Cara memenuhi kebutuhan vitamin D bagi ibu hamil

 

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI, Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin D bagi ibu hamil adalah sebanyak 15 mikrogram atau setara 600 IU per hari. Asupan ini bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi serta makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah salmon, sarden, telur, susu, jamur dan tuna.

 

Memang beberapa ibu hamil akan mengalami mual dan muntah atau morning sickness sehingga memengaruhi pola makan. Tentu kondisi ini juga dapat mengganggu asupan vitamin D melalui makanan. Sehingga diperlukan alternatif lain agar mendapatkan vitamin D, seperti suplemen Prove D3. Suplemen Prove D3 memiliki kandungan vitamin D sebanyak 400 IU. Sehingga dengan mengonsumsi Prove D3, dapat membantu meningkatkan kadar 25(OH)D dalam darah.

 

penuhi kebutuhan vitamin D dengan Prove D3 IU

 

Prove D3 IU tidak hanya diperuntukan bagi ibu hamil saja lho Fams. Anggota keluarga yang lain juga dapat mengonsumsinya, mulai dari anak-anak hingga lansia. Untuk itu Anda bisa mendapatkan Prove D3 IU dengan mudah di sini untuk menunjang kebutuhan vitamin D keluarga.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643344/beragam-manfaat-vitamin-d-untuk-ibu-hamil-dan-janin