8 Manfaat Penting Vitamin D untuk Ibu Hamil

8 Manfaat Penting Vitamin D untuk Ibu Hamil

Vitamin D sangat penting untuk tubuh, apalagi ketika masa kehamilan. Pasalnya, ada banyak fungsi dan manfaat vitamin D untuk ibu hamil.

Dari mendukung tumbuh kembang janin sampai menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Manfaat dan Fungsi Penting Vitamin D untuk Ibu Hamil

Untuk itu, pemberian suplemen vitamin D sangat diperlukan untuk menghindari komplikasi dalam kehamilan. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi indonesia, ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi vitamin D sebanyak 15 mikrogram per hari.

Nah, berikut beragam manfaat dan fungsi penting vitamin D untuk ibu hamil.

1. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab utama terjadinya kelahiran prematur disebabkan oleh adanya infeksi di rahim dan plasenta. Sayangnya, terkadang infeksi yang dialami ibu hamil sulit didiagnosis dan diobati, serta tidak memiliki gejala awal. 

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki khasiat dalam proses pembunuhan bakteri, serta mengurangi peradangan. Fungsi yang ada pada vitamin D tersebut baik dalam mengatasi kondisi infeksi pada rahim dan plasenta.

Namun, minum vitamin d saat hamil harus diperhatikan dan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan, sebab asupan vitamin D yang berlebih dapat memberi dampak negatif pada tubuh.

Baca juga: Merawat Bayi Prematur

2. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional terjadi pada sebagian wanita yang sedang berada pada masa kehamilan. Umumnya, kondisi ini tidak menimbulkan gejala, selain rasa haus yang meningkat, dan BAK terus-menerus. 

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan masalah lainnya bagi Anda dan bayi, seperti meningkatnya risiko persalinan caesar.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D pada masa kehamilan dapat menurunkan risiko mengalami diabetes gestasional. Untuk itu, pastikan agar kebutuhan vitamin D pada periode kehamilan Anda tetap terpenuhi.

10 Manfaat Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

3. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Preeklamsia merupakan salah satu komplikasi pada kehamilan dengan ciri-ciri tekanan darah tinggi, dan kerusakan  pada sistem organ seperti hati dan ginjal.

Dilansir dari artikel Biomed Central, mengungkapkan bahwa wanita hamil yang mengomsumsi suplemen vitamin D serta kalsium memiliki risiko rendah mengalami preeklamsia.

Baca juga: Ibu Hamil, Sebaiknya Tidak Kekurangan Vitamin D

4. Mengurangi Risiko Asma pada Anak

Sebuah studi observasional menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D selama masa kehamilan dapat menurunkan risiko asma dan mengi berulang pada anak yang baru lahir. 

5. Mengurangi Depresi Ketika dan Setelah Hamil

Perubahan suasana hati pada ibu hamil yang terjadi dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi merupakan gangguan suasana hati atau depresi. Depresi selama kehamilan harus ditangani dengan hati-hati agar tidak berdampak buruk bagi ibu dan bayi. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi serta kecemasan. Vitamin D bisa Anda dapatkan dari sinar matahari, makanan, serta suplemen yang mengandung vitamin D.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kekurangan vitamin D diketahui dapat menyebabkan risiko penyakit autoimun meningkat, serta rentan mengalami infeksi.

Pada kehamilan, asupan vitamin D yang rendah pada ibu yang mengandung akan berisiko bayi mengalami autoimun yang menyerang pankreas. 

10 Manfaat Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

7. Baik untuk Kesehatan Tulang Ibu dan Bayi

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor dari makanan yang dikonsumsi. Kalsium dan vitamin D bersama-sama dapat membangun tulang yang lebih kuat bagi wanita hamil dan juga wanita yang telah menopause.

Selain memberi manfaat untuk ibu hamil, vitamin D juga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi. Asupan vitamin D yang terpenuhi dapat mencegah anak mengalami gangguan tulang lemah, seperti rakitis.

Baca juga: Pentingnya Kesehatan Tulang Ibu Hamil

Itulah sejumlah manfaat vitamin D untuk ibu hamil. Oleh karena itu, selain rutin berjemur di bawah sinar matahari, ibu hamil juga harus mengonsumsi beragam makanan yang mengandung vitamin D.

Selama berjemur, jangan lupa menggunakan tabir surya agar kulit tetap terlindungi.

Untuk mencegah kekurangan vitamin D saat hamil, biasanya dokter akan memberikan suplemen dan multivitamin. Anda bisa mencari suplemen vitamin D khusus untuk ibu hamil hanya di KALCare.

Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan sebelum mengonsumsi suplemen, ya. 

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Nurul Ahmad | Editor: Nimas Mita

Sumber: